Perintah Makan yang Halal Lagi Baik Tercantum Dalam Apa?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh.

Pak, saya mau bertanya tentang perintah makan yang halal lagi baik tercantum dalam apa? Maksudnya di surat dan ayat berapa di Al-Quran? Sering saya mendengar ceramah agama di masjid untuk memperhatikan makanan. Yang dimakan harus halal serta thayyib (baik). Namun, dalilnya saya belum tahu. Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Makan merupakan aktivitas rutin harian kita. Demikian juga minum. Agama Islam yang sempurna ini amat memperhatikan hal itu. Allah Swt. memerintahkan kaum muslimin untuk makan yang halal dan thayib. Halal di sini ialah zatnya maupun cara memperolehnya. Arti lain dari thayib ini adalah baik. Yang dimaksud thayyib adalah mengandung nutrisi atau gizi yang diperlukan tubuh kita. Tidak pula mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan badan. Dalil tentang hal ini ada di dalam Al-Quran. Bahkan jumlahnya tidak hanya satu ayat saja.  Beberapa ayat tersebut ialah :

1. Surat Al-Baqarah ayat 168

Surat Al-Baqarah ayat 168

Artinya :
" Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu."

2. Surat 'Abasa ayat 24

Surat 'Abasa ayat 24

Artinya :
"Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya."

3. Surat Al-Maidah ayat 88

Surat Al-Maidah ayat 88

Artinya :
" dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

4. Surat An-Nahl ayat 114

Surat Al-Maidah ayat 88

Artinya :
"Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah."

Tidak hanya itu. Tatkala kita pun juga perlu memperhatikan adab. Kita hendaknya membaca doa sebelum makan. Setelah selesai pun kita juga mesti membaca doa sesudah makan. Dengan mengamalkan hal ini maka bertambahlah pahala kita. Allah Swt. meridhai kita dengan hal ini.
Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu'alam.
Silahkan baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin Arti dan Keutamaannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Perintah Makan yang Halal Lagi Baik Tercantum Dalam Apa?