Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Latin dan Artinya

Doa pendek praktis saat menyembelih hewan kurban lengkap arab latin dan artinya menjadi hal penting untuk kita ketahui. Sebentar lagi kita akan berjumpa dengan hari Raya Idul Adha atau tanggal 10 Dzulhijah. Sebelumnya kita melaksanakan ibadah puasa Arafah selama satu hari. Momen yang berbahagia bagi kaum muslimin. 

Di hari tersebut semua umat Islam dari anak-anak, dewasa, hingga orang yang sudah tua pergi ke tanah lapang untuk mengerjakan shalat sunah idul adha sembari mengucap takbir. Terkadang melakukan shalat 'id di masjid karena beberapa sebab. Misalnya karena cuaca hujan. Setelah mendirikan sholat 'id, kemudian mereka semua bersiap untuk menyembelih hewan kurban. 

Memang untuk penyembelihan hewan kurban tak hanya pada hari itu saja. Masih ada 3 hari lagi setelah tanggal 10 Dzulhijjah. Waktu tersebut ialah tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijah. Tiga hari tersebut sering disebut hari tasyrik. Saat kita diberi amanah menjadi petugas penyembelihan hewan kurban kita mesti tahu doa apa yang mesti dilafazkan saat menyembelih. 

Cara membaginya pun juga harus tahu. Di tengah masyarakat memang banyak kita temui orang-orang menyerahkan proses ibadah penyembelihan ini kepada panitia di daerahnya. Panitia sebagai diberi amanah menjadi wakil dari pengkurban. Misalkan saja panitia ini adalah para pengurus masjid atau takmir. Banyak orang yang yang melakukan hal ini. 

Lebih jarang kita menemui seorang yang berkurban kemudian melakukan segala sendiri. Mencari hewan kurban sendiri lalu menyembelihnya pun sendiri. Kemudian membagikan daging hewan kurbannya pun sendiri. Hal yang amat jarang kita temui untuk masyarakat di nusantara ini. Meskipun hal ini pun sebetulnya boleh-boleh saja.

Ada pula yang cukup mentransfer sejumlah uang kepada lembaga amal tertentu untuk dibelikan hewan kurban. Proses penyembelihan sampai pembagian daging dari hewan kurban dipercayakan kepada lembaga tersebut. Biasanya orang yang berkurban akan dikirimi dokumentasi penyembelihan hingga pembagian daging kurbannya. 

Teman-teman, meskipun hal itu juga baik, akan lebih bagus sekali bila sang pemilik hewan kurban sendirilah yang menyembelihnya. Tetapi memang ini perlu keberanian dan juga kecakapan. Di samping perlu tahu pula tentang doanya. Padahal, doa untuk menyembelih hewan kurban sebetulnya sangat mudah dan pendek sehingga sangat gampang untuk dibaca serta dihafalkan. Cukup kita membaca :

Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Latin dan Artinya


BISMILLAAHI WALLAAHU AKBAR
Artinya :
" Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar "

Untuk doa menyembelih hewan kurban yang lainnya adalah :

Doa Menyembelih Hewan Kurban Lainnya


BISMILLAHI WALLAHU AKBAR ALLAHUMMA TAQABBAL MINNI WA MIN AHLIY
Artinya:
 "Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah terimalah dariku dan keluargaku".

Dua macam doa menyembelih hewan kurban di atas sangatlah mudah untuk kita baca. Tidak sulit untuk menghafalkannya. Memang hari raya idul adha kita temui tiap tahun. Tetapi membahas doa saat menyembelih hewan kurban ini tidak akan pernah basi. Setiap tahun kita bahas sehingga semakin hafal dan paham akan doanya. Saat nanti hendak mengamalkan maka tidak ada kesulitan lagi.

Semoga kita dapat melaksanakan ibadah menyembelih hewan kurban tahun ini dengan sebaik-baiknya. Karena hanya ridha Allah Subhanahu wa ta'ala yang menjadi tujuan utama. Tidak hanya sekedar mengetahui doa menyembelih hewan kurban saja. 

Namun, pengamalan saat kita menyembelih hewan kurban yang terpenting lagi. Lafazhnya tidaklah panjang jadi akan sangat mudah untuk dihafalkan.  Tidak boleh lupa juga untuk mengetahui makna dari doa sehingga saat melafazhkannya maka ada rasa khusyuk di dalam hati. Ibadah kurban ini juga termasuk syiar dari agama Islam ini. 

Ketika kita melakukannya maka kita telah menjadi seorang yang ikut mensyiarkan agama Allah subhanahu wa ta'ala. Satu hal yang amat istimewa untuk dikerjakan dalam hidup kita. Bahkan mensyiarkan agama Allah ini menjadi kewajiban bagi tiap muslim. Silakan baca juga artikel : Perbedaan Muhrim dan Mahram.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Latin dan Artinya