Hukum Tajwid Surat Al-Qasas Ayat 85

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Menganalisis hukum tajwid Surat Al-Qasas ayat 85 jadi agenda penting hari ini. Di samping banyak sekali agenda yang ada di rumah khususnya di hari libur. Tetap saja belajar mengenai hukum tajwid tidak dilupakan begitu saja. Karena hal yang cukup penting untuk kita ulas.


Teman-teman pembaca blog poskajian yang berbahagia. Sediakan bolpen dan kertas atau buku tulis untuk menulis. Barangkali dalam menganalisis hukum tajwid itu kita perlu tulis menulis. Supaya tulis menulis itu mempermudah kita memahami hukum tajwid dari ayat yang kita bahas.


Sekarang, kita langsung simak ulasan hukum tajwid dari Surat Al-Qasas ayat 85. Selamat menyimaknya.

Hukum Bacaan Al-Quran Surat Al-Qasas Ayat 85

Untuk keterangannya ada di bawah ini:

1. اِنَّ = Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

2. الَّذِيْ = Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).

3. الَّذِيْ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. عَلَيْكَ = Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

5. الْقُرْاٰنَ = Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.

6. الْقُرْاٰنَ = Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. لَرَآدُّكَ = Mad lazim kilmi mutsaqqal karena huruf mad bertemu dengan huruf bertasydid dalam satu kata. Cara membacanya panjang 6 harakat. 

8. اِلٰى = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. مَعَادٍ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. مَعَادٍ ۗقُلْ = Ikhfa karena huruf dal berharakat kasrah tanwin bertemu huruf qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

11. قُلْ رَّبِّيْۤ = Idgham mutaqaribain alasannya karena huruf lam sukun bertemu huruf ra. Cara membacanya suara huruf lam lebur masuk ke huruf ra.

12. رَّبِّيْۤ اَعْلَمُ = Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

13. مَنْ جَآءَ = Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf jim. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf jim.

14. جَآءَ = Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

15. بِالْهُدٰى = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dal berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

16. مَنْ هُوَ = Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

17. فِيْ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

18. ضَلٰلٍ = Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

19. ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ = Idgham bighunnah karena huruf lam berharakat kasrah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

20. مُّبِيْنٍ = Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Kemudian untuk arti atau terjemahan dari Surat Al-Qasas ayat 85 yakni:

Sesungguhnya (Allah) yang mewajibkan engkau (Nabi Muhammad untuk menyampaikan dan berpegang teguh pada) Al-Qur'an benar-benar akan mengembalikanmu ke tempat kembali. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Tuhanku paling mengetahui siapa yang membawa petunjuk dan siapa yang berada dalam kesesatan yang nyata."

baca juga: hukum tajwid Surat Luqman ayat 13

Demikianlah ulasan hukum tajwid dari Surat Al-Qasas ayat 85. Terjemahan atau artinya juga sudah diulas. Sekarang tinggal kita praktekkan dalam bacaan. Mudah-mudahan ulasan ini memberikan manfaat untuk teman-teman semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Qasas Ayat 85

0 comments:

Posting Komentar