Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin Artinya

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Membahas tentang doa shalat istikharah lengkap arab latin dan artinya memang menarik sekali. Teman-teman mungkin sudah sering mendengar tentang shalat ini. Apalagi kalau teman-teman ini ada yang masih sebagai santri atau pelajar di sekolah menengah. Pada kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah memang ada dan wajib dipelajari. Shalat ini termasuk yang disunahkan. Waktu pelaksanaanya bebas kapan saja. Secara singkat pengertian istikharah berarti meminta dipilihkan. Karena memohon untuk dipilhkan, biasanya seseorang sedang mendapatkan masalah berupa kebingungan dalam menentukan sebuah pilihan. Intinya memohon petunjuk kepada Allah Swt. sehingga tidak salah dalam mengambil sebuah keputusan nantinya.
Banyak permasalahan dalam kehidupan seseorang. Setiap orang memiliki masalah yang berbeda antara satu sama lainnya. Semua masalah itu terkadang tingkat pentingnya sama bagi kita. Ada beberapa contoh kasus yang menjadikan kita mesti melakukan shalat istikharah. Diantaranya :
Contoh 1 : Masalah memilih sekolah anak. Pak Ahmad memiliki anak bernama Ahlia yang sudah usianya siap untuk mulai masuk sekolah dasar atau SD. Ia mencari informasi beberapa sekolah dasar yang bisa dimasuki oleh anaknya. Pertimbangannya dalam memilih sekolah, antara lain : sekolah itu bagus kualitasnya, muatan pembelajaran agama Islam dan akhlak mulia cukup, jarak dari rumahnya dekat, biaya pendidikannya terjangkau, dan anaknya mau dimasukkan di sekolah tersebut. Setelah lama mencari akhirnya beliau dihadapkan kepada dua pilihan sekolah. Kriteria kedua sekolah tersebut masuk semua. Pak Ahmad menjadi bingung mau memilih yang mana. Dalam situasi seperti ini maka beliau kemudian melaksanakan shalat sunah istikharah. 
Contoh 2 : Masalah memilih tempat kuliah. Ilham seorang anak yang cerdas dan pandai di sekolahnya. Ia murid di Sekolah Menengah Atas terkenal di kota Bandung. Tiga tahun di menjalani pendidikan di SMA tersebut ia selalu meraih rangking kelas pertama. Saat sebelum lulus, ia diikutkan sekolahnya menjadi peserta seleksi penjaringan murid berprestasi di tiga perguruan tinggi yang terkenal. Ia menyukai jurusan Teknik. Sebut saja Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Padjajaran. Dari hasil seleksi ternyata Ilham lolos semua di ketiga tempat perkuliahan dan berhak menjadi mahasiswa baru di sana. Ditambah lagi semuanya memberikan beasiswa penuh alias gratis 100 %. Bahkan ia pun mendapat uang saku tiap bulan. Bagi Ilham ketiga perguruan tinggi tersebut sama bagusnya. Tentu saja hal ini menjadikan Ilham agak kebingungan untuk menentukan pilihan. Mau dimana ia kuliah. Maka ia pun melakukan shalat istikharah untuk memutuskannya.
Contoh 3 : Masalah memilih pekerjaan. Yusuf seorang mahasiswa berprestasi di sebuah perguruan tinggi negeri terkenal di Yogyakarta. Ia menjadi mahasiswa jurusan farmasi. Nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang dimilikinya tinggi. Nyaris sempurna 4,00. Setelah ia lulus dan telah selesai melaksanakan seluruh proses kuliahnya ia berkeinginan untuk segera bekerja. Belum sampai ia membua surat lamaran pekerjaan sudah ada lima perusahaan besar yang menawarinya untuk bekerja di sana. Gaji masing-masing perusahaan itu sama besarnya. Fasilitas yang diberikan juga sama lengkapnya. Lokasi perusahaan itu pun masih satu kota dengan tempat tinggalnya di Medan. Ia pun agak bingung untuk memutuskan mau bekerja di perusahaan mana. Kemudian ia melaksanakan shalat istikharah.
Contoh 4 : Masalah memilih jodoh. Hanifah merupakan gadis desa yang baik. Dalam agama Islam bisa kita kenal dengan wanita shalihah. Ia baru saja lulus dari sebuah pondok pesantren di daerahnya. Oleh para tetangga dikenal sebagai gadis yang pandai dan  berakhlak mulia. Setiap sore ia mengajari anak-anak di lingkungannya untuk mengaji. Anak-anak tersebut ada yang diajari membaca Al-Quran, tata cara ibadah, fiqh, dan akhlak. Melihat hal itu ada beberapa laki-laki yang tertarik untuk menikah dengannya. Setidaknya ada 4 (empat) laki-laki yang menanyakan kepada ayahnya Hanifah. Usia Hanifah memang sudah cukup untuk menikah. Semua dari laki-laki tersebut bisa dibilang pemuda yang shaleh. Mereka termasuk penggerak dakwah di kampungnya dan sangat aktif shalat berjamaah di masjid. Keempat dari laki-laki yang bertanya kepada Ayahnya tampan semua. Mereka pun sama-sama berasal dari keluarga yang baik-baik. Keempatnya juga sudah memiliki penghasilan yang cukup . Yang pertama seorang pengusaha kuliner sukses, yang kedua seorang guru PNS (Pegawai Negeri Sipil), yang ketiga seorang pegawai BUMN (Badan Usaha Milik Negara), dan yang keempat seorang pedagang beras yang sukses di desanya. Tetapi masalah besar kecilnya pendapatan tidak dipermasalahkan oleh Hanifah. Menghadapi masalah ini ia bingung mau menerima laki-laki yang mana. Kemudian ia melakukan shalat istikharah.
Baca juga : Doa sebelum dan sesudah wudhu lengkap arab latin dan artinya.
Nah, untuk melakukan shalat tersebut maka perlu kita mengetahui doanya. Membacanya dilakukan setelah shalat istikharah. Berikut doa shalat istikharah lengkap arab latin dan artinya :

Doa Shalat Istikharah Lengkap
Doa Setelah ShalatIstikharah 
Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB.
ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-sebutkan persoalan kita di sini-} KHAIRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI.
WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FASHRIFHU  ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDHINII BIH.
Artinya :
" Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.
 Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-sebutkan persoalan kita di sini-}  baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. "
Doa istikharah versi yang lain :
Doa Shalat Istikharah
Doa Sesudah Shalat Istikharah
Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB.
ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-sebutkan persoalan kita di sini-} KHAIRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI.
WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FASHRIFHU  ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDHINII BIH.
Artinya :
" Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.
 Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-sebutkan persoalan kita di sini-} baik bagiku dalam agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. "

Saat berdoa tersebut di atas maka sebaiknya disertai dengan mengangkat tangan. Selanjutnya, bagaimana jawaban dari doa shalat istikharah ? Para ulama menegaskan bahwa sesudah kita melaksanakan shalat istikharah maka kita memilih mana yang terbaik. Lalu menyerahkan segala urusan itu kepada Allah Swt. Jawaban dari Allah dari doa kita bisa dilihat jika pilihan tersebut merupakan yang terbaik maka Allah akan memudahkan dan memberkahinya. Sebaliknya, jika pilihan itu buruk maka Allah akan memalingkannya dari kita. Pilihan kita tidak boleh berdasarkan hawa nafsu. 
Dengan banyak membaca doa di atas maka akan bisa hafal dengan sendirinya. Bisa juga dengan media mp3 atau rekaman. Tidak masalah meskipun usia kita sudah bukan anak lagi alias sudah tua. Insya Allah akan dimudahkan. Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Hukum tajwid surat Ali Imran ayat 159 Lengkap dengan penjelasannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin Artinya