Arti Barakallah Fii Umrik Dan Jawabannya

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya seorang anak perempuan. Suka mengaji di masjid dan juga ngobrol-ngobrol tentang masalah agama Islam. Beberapa waktu yang lalu usia saya sudah masuk 17 tahun. Alhamdulillah. Pada waktu tepat tanggal kelahiran saya itu ada teman yang mengucapkan " barakallah fii umrik ukhti ". Di lain waktu, saya juga melihat mendengar dari kakak saya yang mengucapkan "barakallah fii umrik suamiku". Yang ingin saya tanyakan adalah apa arti barakallah fii umrik itu? Bagaimana cara menjawabnya dan tulisan arab barakallah fii umrik itu bagaimana ? Terima kasih sebelumnya ya Pak.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Kegemaran anda yang suka mengaji itu patut disyukuri. Hendaknya kebiasaan seperti itu tidak berhenti di usia belia saja. Namun, sampai nanti kuliah, bekerja hingga berumah tangga atau menikah tetap saja dijalankan. Sangat beruntung orang yang suka mengaji. Banyak manfaat yang akan ia terima. Diantaranya ia akan mendapatkan ilmu agama Islam, hati kita pun akan tenang dan tentram saat di majelis ilmu, bisa berteman dengan banyak orang sholeh, dan banyak lagi. Membicarakan masalah agama juga amat bagus. Diskusi tersebut amat positif bagi kehidupan kita.
Di usia yang ke-17 ini, pada hakikatnya anda telah di beri nikmat oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Hendaknya kita tidak berhenti-untuk selalu mengucapkan syukur Alhamdulillah. Mengenai pertanyaan anda tentang lafazh barakallah fii umrik, kita sebaiknya terlebih dahulu melihat gambar tulisan arab dari lafazh tersebut.

barakallah fii umrik untuk wanita

Latinnya :
BAARAKALLAHU FII ‘UMRIK.
Artinya :
" Semoga Allah memberkahi di dalam usiamu. "

Lafazh tersebut merupakan doa agar seorang wanita yang di doakan itu mendapatkan keberkahan di dalam usianya. Dalam pengucapannya, pada huruf terakhir diwaqaf. Sehingga 'umriki menjadi 'umrik. Ada pula yang ditambah dengan ukhti. Tulisan arabnya menjadi seperti di bawah ini :

barakallah fii umrik untuk saudara perempuan

Latinnya :
BAARAKALLAHU FII ‘UMRIK YA UKHTI.
Artinya :
" Semoga Allah memberkahi di dalam usiamu wahai saudara perempuanku."

Untuk seorang laki-laki maka lafazhnya tidak jauh beda dengan yang untuk wanita. Hanya saja untuk harakat huruf terakhir kaf adalah fathah bukan kasrah.

barakallah fii umrik untuk laki-laki

Latinnya :
BAARAKALLAHU FII ‘UMRIK.
Artinya :
" Semoga Allah memberkahi di dalam usiamu."

Maka, wajar sering kita dengar lafazh tersebut tatkala seseorang bertepatan padah hari lahirnya. Sering disebut saat milad atau ulang tahun. Untuk menjawabnya, kita bisa lafazhkan :
Untuk laki-laki cara menjawabnya :

jawaban barakallah fii umrik

Latinnya :
WA FIIKA BAARAKALLAAH
Artinya :
" dan kepadamu mudah-mudahan Allah memberkahi juga".

Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.
Untuk perempuan cara menjawabnya :

jawaban barakallah fii umrik wanita

Latinnya :
WA FIIKI BAARAKALLAAH
Artinya :
" dan kepadamu mudah-mudahan Allah memberkahi juga".

Untuk orang banyak atau jamak, cara menjawabnya :

jawaban barakallah fii umrik

Latinnya :
WA FIIKUM BAARAKALLAAH
Artinya :
" dan kepadamu mudah-mudahan Allah memberkahi juga".

Semoga bermanfaat untuk atas jawabannya. Dan kita pun tidak boleh lupa untuk membaca doa panjang umur selalu. Kita memohon juga keberkahan umur. Wallahu 'alam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Arti Barakallah Fii Umrik Dan Jawabannya