Bacaan Dua Kalimat Syahadat Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bacaan dua kalimat syahadat lengkap arab latin dan artinya merupakan hal yang amat penting. Tulisan syahadat memiliki makna dan fungsi yang luar biasa. Lima rukun Islam diawali dari kalimat syahadat. Selanjutnya, barulah shalat wajib, puasa, zakat, dan haji. Cara mengucapkan syahadat yang benar amatlah mudah tetapi tidaklah setiap orang mau melakukannya. Hanya orang-0rang yang mendapat hidayah dari Allah subhanahu wa ta'ala saja yang berkenan mengucapkannya. Setiap muslim sangatlah akrab dengan kalimat syahadat ini. 
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kalimat syahadat ini. Misalnya saja dari suara adzan tiap waktu shalat wajib seperti shalat subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya. Di kala kita mengerjakan shalat pun juga ada kalimat syahadat yang dibaca. Baik itu dalam shalat wajib maupun shalat sunah seperti shalat istikharah, shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajud dan lain sebagainya. Tepatnya pada saat membaca tasyahud atau tahiyat. Padahal, setiap hari kita mengerjakan shalat wajib. Terkecuali bagi para wanita yang yang sedang berhalangan. Belum lagi bila kita mengikuti pengajian atau kajian. Di awal ceramah, biasanya sang MC membuka acara dengan salam lalu bacaan hamdalah kemudian juga membaca kalimat syahadat. Para ustadz atau ustadzah yang menjadi nara sumber pun di awal ceramahnya juga sering mengucapkan kalimat syahadat. Tatkala seorang yang sebelumnya tidak beragama Islam kemudian ingin masuk ke dalam agama Islam maka ia wajib mengucapkan dua kalimat syahadat. Orang yang mengucapkannya akan mendapatkan pahala yang besar.  Jadi, sebetulnya sudah tidak asing lagi yang namanya kalimat syahadat ini bagi tiap muslim.

Namun, seringnya mendengar kalimat syahadat tidaklah mesti menjadikan orang tersebut mengetahui tulisannya. Demikian pula mereka yang membacanya pun juga belum tentu mengenal bagaimana tulisan syahadat yang benar. Padahal, hal ini juga amat penting. Mereka bisa membaca kalimat syahadat karena begitu seringnya mendengar kalimat tersebut. Karena banyak mendengar maka akan hafal dengan sendirinya. Bahkan sampai ke panjang pendeknya tiap huruf.  Pada kesempatan yang baik ini, kami akan sampaikan tulisan bacaan dua kalimat syahadat lengkap arab latin dan artinya untuk para pembaca yang berbahagia. Silakan disimak berikut ini.

Tulisan Dua Kalimat Syahadat

Latinnya :
ASYHADU ALAA ILAAHA ILLALLAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAH.
Artinya :
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah. dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah Rasul (utusan) Allah.

Ada pula yang mengartikan kalimat syahadat di atas dengan begini, aku bersaksi tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah. dan aku bersaksi sesungguhnya Nabi Muhammad itu adalah Rasul Allah. Pada hakikatnya pengertian tersebut sama saja. Di dalam dua kalimat syahadat tersebut setidaknya mengandung dua makna yang sangat penting. Pertama, pengakuan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah. Selain Allah tidak ada tuhan yang berhak disembah atau diibadahi. Yang kedua, pengakuan bahwa Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam adalah Rasul atau utusan Allah. Sudah tidak ada lagi keraguan atas kerasulan baginda Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam.
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Ali-Imran ayat 18, yang artinya : Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Maha Bijaksana. Kemudian juga di dala Surat Al-Ahzab ayat 45 yang artinya : Wahai Nabi! Sesungguhnya Kami mengutusmu untuk menjadi saksi, pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan. Dari dua ayat ini sangatlah jelas tentang dua kalimat syahadat itu sangatlah penting untuk kita ketahui dan amalkan. Demikian kajian kali ini, semoga menambah manfaat dan kebaikan bagi para pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca pula : Doa Ziarah Kubur Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bacaan Dua Kalimat Syahadat Lengkap Arab Latin dan Artinya