Bagaimana Tulisan Insya Allah yang Benar ?

Assalaamu‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Pak, saya mau bertanya tentang masalah tulisan text insya Allah itu. Banyak pembahasan artikel tentang hal ini. Sebetulnya yang benar bagaimana? Saya juga belum mengetahui tulisan arabnya. Kemudian arti dari kata itu apa? Adakah dalil dari Al Quran yang menyuruh kita untuk mengucapkannya, ya pak?  Terima kasih sebelumnya. 

Jawab :

Wassalaamu‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Memang kita sangat sering mendengar kata insya Allah ini. Hampir tiap hari mungkin tak ada yang absen dari kata tersebut. Keseharian kita sebagai muslim tidak lepas dari lafaz tersebut. Dari perbincangan bersama antar anggota keluarga , teman , guru di sekolah, rekan kerja, dan juga siapa saja. Bahkan ketika kita melihat tayangan media elektronik atau cetak, amat sering menjumpai kata tersebut. Artikel di media online pun tidak sedikit yang ada kata insya Allah. 
Akhir-akhir ini memang ada hal yang lagi hangat tentang penulisan kata insya Allah. Ada yang menulis dengan "inshaa Allah atau insyaaAllah atau insyaa Allah atau inshaaAllah atau inshaa Allah atau insyaallah atau insya Alloh". Menurut Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD memang umumnya ditulis insya Allah. Amat bermacam-macam. Sebelumnya kita lihat dulu tulisan aslinya dalam bahasa arab berikut :



yang berarti , " jika Allah menghendaki".

Kalimat tersebut merupakan penunjukkan syarat. Misalnya saja : Jika Allah menghendaki aku besok akan bertamu ke rumah kakek di kampung dan belajar tentang menanam jagung di sana. Mengenai penulisannya yang benar, menurut hemat kami, sepanjang pengucapannya sama dengan teks aslinya dalam bahasa arab dan tak ada pengubahan makna maka tidaklah mengapa dengan berbagai variasi tulisan tadi. Hal tersebut amat erat kaitannya dengan proses transliterasi dari bahasa arab ke bahasa yang lain.
Kata ini disebutkan dalam Al Quran surat Al-Kahfi ayat 23 -24 yang artinya adalah 
ayat 23 : dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi,
ayat 24:  kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah" dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan Katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini".
Tatkala kita akan melakukan sesuatu, kita diperintahkan oleh Allah Swt. untuk mengucapkan lafaz insya Allah ini terlebih dahulu. Apa yang akan terjadi besok pagi, siang , sore, maupun malamnya kita tidak pernah tahu. Bahkan satu detik ke depan pun kita juga tidak mampu untuk memastikannya apa yang akan terjadi. Apabila kita berencana maka amat penting untuk tidak meninggalkan amalan  ucapan tersebut. Bila mana tidak jadi sebuah acara atau kegiatan karena sesuatu hal yang tak disangka sebelumnya maka itu semua atas kehendak Allah azza wa jalla.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bagaimana Tulisan Insya Allah yang Benar ?