Doa Tatkala Melihat Orang Lain Tertimpa Bencana atau Musibah Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa tatkala melihat orang Lain tertimpa bencana atau musibah lengkap arab latin dan artinya. Musibah dan bencana di muka bumi ini memang banyak sekali terjadi. Ada gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, kebakaran, gunung meletus, kekeringan, halilintar menyambar, dan angin kencang seperti topan, badai, puting beliung. Dahsyatnya bencana menjadikan korban jiwa hingga luka-luka berjatuhan. 

Di samping itu, terjadi juga musnah dan rusaknya harta benda dan juga fasilitas penting lainnya seperti: bangunan rumah, gedung rumah sakit, jalan, jembatan, dan lain sebagainya. Melihat hal tersebut kita perlu berdoa. Ucapan yang dituntunkan agama Islam berupa doa ini bisa dibaca pula untuk melihat sesuatu yang tidak kita sukai. Apa pun itu. Misalnya saja kita menyaksikan ada orang yang menderita sakit yang berat maupun ringan, orang yang mengalami kesulitan hidup, kesusahan dalam urusan kehidupan , terjerumus ke dalam kemaksiatan dan dosa, serta melakukan perbuatan kezaliman.

Mengapa lafaz doa ini kita bahas, karena saat ini di zaman now yang penuh dengan kemajuan teknologi informasi, segala peristiwa di dunia entah jauh atau dekat dengan kita, sangat cepat diperoleh beritanya. Media cetak dan elektronik kini menjamur dimana mana. Banyaknya stasiun televisi juga mempermudah tersebarnya pemberitaan terjadinya bencana di seluruh belahan dunia. Masyarakat mudah menyimak berita-berita tersebut. Tentu saja disertai melihat peristiwa lengkap dengan gambar dan suaranya. Langsung dengan cepatnya seluruh berita itu masuk ke handphone kita. 

Apalagi dengan jejaring sosial yang kini telah merambah ke seluruh lapisan masyarakat. Kita semua tahu saat ini bahwa hampir tiap orang memegang gadget. Bahkan anak kecil yang belum begitu membutuhkan saja sering memegang handphone. Di tambah lagi kini anak-anak sekolah pun sudah memakai peralatan gadget dalam sebagian proses pembelajarannya. Tentu saja semakin akrablah handphone bagi anak-anak. Bagi orang tua tentu lebih akrab lagi tentunya. Sebab kini berbagai pekerjaan dituntut memakai handphone. Komunikasi pun akan semakin lancar bila memakai handphone yang bisa untuk internet.

Teman-teman yang berbahagia, memang hidup di dunia ini penuh dengan masalah. Tak ada yang tak memilikinya. Hanya tiap orang berbeda masalahnya. Akan tetapi, kita sebagai seorang hamba hendaknya selalu memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Supaya kita selamat dan bahagia di dunia hingga ke akhirat nanti. Kita sebagai hamba-Nya adalah makhluk yang lemah dan tiada daya.

Doa Melihat Bencana atau Musibah

Lantas, ketika kita melihat ada orang lain tertimpa bencana dan musibah maka apa doanya? Seperti sebelumnya kita sampaikan bahwa kita saat ini sangat mudah mendapat informasi terkait adanya orang yang terkena bencana atau pun musibah dengan segala macamnya. Saat kita melihat peristiwa tersebut langsung saja kita membaca doa berikut ini.

Doa Melihat Orang Lain Tertimpa Bencana atau Musibah


“ALHAMDULILLAHILLADZII ‘AAFAANII MIMMAB TALAAKA BIHI, WA FADDHALANII  ‘ALA KATSIIRIM MIMMAN KHALAQA TAFDHILAA. “

Artinya :
" Segala puji bagi Allah yang telah melindungi aku dari cobaan yang telah menimpamu, dan yang telah memberikan aku anugerah di atas kebanyakan makhluk-Nya yang lain".

Teman-teman yang berbahagia, doa tersebut hendaknya dibaca sirr atau lirih saja. Yang mendengar hanya kita sendiri saja. Sehingga jangan sampai terdengar oleh orang yang terkena bala' atau musibah tersebut. Memang kalau kita melihat bencana atau musibah dari sebuah video di televisi atau medsos (media sosial) maka meski kita bicara keras pun tidak akan terdengar oleh orang yang terkena musibah itu. Ini hanya terkait kepada peristiwa musibah atau bencana yang dekat dengan posisi kita pada saat itu. 

Tetapi tetap saja kita diperintahkan membaca doa melihat bencana di atas secara sirr. Ini merupakan bagian akhlak seorang muslim. Tidak bijak juga membuat komentar dengan doa di atas pada media sosial dari sebuah video atau foto adanya musibah. Ini kalau dilakukan sama saja seperti kita membaca doa di atas secara keras. Karena akan banyak orang yang bisa membaca doa yang kita tuliskan di media sosial tersebut. Tidak terkecuali dan tak menutup kemungkinan seorang yang terkena musibah dalam sebuah video atau gambar di media sosial itu pun ikut membaca postingan komentar.

Salah satu fadhilah dari doa di atas adalah kita akan dijauhkan Allah subhanahu wa ta'ala dari berbagai bencana yang kita saksikan tersebut. Singkatnya, insya Allah kita tidak akan mendapatkan musibah yang sama sebagaimana yang dilihat itu. Itulah salah satu keutamaan membaca doa tersebut. Sebuah fadhilah yang amat luar biasa. Teman-teman tentu sangat mengharapkan agar terhindar dari musibah yang kita saksikan tersebut. Akhirnya, semoga kita selalu dalam perlindungan-Nya. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca pula : Perbedaan Haji dan Umrah Lengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Tatkala Melihat Orang Lain Tertimpa Bencana atau Musibah Lengkap

0 comments:

Posting Komentar