Apa Arti Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim Dari Bahasa Arab ?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh.

Dalam kesempatan yang baik ini, saya hendak bertanya tentang lafazh arti lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim yang berasal dari bahasa arab tersebut. Saya sering mendengar lafazh tersebut diucapkan. Terutama saat berdzikir. Bahkan saat kita merasa berat untuk melakukan sesuatu hal maka lafazh tersebut diucapkan guna meningkatkan keyakinan diri dan memohon pertolongan-Nya. Kalimat tersebut memang agak panjang tetapi mudah sekali dihafalkan karena begitu seringnya mendengarkan. Bahkan ketika bersilaturahmi ke beberapa rumah saudara dan teman, sering pula menjumpai tulisan kaligrafi dengan lafazh tersebut. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya ya Pak.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Memang lafazh tersebut tidaklah asing di indera dengar kita kaum muslimin. Sebagai contoh kalau kita hendak bepergian maka sebelumnya kita membaca doa keluar rumah . Pada lafazh doa tersebut terdapat sebagian lafazh yang saudara tanyakan. Baiklah, kita langsung saja simak dulu tulisan arab dari arti lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim di bawah ini.

Arti Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim Arab

Latinnya :
LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAHIL 'ALIYYIL 'AZHIIMI.

Memang ada sedikit perbedaan dalam penulisan latinnya dari yang anda tuliskan pada pertanyaan di atas. Namun, tidaklah jauh perbedaannya. Hanya saja kita mesti fokuskan di dalam penulisan bahasa arabnya ketika kita hendak membacanya. Selanjutnya, untuk arti dari lafazh di atas yakni :
" tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung ".
Makna dari lafazh ini sangatlah luar biasa. Bahwasannya kita yakin sekali bahwa kita manusia itu makhluk yang sangat lemah. Tidak memiliki kekuatan sedikit pun. Terkecuali semuanya atas pemberian Allah subhanahu wa ta'ala. Kalimat tersebut menjadi tanda seorang memiliki rasa tawakal kepada Allah. Segala urusan kita manusia diserahkan kepada-Nya. Manusia menyatakan dirinya tidak akan mampu menolak keburukan dan juga meraih kebaikan tanpa pertolongan-Nya. Tidak pula kita bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan terkecuali ditolong oleh Allah Swt. Kita yang ingin melaksanakan ketaatan pun sangat membutuhkan pertolongan dari-Nya. Demikian juga tatkala kita hendak menghindarkan diri dari kemaksiatan, kita sangat memerlukan pertolongan Allah Swt. Sampai di sini semoga penjelasan ini memberi manfaat. Wallahu a'lam.
Baca juga : Doa Bangun Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim Dari Bahasa Arab ?