Doa Naik Kendaraan Lengkap Arab Latin Arti dan Keutamaannya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Membaca doa naik kendaraan lengkap arab latin arti dan keutamaannya perlu sekali dijadikan kebiasaan setiap muslim. Sejak dahulu kala, manusia sudah mengenal yang namanya kendaraan. Ada juga yang menyebutnya dengan angkutan atau wahana. Semua memiliki pengertian sama yakni peralatan transportasi yang penting bagi manusia. Sebagian merupakan buatan manusia dan sebagiannya pula tidak dibuat oleh manusia.  Yang termasuk jenis buatan manusia antara lain mobil, bus, pesawat udara, kereta api, sepeda motor, kapal laut, sepeda, becak, gerobak, angkong, delman, cidomo , dan andong. Untuk kendaraan yang tak dibuat oleh manusia misalnya : unta, kuda, keledai, sapi, serta kerbau. Sebab semuanya adalah hewan. Jenis kendaraan yang dibuat manusia terbagi lagi menjadi dua. Yang menggunakan mesin dan yang tak menggunakan mesin bermotor. 
Hadirnya kendaraan bagi kita seorang muslim tentu harus disyukuri. Bila tidak ada kendaraan tentunya kita bila hendak pergi hanya dengan berjalan kaki saja. Persis seperti yang terjadi di zaman dahulu kala. Bila jaraknya dekat maka tidak menjadi masalah. Ringan saja. Namun, bila jaraknya jauh maka hal ini tentu sangat memberatkan. Bayangkan kalau jarak tempat bekerja kita 40 kilo meter. Apakah kita mesti berjalan sejauh itu? Apakah mampu dilalui? Hampir mustahil hal itu dilakukan. Termasuk juga ketika kita hendak pergi ke kampung halaman saat hari raya lebaran. Mudik misalnya. Tak tidak hanya itu, ditambah lagi dengan barang bawaan yang tidak sedikit. Padahal, jaraknya sekitar 210 kilo meter. Coba dibayangkan bila saat ini tak ada kendaraan apa pun. Amat sulit keadaan tersebut. Beruntunglah di era sekarang ini kendaraan sangat beraneka macam. Inovasi teknologi transportasi juga selalu meningkat. Tiap tahun kendaraan semakin canggih. Kendaraan yang banyak dan umum dipakai masyarakat di abad 21 ini adalah sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat terbang, kereta api, dan kapal laut. Untuk sepeda onthel kebanyakan dipakai untuk jarak yang tak terlalu jauh. Untuk jarak yang jauh sekali seperti lintas negara pada umumnya memakai pesawat terbang. Saat orang berangkat haji dan umrah , semuanya sudah naik pesawat. Dulu, jamaah haji memakai kapal laut. Bila pergi dengan jarak yang tidak terlalu jauh namun juga tak dekat maka memakai bus, mobil, kapal laut, dan kereta api. Tetapi kesemuanya tetap tergantung pada kemauan dan kebutuhan seseorang. Bisa saja ia naik bus hanya untuk menempuh perjalanan yang dekat. Bisa pula naik kapal laut untuk menempuh jarak yang amat jauh.
Kendaraan juga bisa dibagi menjadi darat, laut , dan udara. Dalam menaiki kendaraan kita tak ingin terjadi sesuatu yang tidak disukai. Misalnya saja terjadi kecelakaan, mesinnya rusak di perjalanan, ban bocor, dan hal lainnya. Kita berlindung dan memohon kepada Allah Swt. Hanya Dia yang Maha Penolong lagi Maha Pelindung. Setiap mengingingkan kelancaran, keselamatan , dan kemudahan dengan menikmati fasilitas transportasi ini. Kita juga hendaknya berhati-hati dalam berkendaraan. Patuhi peraturan lalu lintas di jalan. Gunakan helm untuk pengendara roda dua dan sabuk pengaman untuk kendaraan mobi. Ini adalah bentuk ikhtiar kita. Tidak boleh lupa untuk qanaah dan bersyukur atas nikmat transportasi. Salah satu cara kita bersyukur atas nikmat kendaraan ini ialah dengan membaca doa naik kendaraan . Adapun doanya yang lengkap adalah :
DOA NAIK KENDARAAN YANG PERTAMA

Doa Naik Kendaraan
Doa Naik Kendaraan Lengkap
Latinnya :
BISMILLAH, ALHAMDULILLAH, SUBHANALLADZI SAKH-KHORO LANAA HADZA WA MAA KUNNA  LAHU MUQRINIIN. WA INNA ILAA ROBBINA LAMUN-QOLIBUUN. ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH. ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR  SUBHAHAANA KALLAHUMMA INNI ZHALAMTU NAFSII FAGH FIRLII FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.
Artinya :
“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Maha Suci Engkau, ya Allah, Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Abu Dawud  dan At-Tirmidzi.
Baca pula : Hukum tajwid Surat Al-Hujurat ayat 12 Lengkap beserta penjelasannya.
Atau membaca :
DOA NAIK KENDARAAN YANG KEDUA

Doa Naik Kendaraan
Doa Naik Kendaraan
Latinnya :
SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUNG QALIBUUN.
Artinya :
" Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Atau membaca :
DOA NAIK KENDARAAN YANG KETIGA
Doa Naik Kendaraan
Doa Naik Kendaraan Lengkap 
Latinnya :
(saat menaikkan kaki di kendaraan)BISMILLAH, BISMILLAH, BISMILLAH
(ketika telah berada di kendaraan)ALHAMDULILLAH, SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUNG QALIBUUN, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, SUBHAANAKA INNI QAD ZHALAMTU NAFSII, FAGHFIRLII FA-INNAHU LAA YAGHFIRUDZ-DZUNUUBA ILLA ANTA.
Artinya :
(saat menaikkan kaki di kendaraan)"Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah"
(ketika telah berada di kendaraan)"Segala puji bagi Allah, Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini (kendaraan) bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzhalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."
Baca juga : Doa sebelum dan sesudah makan lengkap arab latin arti dan keutamaannya.
atau jika naik kendaraan laut :
DOA NAIK KENDARAAN LAUT
Doa Naik Kendaraan Laut
Doa Naik Kendaraan Lengkap 
Latinnya :
BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA RABBII LAGHAFUURUR RAHIIM.
Artinya :
"Dengan menyebut nama Allah yang menjalankan ini (kendaraan) berlayar dan juga berlabuh sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemaaf Lagi Maha Pengasih".

Kita bisa memakai salah satu dari macam-macam doa naik kendaraan lengkap arab latin arti dan keutamaanya di atas. Keutamaan dari membacanya yakni kita akan mendapat pahala yang melimpah. Allah Swt. pun meridhai aktivitas kita itu. Saya yakin setiap kita tidak lepas dari kendaraan. Apalagi, di zaman sekarang yang aktivitas manusia begitu padat. Tak hanya mereka yang ada di perkotaan. Di desa pun sama saja. Bahkan, jumlah pengguna kendaraan memiliki trend yang selalu naik dari tahun ke tahun. Hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia tidak lepas dari transportasi.  Maka penting sekali kita menghafal doa ini. Jika telah hafal maka tinggal mengamalkan di dalam kehidupan sehari-hari. Memahami artinya juga membantu untuk meresapi maknanya. Semoga tulisan ini bermanfaat. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Saat Melihat Bencana atau Musibah Lengkap Arab Latin Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Naik Kendaraan Lengkap Arab Latin Arti dan Keutamaannya