Doa Panjang Umur Sehat dan Murah Rezeki Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman, membaca doa panjang umur, sehat, murah rezeki lengkap arab latin dan artinya atau terjemah bahasa Indonesia amat penting. Kita memohon kepada Allah Swt. agar diri kita memperoleh hal itu. Bisa juga dengan mendoakan orang lain. Misalnya saja kepada orang tua, guru, teman, dan saudara yang lain. Doa  ini amat bermanfaat sekali dalam kehidupan. Dengan memiliki panjang umur tentu banyak sekali kesempatan untuk melakukan amal kebaikan. Kita bisa membayangkan hal itu dengan ilustrasi sederhana berikut. 
Pertama, misalnya seorang laki-laki namanya Anto memiliki usia 60 tahun. Ia mulai wajib melakukan ibadah shalat pada usia 10 tahun. Maka ia menjalankan shalat wajib selama 50 tahun. Bila dihitung secara detail, kita sehari shalat 5 kali maka bila dalam satu tahun jumlahnya 360 hari, kita bisa menghitung berapa kali shalat dengan 360 dikalikan dengan 5 sehingga jumlahnya 1.800 kali. Dalam satu tahun ternyata sudah menjalankan shalat wajib selama 1.800 kali. Maka dalam waktu 50 tahun menjadi = 1.800 x 50 = 90.000 kali ia shalat wajib. 
Kedua, misalnya seorang laki-laki namanya Budi memiliki usia 55 tahun. Dia mulai wajib menjalankan shalat sejak usia 10 tahun atau sama dengan Anto. Maka dia menjalankan shalat wajib selama 45 tahun. Jika dihitung dengan rinci dalam 45 tahun, ia menjalankan shalat wajib = 1.800 x 45 = 81.000 kali . 

Bila kita bandingkan jumlah amalan shalat wajib yang dijalankan Anto dan Budi selisih = 90.000 - 81.000 = 9.000 kali. Tentu lebih utama mereka yang mampu mengerjakan shalat lebih banyak. Padahal di dalam shalat ada banyak doa dan dzikir kepada Allah Swt. Ini baru mengenai masalah amalan shalat wajib atau fardhu 5 waktu. Masih ada shalat sunah yang jenisnya tidak sedikit. Belum mengenai hal lain seperti puasa, zakat, sedekah, membaca Al-Quran, mencari ilmu, membantu orang lain, nasihat kepada kebaikan, haji dan umrah serta amalan-amalan lainnya yang masih banyak sekali. Maka dalam sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi, Rasulullah Saw. bersabda : "Wahai Rasulullah, manusia mana yang dikatakan baik?" Beliau menjawab, "Yang panjang umurnya namun baik amalnya." "Lalu manusia mana yang dikatakan jelek ? ", tanya laki-laki tadi. Beliau menjawab, "Yang panjang umurnya namun jelek amalnya." 
Baca juga : Doa Saat Melihat Musibah Lengkap Dengan Arab Latin dan Artinya.
Tidak hanya meminta panjang umur namun juga kita memohon sehat jiwa dan raga kita. Nikmat ini sangat penting. Dengan memiliki kesehatan maka banyak hal yang bisa dilakukan. Segala amalan bisa dengan lancar dikerjakan. Nyaman rasanya badan ini bila sehat. Duduk saja rasanya enak. Mau shalat dengan berdiri lama bisa. Membantu pekerjaan orang tua pun dengan mudah dilakukan. Bisa melakukan berbagai gerakan shalat dengan sempurna. Makan apa pun asalkan halal dan baik tetap terasa lezat. Hal ini tidak terjadi bila seseorang sakit. Kita bisa menikmati pentingnya sehat bila kita ingat sewaktu membaca doa menjenguk orang sakit . Baik itu menjenguk saudara, teman, rekan kerja atau pun tetangga. Melihat mereka terbaring tidak bisa melakukan banyak kegiatan dan aktivitas tentu menjadikan  hati kita merasa kasihan kepada si sakit. Hati kita pun akan lebih bersyukur ternyata sehat itu penting sekali.
Baca juga : Perbedaan Iblis Setan dan Jin .
Ada permohonan penting lainnya. Memohon kepada Allah Swt. untuk dilapangkan dan dimurahkan rezeki atau harta. Bila seseorang sudah panjang umurnya, sehat badannya, dan melimpah hartanya maka ia punya potensi untuk beramal shaleh lebih besar. Dengan harta orang akan bisa berzakat. Bisa berangkat haji serta umrah bersama keluarga tercinta. Kekayaan yang dimiliki juga bisa digunakan untuk menolong kesulitan yang dihadapi oleh orang lain. Bisa pula untuk membantu fakir miskin yang sedang membutuhkan. Bisa memberi beasiswa kepada anak-anak yang kesulitan untuk sekolah di pondok pesantren dan kuliah. Dapat pula membantu dan melancarkan kegiatan dakwah Islam seperti majelis taklim,  pengajian, TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran), dan sebagainya. Dalam hadits riwayat Muslim, Nabi Muhammad Saw. bersabda : "Barangsiapa yang meringankan dari seorang mukmin satu kesusahan dari kesusahan dunia, niscaya Allah akan meringankan darinya satu kesusahan dari kesusahan hari kiamat. Dan Barangsiapa yang memudahkan orang yang kesempitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Allah sentiasa menolong seseorang hamba selama mana hamba itu menolong saudaranya." Adanya harta sangat penting untuk kehidupan seorang muslim. Kita bisa memohon semua itu dengan membaca doa panjang umur sehat dan murah rezeki. Baiklah, teman-teman bisa menyimaknya.

DOA PANJANG UMUR SEHAT DAN  MURAH REZEKI YANG PERTAMA

Doa Panjang Umur Sehat dan Murah Rezeki

Latinnya :
ALLAHUMMA THAWWIL UMUURANA, WA SHAHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA TSABBITS IIMAANANAA, WA AHSIN A'MAALANAA, WA WASSI' ARZAQANAA, WA ILAL KHAIRI QARRIBNAA, WA 'ANISYSYARRI AB'IDNAA, WAQDHI HAWAA IJANAA FIDDIINI WADDUN YAA WAL AAKHIRATI INNAKA 'ALAA KULLI SYAI-IN QADIIR.

Artinya : 
Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Baca juga : Doa penutup majelis lengkap arab latin artinya.


DOA PANJANG UMUR SEHAT DAN  MURAH REZEKI YANG KEDUA

Doa Panjang Umur Sehat dan Murah Rezeki

Latinnya :
ALLAHUMMA AK TSIR MAALI, WA WALADII, WA BAARIKLII FIIMAA A’THAITANII WA ATHIL HAYAATII ‘ALAA THAA’ATIKA, WA AHSIN ‘AMALII WAGHFIR LII.
Artinya : 
Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

DOA PANJANG UMUR SEHAT DAN  MURAH REZEKI YANG KETIGA

Doa Panjang Umur Sehat dan Murah Rezeki

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAANAS ALUKA THUULAL ‘UMURI, BITHTHAA ‘ATI, WAKHTIM LANAA BIL A’MAALISH SHAALIHAH. 
Artinya : 
Ya Allah, kami mohon kepada-Mu umur yang panjang, umur yang selalu digunakan untuk taat kepada-Mu, dan akhirilah umur kami dengan perbuatan yang baik.

Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Di dalam doa di atas, juga ada permohonan untuk diperbanyak anak-anak. Bertambahnya anak bisa menjadi tambah pula kebaikan. Sebab anak-anak yang shaleh dan shalehah dapat mendoakan kedua orang tuanya. Dengan mendidik mereka maka kita sudah memiliki aset yang besar. Bisa menyelamatkan kita di akhirat nanti. Dalam doa panjang umur sehat dan murah rezeki terdapat pula permohonan keberkahan dan kebaikan baik dunia maupun akhirat. Tidak lupa di dalamnya mohon diampuni atas segala dosa yang diperbuat. 

Kita bisa membaca doa tersebut setelah shalat atau bahkan setiap waktu. Misalnya setelah adzan saat menunggu iqamah. Bisa juga tatkala bertepatan pada hari lahir seseorang atau sebagian orang menyebutnya saat berulang tahun. Hal itu lebih baik dari pada diisi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Baiklah, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian yang berbahagia. 
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Selamat Bahagia di Dunia dan Akhirat Lengkap Arab Latin serta Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Panjang Umur Sehat dan Murah Rezeki Lengkap Arab Latin dan Artinya