Doa Bangun Tidur Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa bangun tidur lengkap arab latin dan artinya amat perlu kita pelajari. Teman-teman tentunya tiap hari melakukan tidur. Dalam siklus normal manusia, memang selama dua puluh empat jam ada waktu tidurnya. Apabila siklus ini dilanggar manusia maka akan muncul masalah dalam kesehatannya. Sejak berabad abad yang lalu manusia sudah menghabiskan sebagian hidupnya dengan tidur. Aktivitas ini merupakan bagian dari fitrah manusia.
Sebagai seorang muslim kita diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk selalu beribadah. Tidur ini sebetulnya juga bagian dari ibadah. Di dalam tubuh kita itu ada hak untuk beristirahat. Tidak boleh menggunakan tubuh untuk bekerja terus tanpa memperhatikan istirahatnya. Konon, istirahat yang terbaik adalah dengan tidur ini. Apalagi, tidur di malam hari. Dalam sebuah penelitian, tiap jam di malam hari itu beberapa organ tubuh sedang bekerja secara maksimal untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kalenjar getah bening melakukan pembuangan racun pada jam 9 hingga 11 malam. Organ hati melakukan pembuangan racun pada jam 11 malam hingga 1 dini hari. Organ paru-paru membuang racun-racun di dalam tubuh antara jam 1 hingga 3 pagi. Proses detoksifikasi atau pembersihan racun-racun di dalam tubuh tersebut akan optimal bila dalam kondisi tidur pulas. Maka waktu malam hendaknya dipakai untuk tidur.

Dalam aktivitas tidur ini, ternyata ada tata caranya atau adabnya. Salah satu adab yang terpenting ialah membaca doa tatkala kita bangun dari tidur. Di dalam blog ini, beberapa waktu yang lalu kita sudah pernah bahas doa sebelum tidur lengkap arabnya latin dan artinya. Kini saatnya kita membahas doa bangun tidur. Mengenai lafazhnya adalah sebagai berikut.

DOA YANG PERTAMA

Doa Bangun Tidur

Latinnya : 
ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA'DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR.
Artinya : 
"Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari.

DOA YANG KEDUA

Doa Bangun Tidur Lainnya

Latinnya : 
ALHAMDULLILLAHILLADZI ‘AAFAANII FII JASADII, WA RADDA ALAYYA RUHII, WA ADZINA LII BI DZIKRIH.
Artinya : 
" Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan mengembalikan ruhku kepadaku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya."
Doa ini bersumber dari hadits riwayat At-Tirmidzi.

DOA YANG KETIGA

Gambar Doa Bangun Tidur

Latinnya : 
LAA ILAHA ILLALLAAHU WAHDAHULAA SYARIIKALAHU, LAHUL MULKU, WA LAHULHAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI IN QADIIR. SUBHAANALLAAHI WAL HAMDULILLAAHI, WA LAA ILAHA ILLALLAAHU, WALLAAHU AKBAR. WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYYIL ‘ADZHIIM. RABBIGHFIRLII.
Artinya : 
" Tiada Tuhan yang haq selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang haq selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Wahai, Tuhanku! Ampunilah dosaku."

Kita bisa memilih diantara doa di atas. Memang yang paling terkenal adalah yang doa yang pertama. Tetapi yang kedua dan ketiga juga bisa kita baca. Bagus sekali bila kita berkenan untuk menghafalnya. Setiap kali kita bangun dari tidur maka kita tinggal melafazhkannya. Pembiasaan membaca doa ini hendaknya dimulai dari usia dini. Kita yang mungkin sudah masuk usia dewasa bahkan tua pun tidak terlambat untuk membacanya. 
Di dalam doa di atas, ada penegasan bahwa Allah Swt. sajalah yang membangunkan dari tidur. Dan Dia-lah pula yang membangkitkan nanti di hari kiamat. Segala puji bagi Allah. Ada juga pernyataan untuk selalu bersyukur kepada-Nya. Allah Swt. yang memberikan kesehatan sehingga kita bisa membaca doa ini. Doa pada hakikatnya juga bentuk dari dzikir atau mengingat Allah Swt. 

Di samping berdoa, penting pula untuk kita memperhatikan adab yang lainnya tatkala bangun tidur. Diantara adab-adab tersebut, antara lain :
1. Bangunlah tidur sebelum waktu shalat subuh. Dengan bangun lebih awal maka kita bisa berkesempatan untuk bisa melaksanakan shalat sunah tahajud. Kita bisa pula memiliki kesempatan untuk berdoa di waktu mustajab yakni di sepertiga malam akhir. Momen ini ada di setiap malam. Kita bisa berupaya agar bisa bangun tepat waktu seperti yang diharapkan. Salah satu cara atau tipsnya yakni dengan kita tidak tidur hingga larut malam. Jauhi, begadang bila memang tidak diperlukan sama sekali. Selanjutnya, mencoba untuk menyetel alarm handphone kita sehingga bisa bangun tepat waktu.
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
2. Setelah bangun tidur hendaknya duduk sejenak. Tidak lantas berdiri atau malah berjalan. Duduklah sejenak untuk menjaga keseimbangan tubuh. Barulah sesudah itu kita bisa berdiri dan berjalan menuju tempat yang dikehendaki.
3. Sedari bangun tidur, tekadkan dalam diri untuk melakukan amal shaleh sebanyak-banyaknya sepanjang hari itu. Termasuk pula untuk membuat tekad di dalam diri untuk menjauhi kemaksiatan atau dosa-dosa.
4. Jangan lupa untuk merapikan tempat tidur kita. Keindahan juga bagian dari akhlak mulia.
5. Cobalah pula membangunkan keluarga. Misalnya suami membangunkan istri dan anak. Atau seorang kakak membangunkan adiknya. Hal ini dilakukan agar semuanya tidak terlambat untuk bisa menuju ke masjid menjalankan shalat subuh secara berjamaah.
6. Sesegera mungkin mengambil air untuk wudhu. Boleh juga masuk ke WC atau kamar kecil untuk buang air kecil atau besar. Jangan lupa membaca doa masuk WC terlebih dahulu. 
7. Bagus pula bila kita melakukan shalat sunah di rumah sebelum pergi ke masjid. Namun, bila waktu sudah hampir iqamah maka sebaiknya bergegas menuju ke masjid.

Nah, akhirnya selesailah kita membahas doa bangun tidur secara lengkap. Di samping itu, kita juga telah membahas beberapa adab penting tatkala bangun dari tidur. Semoga Allah Swt. menolong kita untuk dapat beribadah dengan sebaik-baiknya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Baca juga : Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Bangun Tidur Lengkap Latin dan Artinya