Apa Arti Qanaah dan Contohnya Dalam Kehidupan ?

Assalamualaikum warahmatullahi wabaarakatuh.

Saya seorang pelajar yang mau bertanya apa sih arti qanaah itu Pak ? Contoh dan manfaat hikmahnya apa dalam kehidupan kita sehari-hari? Adakah dalil naqlinya, ya Pak ? Sebetulnya sering sekali mendengar nasihat dari para ustadz tentang pentingnya sifat mulia ini. Akan tetapi, saya merasa belum cukup paham. Terima kasih atas penjelasannya ya Pak.

Jawab :

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Sebagai seorang pelajar muslim yang baik, belajar adalah tugas utama. Inilah langkah mereka yang ingin sukses. Terkadang orang menganggap keberuntungan acap kali identik dengan kekayaan harta. Semakin melimpah ruah harta maka ia semakin mulia dan beruntung. Sebaliknya, orang yang pas-pasan hidupnya dianggap sebagai orang yang kurang beruntung. Pandangan seperti ini perlu diluruskan. Sangat berkaitan sekali dengan apa yang saudara tanyakan. Qanaah adalah merasa rela dan cukup atas pemberian Allah Swt. Sikap ini dituntunkan juga oleh Nabi Muhammad Saw. 
Sebagai contohnya, Pak Ahmad seorang tukang tambal ban. Hasil yang ia peroleh tiap hari tidak pasti. Kadang banyak namun di hari yang lain mendapat pendapatan sedikit. Kadang dapat Rp 50.000, terkadang hanya memperoleh Rp 16.000,-. Menghadapi hal demikian, beliau tetap merasa cukup dan puas dengan rezeki yang diterimanya. Tidak ada rasa marah, iri dengan orang lain, dan tindakan tidak terpuji lainya. Kegiatan usahanya tetap dijalani sambil meningkatkan profesionalitasnya. Ibadah wajibnya juga tak ditinggalkan.
Manfaat dan hikmah dari qanaah ini, antara lain :
1. Hidupnya beruntung di dunia dan akhirat.
2. Sangat mudah untuk bersyukur atas nikmat Allah Swt.,sehingga akan ditambah nikmatnya.
3. Tidak gampang berhutang sehingga tidak menambah beban hidup.
4. Tenang dan tentram hatinya.
5. Imannya semakin kuat.
Dalil tentang sikap Qanaah ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim berikut. 

Dalil hadits sikap Qanaah

Bersumber dari Abdullah bin 'Amr, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Sungguh beruntung orang yang telah memeluk Islam, diberi rizki cukup, dan dikaruniai oleh Allah sifat qana’ah (suka menerima apa yang telah Allah karuniakan kepadanya).”
Nah, demikian jawaban singkat, semoga kita dikarunai sifat yang amat mulia ini.
Baca juga : Doa Sedang Mengalami Kesulitan Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Qanaah dan Contohnya Dalam Kehidupan ?