Lafaz Adzan Lengkap Arab Latin Artinya Serta Cara Menjawabnya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Semoga teman-teman selalu dalam rahmat Allah Swt. Amiin. Kajian kali ini akan membahas lafaz adzan dan artinya lengkap arab latin serta cara menjawabnya. ِAdzan merupakan pemberitahuan, panggilan, pemakluman, dan seruan untuk shalat. Sudah tak asing lagi bagi kita mendengar azan dalam kehidupan sehari-hari. Lima kali dalam sehari. Begitu indah lantunannya sehingga semakin menyejukkan suasana. Hati menjadi tenang dan tentram mendengarnya. Ini saja suara adzan orang di zaman sekarang. Entah, bagaimana merdunya lantunan adzan dari sahabat Bilal radhiyallahu 'anha pada zaman Nabi Muhammad Saw. Seketika adzan telah berkumandang maka berhentilah segala aktvitas harian kita untuk segera menyambut seruan Allah Swt. Bergegas datang segera ke masjid untuk menjalankan perintah shalat. Orang yang menyuarakan atau mengumandangkan adzan disebut muadzin. Nah, untuk lafaznya akan disajikan secara berurutan berikut :
Lafaz Adzan

Latinnya : ALLAAHU AKBAR (4 x)
Artinya : Allah Maha Besar

Lafaz Adzan

Latinnya : ASYHADU ALLAA ILLAAHA ILLALLAAH  (2 x)
Artinya : Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah

Lafaz Adzan

Latinnya : ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAH  (2 x)
Artinya : Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah

Lafaz Adzan

Latinnya : HAYYA 'ALASHSHALAAH  (2 x)
Artinya : Marilah mengerjakan shalat

Lafaz Adzan

Latinnya : HAYYA 'ALAL FALAAH  (2 x)
Artinya : Marilah menuju kepada kemenangan

Lafaz Adzan

Latinnya : ALLAAHU AKBAR  (2 x)
Artinya : Allah Maha Besar

Lafaz Adzan

Latinnya : LAA ILAAHA ILLALLAAH  (1 x)
Artinya : Tiada Tuhan selain Allah

Khusus untuk adzan dalam shalat subuh, setelah "hayya 'alal falaah" ditambah lafaz :

Tambahan untuk Lafaz Adzan Subuh

Latinnya : ASHSHALAATU KHOIRUMMINANNAUUM
Artinya : " Shalat itu lebih baik dari pada tidur ".

Untuk cara menjawabnya :
Seluruh lafaz adzan dijawab sama dengan  lafaz itu sendiri oleh siapa yang mendengarnya, terkecuali:
1. HAYYA 'ALASHSHALAAH  (2 x) dijawab dengan LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH (2 x). Artinya : "Tiada daya dan kekuatan melainkan atas kehendak Allah".
2. HAYYA 'ALALFALAAH  (2 x) dijawab dengan LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH  (2 x). Artinya : "Tiada daya dan kekuatan melainkan atas kehendak Allah".

Dalil Adzan dari Al Quran dari Surat Al Maidah ayat 58 :
Artinya : " dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal."
Juga terdapat dalam Surat At-Taubah ayat 3 :
Artinya : " dan (inilah) suatu permakluman daripada Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar bahwa Sesungguhnya Allah dan RasulNya berlepas diri dari orang-orang musyrikin. kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, Maka bertaubat itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, Maka ketahuilah bahwa Sesungguhnya kamu tidak dapat melemahkan Allah. dan beritakanlah kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih."

Sedangkan keutamaan dari orang yang melakukan azan, antara lain terdapat dalam beberapa hadits berikut :
1)  Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim
 .” Seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala yang dapat diperoleh dalam adzan dan shalat shaf pertama, lalu mereka tidak dapat mendapatkannya kecuali secara undian. Niscaya mereka akan rela ber-undi untuk mendapatkannya".
2).  Hadits Riwayat Bukhari
 ” Tidaklah Manusia dan Jin, serta tidak ada sesuatu pun yang mendengar suara adzan dari seorang muadzin, melainkan mereka akan menjadi saksi dari kebaikan bagi si Muadzin di Hari Kiamat (HR Bukhari) ”. 
3). Hadits riwayat An-Nasai dan Ahmad 
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya akan bershalawat untuk orang-orang yang berada di shaf yang terdepan. Muadzin akan diampuni dosanya sepanjang suaranya, dan dia akan dibenarkan oleh segala sesuatu yang mendengarkannya, baik benda basah maupun benda kering, dan dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang shalat bersamanya”

Lazaz adzan tersebut tidaklah sulit dihafal. Hanya saja, tidak sedikit mereka yang belum mengetahui makna atau artinya. Dengan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka insya Allah akan amat menolong mereka yang ingin mempelajarinya. Bisa kita bandingkan mereka yang tahu terjemahnya dan tidak. Dengan mengetahui arti lafaz itu, ketika ada kumandang adzan kita bisa langsung tahu maknanya. Hati pun lebih mudah meresapinya. 
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Lafaz Adzan Lengkap Arab Latin Artinya Serta Cara Menjawabnya