Apa Amalan Istimewa di Bulan Sya'ban ?

Apa Amalan Istimewa di Bulan Sya'ban

Assalamualaikum wrwb.

Pak, sebentar lagi kita akan memasuki bulan syaban. Saya juga pernah mendengar bahwa di bulan tersebut disunahkan untuk melakukan puasa. Lantas, amalan apa yang istimewa di bulan tersebut? Terima kasih atas jawabannya.


Jawab :

Wassalamualaikum wrwb.

Seseorang yang memperhatikan waktu ibadahnya berarti ia memang termasuk orang yang ingin mendekatkan diri kepada Allah Swt. Setelah bulan sya'ban ialah bulan ramadhan. Di dalam bulan sya'ban sendiri ada amalan sunah yang istimewa diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. yaitu puasa sya'ban. Hal tersebut berdasar hadis Nabi Saw. yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim sebagai berikut :
“Terkadang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa beberapa hari sampai kami katakan, ‘Beliau tidak pernah tidak puasa, dan terkadang beliau tidak puasa terus, hingga kami katakan: Beliau tidak melakukan puasa. Dan saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan, saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering ketika di bulan Sya’ban.".
Jadi, kita bisa mengamalkan puasa sunah di bulan sya'ban. Mengenai cara melaksanakan puasa tersebut pada dasarnya tidak berbeda dengan puasa-puasa lainnya. 
Baca juga : doa sebelum tidur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Amalan Istimewa di Bulan Sya'ban ?