Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman yang berbahagia, kali ini kami admin blog poskajian mau membahas doa bercermin lengkap arab latin dan artinya. Harapan kami kita kaum muslimin dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin teman semua sudah sering melakukan pekerjaan bercermin ini. Bahkan itu sudah menjadi aktivitas rutin setiap hari. Tatkala kita selesai wudhu dan mau shalat maka kita bercermin terlebih dahulu. Hal ini supaya rambut dan pakaian kelihatan rapi. Menghadap seseorang manusia saja ingin rapi apalagi tatkalah beribadah shalat yang itu termasuk ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Tak hanya saat beribadah shalat, mau keluar rumah juga bercermin dulu sehingga terlihat rapi. Apalagi bagi kalangan remaja putri dan para wanita pada umumnya. Mereka cenderung lebih sering bercermin untuk melihat penampilan atau kondisi wajahnya. Ingin selalu tampil cantik dan menawan selalu dalam kesehariannya. Baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, semuanya juga bercermin. Hanya saja mungkin sering dan tidaknya berbeda antara satu sama lain. 

Cermin memang bukan barang yang baru di muka bumi ini. Menurut situs wikipedia yang berbahasa Indonesia, cermin yang dibuat paling awal adalah kepingan batu mengkilap seperti obsidian, sebuah kaca volkanik yang terbentuk secara alami. Cermin obsidian yang ditemukan di Anatolia (kini Turki), berumur sekitar 6000 SM. Cermin batu mengkilap dari Amerika tengah dan selatan berumur sekitar 2000 SM. Cermin dari tembaga yang mengkilap telah dibuat di Mesopotamia pada 4000 SM dan di Mesir purba pada 3000 SM. Di China, cermin dari perunggu dibuat pada 2000 SM. Untuk cermin kaca berlapis logam diciptakan di Sidon (kini menjadi wilayah Negara Lebanon) pada abad pertama M dan cermin kaca dengan sandaran dari daun emas disebutkan oleh seorang pengarang dari Romawi bernama Pliny dalam buku Natural History miliknya, yang dikarang sekitar tahun 77 M.  Orang Romawi juga mengembangkan teknik menciptakan cermin yang kasar dari kaca hembus yang dilapisi dengan timah yang dilelehkan.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
Kemudian untuk cermin parabola pantul pertama kali dideskripsikan oleh fisikawan dari Arab bernama Ibn Sahl pada abad 10. Ibn al-Haytham mendiskusikan cermin cembung dan cekung dalam geometri bola dan tabung, melakukan beberapa percobaan dengan cermin, dan menyelesaikan permasalahan menemukan titik di sebuah cermin cembung di mana sinar yang datang dari satu titik dipantulkan ke titik yang lain. Pada abad 11, cermin kaca yang jernih diproduksi di Al-Andalus. Selanjutnya, orang Eropa menyempurnakan metode melapisi kaca dengan amalgam timah-raksa. Baik tanggal serta lokasi penemuan itu masih belum diketahui, tetapi pada abad ke-16, Venesia, sebuah kota yang terkenal dengan keahilan membuat kaca, menjadi pusat produksi cermin dengan mempergunakan teknik ini. Cermin kaca dari periode itu dulunya merupakan barang mewah yang amat mahal. Lain dengan sekarang yang sangat mudah kita mendapatkannya dengan harga yang begitu murah sekali.
Pada periode awal sejarahnya, bahan cermin terbuat dari lembaran logam yang mengkilap. Umumnya menggunakan logam tembaga dan perak. Pada zaman modern ini, cermin dibuat dari lapisan tipis aluminium yang disalut dengan kaca. Hal ini sering dikenal sebagai back silvered atau sepuh belakang. Pada permukaan memantul dilihat melalui kepingan kaca. Pada bagian di belakangnya dicat dengan warna hitam seluruhnya guna melindungi logam dari proses pengikisan. Ada pula metode sepuh depan atau front silvered. Pada model tersebut permukaan pemantul diletakkan di permukaan kaca sehingga kualitas bayangan akan jauh lebih bagus.
Baca juga : Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Arab Latin dan Artinya.
Ada beberapa bentuk permukaan cermin. Setidaknya ada tiga jenis. Cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung. Pada cermin datar permukaannya rata sebagaimana garis lurus. Bayangan yang dibentuk sama persis dengan benda. Inilah yang umumnya dipakai oleh kita untuk bercermin sehari hari. Pada cermin cembung bayangan permukaan cermin berbentuk lengkung ke luar. Bayangan dari benda akan lebih kecil dari aslinya. Ini biasa dipakai sebagai cermin di kaca spion kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Sedang untuk cermin cekung, permukaannya lengkung teratur ke dalam. Bayangan yang dihasilkan akan lebih besar dari pada benda aslinya. Biasanya dipakai pada bagian dalam lampu senter, lampu mobil, lampu sepeda motor, dan lampu model sorot lainnya.
Baca pula : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Kita sebagai seorang muslim dalam bercermin hendaknya membaca doa. Hal ini agar kita dapat meraih pahala melimpah dari amalan sederhana ini. Konon dalam sehari semalam kita bercermin berkali-kali. Maka sangat penting untuk kita mengetahui lafazh doanya. Baiklah, setidaknya ada dua macam doa saat bercermin ini. Berikut ini silakan teman-teman menyimaknya.
DOA BERCERMIN PERTAMA

Doa Bercermin Lengkap

Latinnya :
ALLAHUMMA KAMAA HASSANTA KHALQII FAHASSIN KHULUQII
Artinya :
" Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku."

DOA BERCERMIN KEDUA

Doa Bercermin

Latinnya :
ALHAMDULILLAAHI KAMAA HASSANTA KHALQII FAHASSIN KHULUQII
Artinya :
"Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

Nah, itulah doa bercermin. Teman-teman bisa menggunakan yang pertama atau yang kedua. Atau bisa kedua-duanya. Sama saja. Perlu dimulai dari sekarang bila belum melakukannya. Sebuah kebiasaan yang baik perlu diawali dari diri kita. Pendek sekali lafazhnya. Pastinya akan super mudah bila menghafalnya. Setelah selesai dan sukses menghafal, langkah berikutnya ialah mulai mengajarkannya. Terutama kepada orang terdekat kita. Kita wajib mensyukuri nikmat Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah dianugerahkan-Nya. Wajah yang tampan, ganteng, cakep, cantik, indah adalah nikmat pemberian-Nya. Tidak semua memiliki wajah seperti kita. Manusia diciptakan dalam bentuk yang paling baik diantara makhluk lainnya. Hal ini sesuai firman Allah Subhanahu wa ta'ala di Surat At-tiin ayat 4 :
Al-Quran surat at-tiin ayat 4

Artinya :
" Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ."

Selain berdoa, ada adab lainnya saat bercermin. Diantaranya ialah :
1. Kita hadapkan wajah kita di depan cermin dengan selalu mengingati nikmat Allah Subhanahu wa ta'ala. Wajah yang kita miliki ini semata-mata atas kemurahan-Nya. Kita tidak bisa membuatnya sendiri.
2. Tidak diperkenankan untuk membanggakan diri kita. Apalagi menganggap kita lebih baik dari pada orang lain. Meski pun kita punya wajah yang cantik atau ganteng tetap saja tidak boleh menyombongkan diri. Semua hanyalah titipan dari-Nya.
3. Tidak berbicara sendiri maupun tertawa sendiri  tatkala di depan cermin. Lakukan bercermin sesederhana mungkin. Karena ada banyak urusan lainnya yang harus diselesaikan. Apalagi bila kita sedang ditunggu teman atau orang lain. Tak baik berlama-lama di depan cermin.

Akhirnya, sampai di sini dulu ya, teman-teman. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua. 
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa selamat lengkap arab latin artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya