Arti dan Tulisan Arab Hamdan Wa Syukron Lillah

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Pak, mau tanya ini. Saya beberapa waktu lalu mendengar lafal hamdan wa syukron lillah ketika ada seseorang pemandu acara memulai berbicara. Terkadang pada orang lain ditambahi dengan hamdan wa syukron lillah amma ba'du. Pernah pula saya mendengar dengan lafadz amma ba'du sholatan wa salaman. Bahkan lebih panjang lagi lafadznya menjadi hamdan wa syukron lillah sholatan wa salaman ala rasulillah. Ini semua saya belum tahu. Mohon penjelasannya ya pak.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Perlu sekali memang untuk kita paham atas apa yang kita dengar dan baca. Kita dalam kehidupan sehari-hari mungkin mendengar banyak sekali lafadz yang belum tahu artinya. Bahkan mendengarnya menjadi berkali-kali pula. Setidaknya tidak hanya sekali atau dua kali saja. Seperti lafadz hamdan wa syukron lillah yang Anda tanyakan saat ini.


Memang ketika seseorang memulai ceramah atau pidato, baik itu menjadi seorang nara sumber atau pun moderator diawalinya dengan lafadz tersebut. Tentunya Anda tidak hanya sekali saja dalam mengikuti sebuah pengajian atau ceramah yang lainnya. Sangat mungkin pula Anda sering mendengarnya. Maka ketika Anda menanyakan mengenai tulisan arabnya, kami pun sangat berkeinginan untuk membantu menjelaskannya.


Tulisan arab lafal hamdan wa syukron lillah yakni:

Tulisan Arab Hamdan Wa Syukron Lillah


Mengenai arti dari lafadz hamdan wa syukron lillah adalah segala puji dan syukur kepada Allah. Sangatlah bagus arti dari lafadz tersebut. Kita memanjatkan puji dan syukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Tatkala sebelum memulai pidato atau khutbah, lalu membaca lafadz tersebut adalah sebuah hal yang tepat. 


Ceramah pengajian mungkin menghabiskan berjam-jam lamanya. Akan tetapi, para hadirin sangat memperhatikan pada awal ceramah oleh nara sumber atau sang ustadz. Jadi, saat pembukaan dalam pengajian ini menjadi fokus perhatian para peserta atau pendengar ceramah.


Selain itu, adakalanya lafadz tersebut ditambahi amma ba'du. Lengkapnya menjadi hamdan wa syukron lillah amma ba'du. Terkait mengenai tulisan arabnya yaitu:

tulisan arab hamdan wa syukron lillah amma ba'du dan artinya

Sedangkan untuk artinya adalah segala puji dan syukur kepada Allah, adapun selanjutnya. Jadi, setelah kita mengucapkan lafadz hamdan wa syukron lillah maka akan dilanjutkan kepada isi ceramah, khutbah atau pun pidato yang dilakukan seseorang. Maka ditambahlah lafadz amma ba'du tersebut.


Ada juga lafadz yang lebih panjang lagi sebagaimana yang telah Anda tanyakan tersebut. Lafadz yang dimaksud adalah hamdan wa syukron lillah sholatan wa salaman ala rasulillah. Terkait tulisan arabnya adalah:

tulisan arab hamdan wa syukron lillah sholatan wa salaman ala rasulillah.


Kemudian arti dari lafadz hamdan wa syukran lillah shalatan wa salaman ala rasulillah di atas yakni segala puji dan syukur kepada Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah. Semakin lengkap lafadznya.


Nah, demikian penjelasan kami. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Arti dan Tulisan Arab Hamdan Wa Syukron Lillah