Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Gimana kabar hari ini teman-teman? Baik semua, kan? Alhamdulillah. Kita akan bahas bacaan doa sebelum dan sesudah makan atau minum lengkap arab latin serta artinya. Setiap manusia membutuhkan makan. Tidak pernah absen tiap hari. Umumnya makan dalam sehari tiga kali. Pagi, siang, dan sore atau malam. Makan amat penting bagi kehidupan seorang muslim. Tubuh memerlukan makanan yang halal, bergizi dan baik. Segala aktivitas yang dilakukan memerlukan energi yang cukup. Dengan makan maka tubuh akan tegak dan kita mampu menjalankan segala pekerjaan. Beribadah dan beramal shalih pun akan menjadi lancar. Tidak mudah terserang penyakit yang membuat kita mudah sakit.

Begitu pula dengan minum. Tubuh manusia lebih banyak zat cairnya. Persentase cairan lebih banyak. Kebutuhan air sangat penting dalam menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Bahkan, ada yang menganjurkan untuk minum air putih sekitar dua liter per hari. Makan dan minum tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Allah Swt. memerintahkan kita kaum muslimin untuk makan yang halal dan baik. Sesuai dengan firman-Nya pada Al Quran surat Al-Maidah ayat 88, yang artinya :
" dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

Makanan yang halal telah jelas. Sedang makanan yang baik ialah yang tidak berbahaya bagi tubuh, mengandung nutrisi yang cukup, dan tidak terlalu berlebihan. Nutrisi atau gizi yang diperlukan tubuh antara lain : karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Pemenuhannya pun mesti seimbang. Kekurangan nutrisi tak baik. Apabila kelebihan pun juga tidak bagus. Minum pun juga demikian. 

Sebagai muslim yang baik kita tidak boleh melupakan doa dalam hal makan serta minum. Ini termasuk bagian ibadah yang sangat penting untuk dipraktekkan dalam keseharian kita. Bahkan, perilaku yang demikian menunjukkan rasa syukurnya terhadap nikmat Allah Swt. Orang yang mau bersyukur tentu akan ditambah lagi nikmatnya. Membaca doa sebelum dan sesudah makan atau minum akan kita bahas berikut ini.

Doa Sebelum Makan dan Minum 

Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum Lengkap
Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum

Latinnya : BISMILLAH
Artinya : "Dengan nama Allah Swt. "

dan dilanjutkan dengan membaca : 

Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum Lengkap
Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum

Latinnya : ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQ TANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAR.
Artinya:
"Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka"

atau 
Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum Lengkap
Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum

Latinnya : ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FIIHI WA UTH’IMNAA KHAIRAN MINHU.
Artinya:
"Ya Allah! berilah kami berkah dengan makan itu dan berilah makanan yang lebih baik."

Kita bisa memilih salah satu dari keduanya setelah membaca basmallah. Selanjutnya, untuk doa setelah menikmati makanan atau minum ialah

Doa Sesudah atau Setelah Makan dan Minum

Doa Sesudah Makan dan Minum Lengkap
Doa Sesudah Makan dan Minum

Latinnya : ALHAMDU LILLAAHILLADZII ATH'AMANAA WA SAQAANAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN
Artinya :
" Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam."

Doa ini bersumber dari hadits riwayat Abu Dawud.

atau membaca :
Doa Sesudah Makan dan Minum Lengkap
Doa Sesudah Makan dan Minum

Latinnya : ALHAMDU LILLAAHILLADZII ATH'AMANII HADZAA WA RAZAQANIIHI MIN GHAIRI HAULIMMINNII WA LAAQUWWAH
Artinya :
"Segala puji bagi Allah yang memberi makan ini kepadaku dan yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku."

Doa Sesudah Minum

Doa Sesudah Minum Lengkap
Doa Setelah Minum

Latinnya : ALHAMDU LILLAAHILLADZII JA'ALAHUU 'ADZBAN FURAATAN BIRAHMATIHII WA LAMYAJ'ALHU MILHAN UJAAJAN BIDZUNUUBINAA
Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Apabila lupa membaca doa sebelum makan dan minum "bismillah" maka, di tengah atau akhir pada saat makan atau minum hendaknya melafazkan :
Bacaan Bila Lupa Membaca Doa Makan dan Minum di Awal
Bacaan Bila Lupa Membaca Doa Makan dan Minum

Latinnya : BISMILLAAHI FII AWWALIHI WA AAKHIRIHI
Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"

atau 
Bacaan Bila Lupa Membaca Doa Makan dan Minum
Bacaan Bila Lupa Membaca Doa Makan dan Minum di Awal

Latinnya : BISMILLAAHI AWWALAHU WA AAKHIRAHU
Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya".

Hal ini berdasar dari hadits, yaitu :
"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia ucapkan “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaklah ia mengucapkan: Bismillaah fii awwalihi wa aakhirihi (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”. (HR. Tirmidzi , Abu Dawud dan Ibnu Majah).
Dalam hadits lainnya, 
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah duduk dan saat itu ada seseorang yang makan tanpa membaca bismillah hingga makanannya tersisa satu suapan. Ketika ia mengangkat suapan tersebtu ke mulutnya, ia mengucapkan, “Bismillah awwalahu wa akhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tertawa dan beliau bersabda, “Setan terus makan bersamanya hingga. Ketika ia menyebut nama Allah (bismillah), setan memuntahkan apa yang ada di perutnya.” (HR. Abu Dawud , Ahmad ,dan An-Nasai).

Selain melafazkan doa di atas, penting pula untuk memperhatikan adab-adabnya. Adab-adab makan tersebut, yakni :
1. Mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu. Kalau bisa dengan air yang mengalir.
2. Makan dan minum dengan cara duduk. Tidak pula badan dengan bersandar terhadap sesuatu, misalna tembok, kursi, atau yang lain.
3. Menggunakan tangan yang sebelah kanan.
4. Sebaiknya makan dengan bersama-sama atau berjamaah. Hal ini akan menambah keberkahan.
5. Ambilah makanan yang terdekat. Lalu bila letaknya jauh bagaimana? Kita bisa minta tolong orang lain untuk mendekatkan makanan tersebut.
6. Menghentikan makan sebelum kenyang. Hal ini supaya isi perut kita terbagi 1/3 untuk makan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk bernafas atau udara. Pembagian ini sudah terbukti secara ilmiah akan manfaatnya yang besar bagi kesehatan.
7. Suapan makanan hendaknya kecil-kecil atau sedikit demi sedikit. Tidak makan dengan sekaligus. Rasulullah Saw. tidak makan dua kurma sekaligus.
8. Cara mengunyah makanan dengan pelan-pelan. Proses pencernaan akan sempurna dengan mengunyah yang berkali-kali. Tutuplan bibir sehingga tidak menimbulkan suara. Kadang orang tidak nyaman tatkala mendengar suara orang sedang makan itu.
9. Jika ada makanan yang jatuh maka ambilah untuk dibersihkan. Setelah bersih bisa dimakan.
10. Tidak dibolehkan mencela makanan. Apabila kita tidak menyukainya maka hendaklah diam.
11. Mengambil makanan secukupnya saja dan menghabiskannya. Sebaiknya kita tidak mensisakan makanan yang sudah kita ambil itu.

Nah, dengan mengamalkan doa sebelum dan sesudah makan atau minum di atas, maka insya Allah kita mendapatkan banyak pahala dari Allah Swt. Sekaligus juga termasuk mengamalkan sunah Nabi Muhammad Saw. Penting juga untuk membiasakan kebaikan ini sedari kecil atau usia sebagai anak balita. Barangkali banyak sudah hafal, namun belum paham betul makna atau artinya. Dengan mempelajari doa di atas, insya Allah kita akan paham maknanya. Berdoa pun akan bertambah khusyu'. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Perbedaan Haji dan Umrah Lengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Minum Lengkap Arab Latin dan Artinya