Doa Orang Yang Sedang Mengalami Kesulitan Lengkap dengan Transliterasi dan Artinya

Doa orang yang sedang dalam menghadapi kesulitan hidup penting untuk kita ketahui sebagai bahan kajian. Setiap kita yang hidup di dunia ini tak ada yang tidak pernah sama sekali memiliki masalah. Bahasa gaulnya masalah yakni "problem".  Dari anak-anak yang masih kecil, lalu remaja, dewasa dan kakek nenek, kesemuanya tidak lepas dari masalah. Entah besar atau kecil. Teman-teman pun saya yakin juga memiliki masalah pada saat membaca tulisan ini. Demikian pula juga saya pun juga punya tatkala menulis di blog poskajian.blogspot.com ini. Kalau kita mau melihat aneka masalah, tentu banyak sekali. Masalah yang dihadapi anak kecil berbeda dengan orang tua. Para remaja mengalami problematika yang jauh berbeda dengan mereka yang sudah berusia kakek nenek. 

Kita bisa dengan mudah melihat contoh beberapa masalah yang dihadapi oleh tiap-tiap kategori usia pada umumnya. Anak-anak contohnya. Mereka berputar pada bagaimana memiliki mainan yang disukai, makan makanan yang disenangi, dan selesai mengerjakan tugas sekolahnya. Sudah besar sedikit menjadi remaja, masalahnya pun akan berbeda lagi, misalnya mencari calon istri atau suami.  Pasangan muda yang baru nikah pun punya persoalan, seperti : ingin punya momongan (anak), ingin memiliki pekerjaan, ingin kendaraan, dan pingin rumah. Orang tua pun lebih kompleks lagi, misalnya : bagaimana mengatasi kesulitan keuangan, bisnisnya agar lancar, kalau sedang sakit ingin sembuh dan sebagainya. Berbeda lagi dengan mereka yang sudah berusia senja atau kakek nenek. Mereka ingin hidup bersama-sama dengan anak-anaknya, ingin sehat badannya, dan ingin khusnul khotimah di akhir hayatnya.

Tidak jarang berbagai masalah itu menimbulkan kesulitan dalam hidup. Menjadikan sesak di dada. Banyak orang yang malah menjadi frustasi bahkan depresi. Satu dua kasus ada yang sampai stress dan bahkan bunuh diri. Seorang manusia memang tidak seperti halnya malaikat. Tetapi bukan pula setan. Manusia banyak salah dan dosa. Akan tetapi manusia juga bisa menjadi orang yang sholih dan baik. Setiap mendapatkan nikmat maka ia bersyukur dan jika sedang mendapat musibah ia bersabar. Tatkala, seorang muslim mendapatkan kesulitan, Rasulullah Saw. mengajarkan kita untuk berdoa berikut ini :

Doa Orang Yang Sedang Mengalami Kesulitan Lengkap dengan Artinya


ALLAAHUMMA LAA SAHLA  ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAA WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAA"
Artinya :
"Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” 

Doa tersebut bersumber dari hadis riwayat Ibnu Hibban. Dalam doa tersebut, pertama kita memuji Allah Subhanahu wa ta'ala. Hanya Dia yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada yang sulit bagi-Nya untuk memberi solusi atas kesulitan atau kesusahan yang dihadapi seorang hamba. Terus berdoa dan juga bersabar menanti pertolongan-Nya. Semoga doa tersebut bermanfaat untuk teman-teman serta bisa dibaca atau dihafal dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Orang Yang Sedang Mengalami Kesulitan Lengkap dengan Transliterasi dan Artinya