Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 65 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan ini kita akan analisis hukum tajwid Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 65 lengkap dengan latin penjelasan dan arti serta isi kandungannya. Memang menyenangkan mempelajari ilmu tajwid ini. Sangat penting karena akan meningkatkan kemampuan kita dalam membaca Al-Quran secara tartil . Surat An-Nahl adalah surat yang ke-16 di dalam Al-Quran. An-Nahl berarti lebah. Baik , langsung kita simak penjelasan tajwidnya berikut.

Hukum Tajwid Surat An-Nahl Ayat 65 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Selanjutnya, di bawah ini penjelasan detail dari nomor-nomor di surat An-Nahl Ayat 65-13 di atas adalah :
1. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah wau berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
2. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf zai. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf zai.
3. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke huruf sin ).
4. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
5. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
6. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf fa'. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.
7. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ya' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin dan Artinya .
8. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
9. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
10. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
12. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Hukum Tajwid Surat An-Naas Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya .
13. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Idgham bilaghunnah karena huruf ta' berharakat fathah tanwin bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
16. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
17. Idgham bighunnah karena huruf mim berharakat kasrah tanwin bertemu huruf ya'. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
18. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Baca juga : Doa Perlindungan Untuk Anak Lengkap Arab Latin dan Artinya .

Kemudian untuk latin Surat An-Nahl Ayat 65 adalah
WALLAAHU ANZALA MINASSAMAA-I MAA-AN FA-AHYAA BIHIL ARDHA BA'DA MAUTIHAA. INNA FII DZAALIKA LA AAYATALLI QAUMIYYAS MA’UUN.

Arti dari Surat An-Nahl Ayat 65 yakni :
" dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran). "

Isi kandungan dari Surat An-Nahl/16 : 65 adalah
Bahwa Allah Swt. yang menurunkan hujan. Air hujan ini akan memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Darinya tumbuh berbagai jenis tanaman. Hal itu merupakan tanda kebesaran Allah Swt.

Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 65 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya