Bagaimana Tulisan Arab dan Arti Aamiin Allahumma Aamiin ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya suka mengikuti pengajian di masjid yang dekat dengan rumah. Pengajiannya dilaksanakan secara rutin tiap pekan ada dua kali. Tepatnya di hari ahad pagi setelah shalat subuh dan yang kedua di malam jumat setelah isya. Ada hal yang perlu saya tanyakan. Seringkali saya mendengar ustadz atau penceramah pengajian di dalam materinya ceramah mengucapkan aamiin allahumma aamiin. Sesekali hanya mengatakan allahumma saja. Selanjutnya, jamaah peserta pengajian secara serentak menjawab dengan mengucapkan aamiin. Yang saya tanyakan bagaimana tulisan arab dan arti amiin allahumma amiin itu ? Terima kasih atas jawabannya ya Pak.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Kegiatan yang anda lakukan yakni mengikuti pengajian termasuk aktivitas yang sangat bagus. Langkah yang tepat sekali dilakukan agar kita bertambah ilmunya. Dengan ilmu inilah menjadi pintu untuk kita bisa melakukan berbagai ibadah dan amal shaleh lainnya. Misalnya saja, kita mesti belajar terlebih dahulu untuk tahu serta bisa membaca doa sesudah wudhu , doa masuk masjid , dan doa sholat istikharah. Masih banyak lagi contoh yang lainnya. Tentang akhlak juga misalnya. Bagaimana cara mendidik anak, bagaimana cara berbakti kepada kedua orang tua, bagaimana bertetangga yang baik, dan lain sebagainya. Begitu pula tentang tata cara shalat jenazah , shalat tarawih, shalat witir, shalat tahajud, dan shalat-shalat lainnya. Semuanya itu perlu ilmu. Maka apa yang anda kerjakan yakni rajin mengaji di masjid ini sebaiknya terus dilakukan. Bahkan kalau bisa ditingkatkan.

Berkaitan dengan pertanyaan anda yakni tulisan arab dan arti amiin allahumma amiin itu. Kali ini sebaiknya kita simak dahulu tulisan arabnya berikut ini.

Tulisan Arab dan Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Latinnya : AAMIIN ALLAHUMMA AAMIIN

Kemudian mengenai artinya, kurang lebihnya adalah kabulkanlah ya Allah kabulkanlah. Berdasarkan cerita anda tadi kadang sang penceramah hanya mengucapkan "allahumma" saja. Maka tulisan arabnya seperti ini :

allahumma

Artinya : Ya Allah.

Sedangkan, para jamaah hanya mengucapkan "amiin" saja. Maka tulisan arab dari lafazh tersebut yakni :

amiin

Artinya : Kabulkanlah.

Lafazh di atas semuanya memiliki pengertian yang erat kaitannya dengan doa. Memohon kepada Allah agar apa yang dimohonkan itu dikabulkan. Nah, demikian jawaban yang singkat ini. Semoga memberi manfaat bagi kehidupan. Wallahu a'lam.
Baca juga : Arti wukuf di dalam ibadah haji.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bagaimana Tulisan Arab dan Arti Aamiin Allahumma Aamiin ?