Pengertian dan Dalil Tentang Syaja'ah

Pengertian dan Dalil Tentang Syaja'ah

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saya mau bertanya. Sebetulnya pengertian syajaah itu apa, Pak? Karena saya kurang begitu paham meski sudah membacanya di buku. Apakah ada dalilnya dari Al-Quran dan hadits tentang syajaah itu? Lalu gimana cara menumbuhkan sifat syajaah ini pada diri kita umat Islam? Sebelumnya saya berterima kasih atas jawabannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Apa yang ditanyakan anda sangatlah penting. Bahkan tidak tertutup kemungkinan banyak orang yang sebetulnya bertanya tentang syajaah sebagaimana anda ini. Hanya saja mungkin karena kesempatan dan faktor yang lainnya. Syaja’ah berarti berani atau keberanian membela kebenaran. Sikap syaja’ah merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh orang yang istiqomah di jalan Allah swt. Jadi orang yang istiqomah akan senantiasa berani dalam menyampaikan kebenaran, karena yakin berada di jalan yang benar dan dekat dengan pertolongan Allah swt. Contohnya syajaah dalam kejujuran. Seorang pedagang memiliki keberanian untuk jujur dalam menimbang atau menakar barang dagangannya. 
Mengenai dalilnya dari Al-Quran yakni pada Surat At-Taubah ayat 119.

Surat At-Taubah ayat 119
Artinya : 
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar."

Baca juga : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin dan Artinya .

Kemudian Surat Al-Maidah ayat 119.

Surat Al-Maidah ayat 119

Artinya :
"Allah berfirman: "Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah ridha terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar".

Lalu pada Surat Ali Imran ayat 139.

Surat Ali Imran ayat 139

Artinya : 
"janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman."

Sedangkan dalil dari hadits ialah
Pertama, 
Artinya : "Janganlah kamu menjadi orang yang ikut-ikutan, yang berkata: Bila orang melakukan kebaikan maka aku pun melakukannya. Namun bila orang melakukan keburukan maka aku pun ikut melakukannya juga. Akan tetapi tempatkanlah diri kalian! Jika orang melakukan kebaikan maka kamu pun melakukannya. Namun jika orang melakukan keburukan maka (tinggalkan sikap buruk mereka) jangan kamu berbuat zalim." (HR. Tirmidzi).

Kedua,
Artinya : "Katakan kebenaran, sekalipun itu pahit". (HR. Imam Baihaqi)

Ketiga,
Artinya : "Seburuk-buruk sifat yang ada pada seseorang adalah sifat pelit yang sangat pelit dan sifat pengecut yang sangat pengecut". (HR. Abu Dawud).

Kemudian, cara menumbuhkan sifat syajaah ini pada diri kita umat Islam yakni
1. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.
2. Menanamkan rasa takut kepada Allah Swt.
3. Sabar dalam menghadapi berbagai kondisi.
4. Menggiatkan menuntut ilmu tentang agama Islam.

Demikian semoga bermanfaat. Wallahu 'alam.
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Jodoh Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Pengertian dan Dalil Tentang Syaja'ah