Kapan Kita Menjalankan Puasa Sunah Arafah dan Apa Keutamaannya ?

Assalamualaikum wrwb.

Saya mendengar perbincangan dari teman-teman, sebentar lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa sunah arofah. Kata teman-teman waktunya sehari sebelum sholat Idul Adha dilaksanakan. Yang saya tanyakan, kapan tepatnya pelaksanaan puasa sunah arafah itu, lantas apa keutamaan dari menjalankan puasa tersebut? Terima kasih ya, pak.

Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Sikap kita untuk memperhatikan waktu-waktu ibadah ialah suatu hal terpuji sekali. Karena hakikatnya, tugas kita dalam kehidupan ini adalah beribadah kepada Allah Swt. Dalam pada itu, mengenai kapan waktu melakukan ibadah puasa sunah arofah yakni tepatnya pada setiap tanggal 9 Dzulhijjah pada kalender hijriyah. Mudahnya, apabila hari raya Idul Adha jatuh pada hari Rabu maka pelaksanaan puasa Arofah adalah H-1, yakni hari Selasa. Tatkala jamaah haji sedang melaksanakan wukuf di padang Arofah maka kita yang tidak sedang berhaji maka melakukan ibadah puasa sunah ini. Jika kita ingin mengetahui keutamaan dari puasa di hari Arafah ini, kita bisa membaca hadits berikut.

Hadits Keutamaan Puasa Sunah Arafah

Artinya :
“Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Sangat luar biasa fadhilah atau keutamaan dari puasa Arafah ini. Yakni mereka yang melakukannya akan dihapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Menurut para ulama, yang dimaksud di sini adalah dosa-dosa kecil. Semoga kita dapat melakukannya sehingga kita memperoleh fadhilahnya. Insya Allah, tahun 1439 Hijriyah ini, puasa Arofah bertepatan pada Selasa tanggal 21 Agustus 2018.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Kapan Kita Menjalankan Puasa Sunah Arafah dan Apa Keutamaannya ?