Pak, Apa Hukumnya Belajar Ilmu Tajwid Itu?

Apa Hukumnya Belajar Ilmu Tajwid

Assalamualaikum wr.wb.

Pak, saya sering sekali mendapatkan motivasi dari guru di sekolah untuk selalu rutin membaca Al Quran. Menurutnya, membaca Al Quran harus dengan tartil dan sesuai dengan ilmu tajwid. Yang saya tanyakan, apa itu tajwid dan apa hukumnya kita mempelajarinya? Terima kasih atas jawabannya.

Jawab :

Wassalamualaikum wr.wb.

Sangat bagus sekali bila kita rutin untuk banyak membaca Al Quran. Apa yang disampaikan oleh guru tersebut amatlah benar. Banyak hal yang akan kita peroleh ketika kita membaca Al Quran. Dalam hadis Nabi Muhammad Saw., salah satunya kita akan mendapat syafaat kelak di hari kiamat. Ini berdasarkan sabda Rasulullah Saw. : “Bacalah Al-Quran, kelak ia akan datang di Hari Kiamat memberi syafaat kepada para pembacanya.” (HR. Muslim).
Mengenai apa itu tajwid, secara bahasa berarti membaguskan atau melakukan sesuatu dengan elok dan bagus. Secara istilah tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al Quran dengan benar dan bagus misalnya dalam hal makharijul huruf (tempat keluarnya huruf), shifatul huruf (pengucapan huruf), mad wal qasr (panjang pendeknya pelafala huruf), waqfu wal ibtida (memulai dan berhenti saat membaca). 
Hukum belajar ilmu tajwid secara teori dan prakteknya sebagai suatu ilmu adalah fardhu kifayah. Jika ada sebagian kaum muslimin sudah ada yang melakukannya maka kewajiban yang lainnya gugur. Namun, mempraktekkan ilmu tersebut tatkala kita membaca Al Quran hukumnya fardhu 'ain. Karena tanpa ilmu tersebut kita tidak bisa membaca Al Quran dengan baik. Jikalau bacaan kita sekarang masih belum bagus, kita perlu belajar secara terus menerus. Semoga bermanfaat. Wallahu 'alam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Pak, Apa Hukumnya Belajar Ilmu Tajwid Itu?