Doa Masuk Rumah Lengkap Dengan Arab Arti dan Keutamaannya

Membaca doa masuk rumah lengkap arab latin dan keutamaannya sangatlah penting. Mengapa demikian? Hampir tiap hari kita masuk ke rumah. Setiap kita pergi beraktivitas tentu akhirnya pulang juga. Gak ada yang mau tidak pulang ke rumah. Meski rumahnya sederhana dan tak seindah kantor tempatnya bekerja. Memasuki rumah merupakan nikmat setelah kita sibuk dengan segala aktivitas di luar. Tiba dari bepergian tidak ada yang lebih enak dilakukan kecuali bertemu dengan keluarga dan istirahat di dalamnya. Kebahagiaan hidup salah satunya bila memiliki rumah yang menyenangkan. Tidak harus besar dan mewah. Rapi dan bersih menjadikan enak dipandang. Ditambah lagi para penghuninya yang baik akhlaknya. Nyaman dan tentram rasanya. Siapa pun menyukai hal ini. Sebagian orang menghabiskan waktu sebagian hidupnya di dalam rumah. Bahkan klo mau diprosentase, lebih dari 50 % kehidupan kita habiskan berada di rumah. Islam merupakan agama yang sangat sempurna. Tak ada aktivitas hidup yang tiada doanya. Terrmasuk dalam hal memasuki rumah kita. Jadi, tatkala kita masuk rumah mestinya berdoa sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Saw.

Doa Masuk Rumah Lengkap Dengan Arab, Arti, dan Keutamaannya
Doa Masuk Rumah


Latinnya :
Bismillaahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa’alallaahi rabbina tawakkalnaa.
Artinya :
Dengan nama Allah, kami masuk (ke rumah), dengan nama Allah, kami keluar (darinya) dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal.
Hendaknya saat masuk rumah kita dahulukan kaki kanan dulu. Tidak lupa juga untuk mengucapkan salam ketika mau masuk tempat tinggal kita. Misalnya " assalamu'alaikum warahmatullah". Atau yang lebih lengkapnya lagi, "assalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh". Jika hanya "assalamu'alaikum" saja juga tidak apa-apa. Tetapi lebih lengkap tentu akan lebih bagus dan sempurna. Sesuatu yang mudah dilakukan dan tidak ribet. Tentang perintah tersebut, terdapat dalam Al Quran Surat An-Nur ayat 61 yang artinya :
" Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu sendiri, Makan (bersama-sama mereka) di rumah kamu sendiri atau di rumah bapak-bapakmu, dirumah ibu-ibumu, di rumah saudara- saudaramu yang laki-laki, di rumah saudaramu yang perempuan, dirumah saudara bapakmu yang laki-laki, dirumah saudara bapakmu yang perempuan, di rumah saudara ibumu yang laki-laki, di rumah saudara ibumu yang perempuan, di rumah yang kamu miliki kuncinya atau di rumah kawan-kawanmu. tidak ada halangan bagi kamu Makan bersama-sama mereka atau sendirian. Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya."

Keutamaan dari doa masuk rumah yang kita baca, yakni kita selalu ingat akan Allah Swt. dan senantiasa terlindungi dari gangguan setan . Keutamaan dari membaca doa masuk rumah ini dijelaskan dari hadits riwayat Muslim, yang artinya : "Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.”

Amalan harian ini patut menjadi perhatian kita. Juga kepada anak-anak di rumah. Akan lebih baik pembiasaan itu dimulai saat usia anak-anak. Setiap doa yang kita panjatkan kehadirat Allah Swt. akan menambah kebaikan. Manfaat lain dari membaca doa masuk rumah yang kita baca, yakni kita selalu ingat akan Allah Swt.. Dan hidup kita akan semakin berkah dan bahagia. Oke, selamat dipraktekkan. Jangan lupa juga membaca doa yang lainnya.
Baca juga : Perbedaan Hadas dan Najis serta Cara Mensucikannya .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Masuk Rumah Lengkap Dengan Arab Arti dan Keutamaannya