Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 71 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Akan sangat tepat bila pagi hari ini kita belajar lagi mengenai hukum tajwid dari ayat-ayat Al-Quran. Tepatnya pada Surat Al-Anfal ayat 71. Perlunya kita bahas analisis tajwid atau hukum bacaanya secara lengkap karena kita ingin membacanya dengan tartil.

Baca Al-Quran dengan tartil menjadi suatu keharusan. Tiap kita yang ingin membacanya sudah semestinya bisa membaca secara tartil. Sesuai dengan kaidah yang benar. Teman-teman, saya mengajak semuanya untuk melihat analisis lengkapnya berikut ini.

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni:
1. Idgham bighunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf kha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah nun berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
8. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".
9. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
10. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf kaf. Cara membacanya dengan jelas.
11. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
12. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.
13. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah wau berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
14. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Idzhar sebab huruf mim berharakat dhamah tanwin bertemu huruf ha'. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
16. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.


Demikianlah penjelasan dari analisis hukum tajwid Surat Al-Anfal ayat 71. Mudah-mudahan ini memberikan manfaat kepada pembaca semua. Belajar terus kita lakukan sepanjang masa. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 71 Lengkap

0 comments:

Posting Komentar