Doa Saat Singgah Di Sebuah Tempat

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa ketika singgah di sebuah tempat yang asing atau baru perlu kita pelajari. Melakukan kegiatan ke luar rumah sudah menjadi hal biasa bagi banyak orang.  Di tambah lagi dengan kegiatan bepergian. Kadang tempat tujuannya dekat terkadang malah jauh sehingga menghabiskan waktu berhari-hari.  Maka singgah dalam sebuah tempat tertentu bukan hal yang jarang dilakukan. Ketika berwisata, study tour, family gathering, kunjungan industri serta travelling misalnya. Kita singgah pada sebuah tempat yang belum pernah kita ke situ atau juga sudah pernah sebelumnya. Bisa ke pantai yang indah, tempat bersejarah,  pegunungan, embung, danau, gunung, dan sebagainya. Anak sekolah atau para remaja yang akan melaksanakan kegiatan perkemahan dan out bond juga hendaknya membaca doa pendek ini. Kita diperintahkan berdoa memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala saat singgah di tempat itu. Lafaz doanya adalah sebagai berikut.

Doa Singgah Di Sebuah Tempat
Doa Saat Singgah Di Sebuah Tempat

A ‘UUDZU BIKALIMAA TILLAAHIT TAMMAATI MIN SYARRI MAA KHALAQ
Yang artinya :
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya."

Sumber doa di atas dari Hadits Riwayat Muslim, yakni : Diriwayatkan dari Sa'd bin Abi Waqqash radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Aku mendengar Khaulah binti Hakim al-Salamiyah radhiyallahu 'anha berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam  bersabda:
“Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: A'udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya) maka tak ada sesuatupun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut." (HR. Muslim)

Membahas kata singgah memang menyimpan setidaknya dua pengertian. Pertama, singgahnya itu hanya sementara saja. Yang kedua, singgah yang dimaksud untuk waktu yang lama. Keduanya dibenarkan. Kemudian di lafaz doa tersebut ada kalimat Allah Swt. yang sempurna. Maksudnya ialah Al Quran. Selanjutnya mengenai makna keburukan dari makhluk yang diciptakannya yaitu seluruh makhluk yang mempunyai potensi yang buruk kepada manusia seperti kita. Contohnya makhluk jin, manusia, hewan berbahaya, angin, halilintar, air, kayu, batu, dan segala bencana. Manfaat dari membaca doa ini adalah kita akan dilindungi dari segala hal-hal yang membahayakan. Tentu ini adalah harapan kita sebagai manusia yang lemah.

Begitu luar biasanya makna doa singgah di suatu tempat ini. Akan sangat merugi kalau kita tidak mengamalkannya. Semoga artikel di atas memberikan manfaat kepada para sahabat sekalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Saat Singgah Di Sebuah Tempat