Apa Arti Tulisan Jazaakallah Khairan Katsiiraa Dalam Bahasa Arab ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Dalam kesempatan ini, saya mau bertanya kepada Bapak tentang arti tulisan jazaakallah khairan katsiiraa dalam bahasa arab. Saya sering mendengar lafazh tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk beberapa waktu yang lalu tatkala saya membantu mencarikan kunci sepeda motor milik teman yang hilang. Setelah menemukan di depan masjid lalu saya berikan kepadanya. Langsung ia mengatakan kepada saya " jazakallah khairan katsiiraa, ya !". Tidak hanya sekali ini saja. Tatkala saya naik bus antar kota, saya iba melihat seorang kakek yang gemetaran berjalan menuju tempat duduknya. Melihat hal itu saya langsung menuntunnya dan membantu membawakan barang miliknya. Setelah sampai di kursinya kakek tersebut juga mengucapkan lafazh " jazakallah khairan". Kemudian, di lain kesempatan saya juga mendengar seorang  dari teman adik saya yang wanita mengucapkan lafazh "jazakillah khairan katsiiraa". Di lain waktu juga saya mendengar lafazh "jazakumullah khairan katsiiraa". Mohon dijelaskan ya pak. Terima kasih sebelumnya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Anda termasuk orang yang beruntung. Dari cerita yang saudara sampaikan tadi sebetulnya bisa kita katakan itulah akhlak seorang muslim kepada saudaranya. Yaitu suka menolong saudaranya saat memerlukan. Siapa saja akan merasa senang bila dibantu urusannya. Semoga kita selalu bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Berkaitan dengan pertanyaan saudara tadi, kita lihat dahulu tulisan atau gambar dari lafazh jazakallah khairan katsiiraa di bawah ini :

Tulisan Jazaakallah Khairan Katsiiraa

Latinnya : JAZAAKALLAHU KHAIRAN KATSIIRAA.
Artinya : " Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak."

Pada inti dari kalimat tersebut adalah ucapan doa kepada orang lain. Tatkala kita mengucapkannya maka kita berdoa kepada Allah semoga orang tersebut diberi balasan kebaikan yang banyak. Hal ini diucapkan sebagai ucapan rasa terima kasih kepada seseorang yang telah memberi kebaikan kepada kita. Baik itu membantu urusan kita, menolong saat kita perlu pertolongan, maupun memberikan kemudahan yang lainnya. Kalau kita hanya mengucapkan kata "terima kasih" saja. Kita tidak mendoakan apa-apa dalam hal ini. Tetapi bila ditambah dengan lafazh di atas maka kita termasuk mendoakan kebaikan. Sungguh mulia ucapan ini bukan ? 
Mengenai lafazh lainnya seperti :


Latinnya : JAZAAKILLAHU KHAIRAN KATSIIRAA.
Artinya : " Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak."

Dengan penjelasan bahwa dalam artinya, "mu" di sini untuk wanita. Maka bila yang kita ucapkan doa itu adalah seorang muslimah maka lebih pas menggunakan lafazh ini. 
Sedangkan untuk lafazh :


Latinnya : JAZAAKUMULLLAHU KHAIRAN KATSIIRAA.
Artinya : " Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak."

Penjelasan dalam artinya bahwa "mu" di sini artinya untuk jumlah yang banyak atau jamak. Misalnya saja kita mengucapkan kepada lima orang. Karena kelima orang tersebut secara bersama-sama telah membantu urusan kita. Demikian semoga memberi bermanfaat. Wallahu a'lam.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Tulisan Jazaakallah Khairan Katsiiraa Dalam Bahasa Arab ?