Apakah Pengertian Masjid Itu ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya sebagai muslim tentu saja sudah akrab dengan kata masjid. Saya pun sering pergi ke masjid dalam rangka shalat berjamaah dan juga acara mengikuti pengajian setiap pekan. Dalam lima waktu shalat pun saya mendengar lafaz adzan dari masjid dekat rumah. Namun, kalau saya ditanya tentang definisinya saya harus menjawab bagaimana, ya pak? Terus tulisan arabnya masjid itu bagaimana? Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saudara yang semoga selalu dirahmati Allah Swt. Kita sebagai seorang muslim memang tidak asing lagi dengan masjid. Mau shalat dhuhur berjamaah maka pergi ke masjid. Demikian shalat wajib yang lainnya. Mengumandangkan adzan pun di masjid. Mengadakan kegiatan pengajian atau tabligh pun juga di masjid. Kegiatan TPA atau TPQ (keduanya merupakan kependekkan dari Taman Pendidikan Al-Quran) dilakukan juga di masjid. Rapat panitia penyembelihan hewan kurban pun di masjid. Bahkan ada yang melafazkan ijab qabul dalam menikah pun bertempat di masjid. Hanya saja memang ada mungkin dan bahkan banyak yang belum mengetahui definisi lengkapnya. Baiklah kita akan bahas. Sebelumnnya berlanjut, silakan disimak tulisan arab kata masjid :

Pengertian Masjid

Nah, kata masjid secara bahasa berarti tempat untuk bersujud. Dalam pengertiannya menjadi sebuah bangunan yang dipakai tempat berkumpulnya kaum muslimin dalam rangka melaksanakan ibadah shalat wajib berjamaah, sifatnya tetap dan bukan sementara saja. Artinya kalau di suatu tempat sudah berdiri bangunan masjid maka tidak boleh dalam beberapa bulan fungsinya dirubah untuk yang lain. Berbeda misalnya dalam sebuah perkantoran, sekolah, dan perusahaan yang belum memiliki masjid. Atau juga karena masjidnya baru dibangun atau direhab. Kemudian ada sebuah ruangan yang kosong lalu digunakan untuk tempat shalat bagi orang Islam di situ. Tempat ini tidak bisa disebut masjid karena sifatnya cuma sementara saja.
Baca juga : Doa Sebelum dan Sesudah Makan Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apakah Pengertian Masjid Itu ?