Doa Supaya Dimudahkan Melunasi Hutang Sepenuh Gunung Lengkap Arti dan Latinnya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar teman-teman ? Saya yakin semua tetap dalam kebaikan dan ridha Allah Subhnahu wa ta'ala. Kali ini admin blog poskajian mau berbagi sebuah doa mujarab tentang mengatasi masalah hutang. Doa supaya dimudahkan melunasi hutang sepenuh gunung lengkap latin dan artinya perlu kita pelajari.  Memang di era modern atau zaman ini, banyak kita temui orang yang memiliki kesulitan hidup. Salah satunya tentang masalah ekonomi. Meskipun berbagai masalah yang selain ekonomi juga banyak akan tetapi untuk yang satu ini perlu juga mendapat perhatian yang lebih. Masalah ekonomi berkaitan erat dengan permasalahan keuangan. Berbicara tentang ekonomi maka di dalam pikiran kita akan terbayang tentang masalah keuangan. Sebaliknya, bila mana membicarakan masalah keuangan maka juga tergambar di alam pikiran kita tentang kondisi ekonomi. Sering pula masalah keuangan ini disebut masalah finansial.

Tatkala seseorang menghadapi permasalahan keuangan maka ia memiliki persoalan yang tidak bisa dibilang sederhana. Perlu mencari jalan keluar atau solusi dari problem tersebut. Ia mesti melakukan berbagai hal guna segera mengakhiri kesulitan keuangan yang dihadapinya. Ada banyak hal cara yang bisa dilakukan untuk itu. Misalnya saja dengan bekerja di pabrik, perusahaan, toko, atau perseorangan yang membutuhkan tenaga kerja. Dengan bekerja maka orang tersebut akan mendapatkan penghasilan atau gaji berupa sejumlah uang. Dengan sejumlah uang itu diharapkan seseorang bisa terselesaikan masalah keuangan dan ekonomi yang sedang dihadapi. Bisa pula dengan cara lain yakni berdagang atau jual beli. Ia mencari sebuah barang kemudian dijual kepada pihak lain dengan menjadikan harganya lebih tinggi. Selisih harga antara saat membeli dan menjual suatu barang itu dinamakan dengan laba atau untung. Semakin banyak barang yang berhasil dijual maka seseorang itu akan semakin banyak uang yang diperoleh. Sebab laba atau keuntungannya semakin banyak.

Ada pula cara lainnya yang lebih praktis dan sederhana. Satu cara ini banyak orang yang mempraktekkannya. Sebuah cara sederhana dalam mendapatkan uang memang bisa dengan berhutang kepada pihak atau orang lain. Meskipun cara ini memiliki konsekuensi yakni wajib mengembalikan hutang itu pada waktu yang ditentukan. Tuntutan kebutuhan hidup menjadi satu hal yang menjadi salah satu faktornya. Di samping itu, gaya hidup juga terkadang menjadikan kebutuhan hidup menjadi  membengkak. Kondisi besar pasak dari pada tiang (pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan) membuat orang harus berhutang. Bisa juga karena adanya musibah misalnya kebangkrutan atau kerugian dalam sebuah bisnis yang dimiliki. Pada awal bisnis yang mungkin dibangun oleh modal dari hutang, tatkala bisnis jatuh tentunya pemilik atau pengusaha tersebut akan kesulitan mengembalikan uang yang ia hutang. Hal tersebut memang tidak disangka terjadi. 

Banyak sebab seseorang punya hutang sampai nilainya sepenuh gunung. Kalau dirupiahkan mungkin bisa milyaran. Manusia memang tempatnya salah dan lupa. Apapun faktor kenapa dia harus berhadapan dengan masalah hutang yang besar, ia tetap wajib melunasinya. Sesulit apa pun keadaannya tetap harus berusaha untuk membayar hutang sampai selesai. Di samping usaha yang terus dilakukan, ada do'a yang mesti kita harus panjatkan kehadirat Allah Subhnahu wa ta'ala yakni doa supaya dimudahkan melunasi hutang sepenuh gunung lengkap latin dan artinya. Disebut hutang sepenuh gunung karena untuk menggambarkan begitu besar dan banyaknya jumlah hutangnya. Baik itu nilainya hutang misalnya sampai berpuluh-puluh juta, ratusan juta, hingga milyaran rupiah. Bisa pula karena begitu banyak pihak atau orang yang menjadi tempat ia berhutang. Meski kepada tiap orang atau pihak ia hutangnya tidak banyak akan tetapi bila banyak orang yang menjadi tempat ia berhutang maka akan besar pula jumlah hutang itu. Do'a tersebut akan menjadi senjata ampuh dalam mengatasi persoalan hutang ini. Kemudahan akan diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada hamba-Nya yang mau memohon pertolongan-Nya. Doa tersebut ialah:

Doa Melunasi Hutang Lengkap Arti dan Latinnya


Latinnya: ALLAHUMMAK FINII BI HALAALIKA 'AN HARAAMIKA, WA AGH-NINII BI FADHLIKA 'AMMAN SIWAAKA.

Artinya :
"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu"
Doa ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Makna doa tersebut diantaranya kita mohon agar hidup kita dicukupkan dengan segala yang halal. Kita pun memohon agar tidak bergantung kepada selain Allah subhanahu wa ta'ala. Makna cukup di sini bisa diartikan bahwa orang tersebut terbebas dari kekurangan. Ketika hal itu tercapai maka tentu saja ia terbebas dari hutang. Seorang yang sudah kecukupan maka ia akan mampu membayar hutang-hutangnya.

Sangat pendek lafazhnya sehingga tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk bisa menghafalkannya. Setelah hafal maka tinggal diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dibaca setelah melaksanakan shalat wajib lima waktu. Sesudah shalat subuh, dhuhur, asar, maghrib atau pun isya. Jadi tatkala selesai mengerjakan shalat kita sebaiknya tidak lantas berdiri dan pergi begitu saja. Alangkah baiknya bila kita manfaatkan waktu tersebut untuk membaca doa mohon kemudahan dalam melunasi hutang dan juga berbagai permohonan penting lainnya. Kesempatan tersebut sangatlah penting. Merugilah bila kita menyia-nyiakan waktu terbaik untuk berdoa. Akhirnya sampai di sini dahulu. Semoga Allah Subhnahu wa ta'ala memberi kemudahan kepada mereka yang berhutang untuk segera bisa melunasinya. Amiin ya rabbal 'alamiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Apa itu miqat haji ?

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Supaya Dimudahkan Melunasi Hutang Sepenuh Gunung Lengkap Arti dan Latinnya