Isi Kandungan Surat Al-Lahab

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita sebagai seorang yang ingin meningkat kebaikannya maka perlu untuk selalu belajar. Kita hendaknya mau belajar tentang ilmu. Khususnya ilmu tentang agama. Seperti pada kali ini kita akan mempelajari isi kandungan Surat Al-Lahab. Sebuah surat yang sering dibaca oleh para imam dalam shalat berjamaah. Barangkali teman-teman sudah sangat sering membaca atau pun mendengar Surat Al-Lahab ini. 

Maka saya yakin teman-teman sudah hafal betul dengan Surat Al-Lahab tersebut. Bahkan sudah hafal di luar kepala. Surat ini termasuk dalam juz 30 di dalam Al-Quran. Sebelum kita membahas mengenai isi kandungannya maka sebaiknya kita simak terlebih dahulu suratnya berikut ini.

Isi Kandungan Surat Al-Lahab


arti atau terjemahannya yakni:

1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!

2. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).

4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).

5. Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.

Surat Al-Lahab juga sering menjadi materi hafalan anak-anak yang masih kecil. Tak sedikit dari mereka yang telah hafal dengan baik surat ini. Surat ini juga termasuk surat-surat pendek. Untuk lebih bisa mengambil pelajaran penting dari Surat Al-Lahab maka kita perlu mengetahui isi kandungannya. Berikut ini kita bisa simak isi kandungan dari Surat Al-Lahab.

1. Dalam surat ini telah diberitakan bahwa Abu Lahab benar-benar binasa. Ia mendapat kutukan sebagaimana yang ada di dalam Surat Al-Lahab. Nama Abu Lahab yang aslinya sebenarnya adalah Abdul Uzza bin Abdul Muthalib. Tetapi lebih dikenal dengan nama Abu Lahab.

2. Abu Lahab dan istrinya sangatlah membenci Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam. Tidak hanya membenci saja. Bahkan mereka sering mengganggu dan menyakiti Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam.

3. Pada Surat Al-Lahab ini memberitakan bahwa harta yang dimiliki Abu Lahab tidak akan memberi manfaat kepadanya. Di akhirat tidak akan mampu menolongnya dari siksaan yang pedih api neraka.

4. Tidak hanya Abu Lahab saja, istrinya pun akan menjadi penghuni neraka. Ia pun akan mendapatkan siksaan yang keras di neraka.

5. Surat Al-Lahab juga menjadi bukti tentang kenabian Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam.

Demikian pembahasan tentang isi kandungan dari Surat Al-Lahab ayat 1 sampai 5. Dengan mempelajari isi kandunganya maka kita diharapkan menjadi orang yang lebih baik lagi. Kita pun bisa mengambil pelajaran dari kisah Abu Lahab tersebut. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Isi Kandungan Surat Al-Lahab