Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-'Ashr Ayat 1-3 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita tentu ingin meraih banyak manfaat dengan membahas analisis hukum tajwid surat Al-'Ashr Ayat 1-3 lengkap dengan penjelasannya. Ilmu tajwid begitu penting untuk dipelajari oleh setiap muslim. Al-Humazah artinya pengumpat. Surat tersebut adalah yang ke-103 di dalam Al-Quran. Baiklah, kita simak analisis hukum tajwidnya berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-'Ashr Ayat 1-3

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni :
1. Alif lam qamariyah alasannya huruf alif lam bertemu huruf 'ain. Dibaca secara jelas.
2. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
3. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
4. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf sin. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf sin.
5. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
Baca juga : Bacaan Takbiran Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad tamkin sebab sebelum huruf wau sukun adalah huruf nun berharakat dhamah dan setelah huruf wau sukun bertemu huruf wau berharakat fathah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).
13. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Melihat Bencana Lengkap Arab Latin dan Artinya.
17. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ha' Dibaca secara jelas.
18. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
20. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).
21. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

Surat ini termasuk surat yang amat pendek. Sering dipakai dalam bacaan imam di shalat wajib berjamaah. Dengan memahami hukum tajwid dari surat ini maka kita akan lebih lancar dalam membaca surat Al-Ashr. Bacaan kita akan menjadi tartil. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-'Ashr Ayat 1-3 Lengkap Dengan Penjelasannya