Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 13 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Hujurat ayat 13 lengkap dengan latin penjelasan dan arti serta isi kandungannya. Kita mesti selalu belajar dalam hal tajwid ini. Sebab ini sangat penting. Dengan mengetahui tajwidnya maka kita akan bisa membaca Al-Quran dengan benar dan tepat. Baiklah, langsung saja kita bahas uraiannya berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Hujurat ayat 11 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Penjelasan rinci dari nomor-nomor di surat Al-Hujurat/ 49 ayat 13 di atas adalah :
1. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
2. Terdapat tiga hukum di sini. Pertama, alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Terdapat dua hukum di sini. Pertama, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
5. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
7. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf dzal.
Baca juga : Bacaan Shalawat Dalam Shalat Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
8.  Idgham bighunnah karena huruf ra berharakat kasrah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
9. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf tsa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf tsa.
10. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf tsa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf syin. Cara membacanya dengan jelas.
13. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf 'ain berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Idgham bighunnah karena huruf ba' berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
15. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
16. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf fa' berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
18. Ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
19. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.
20. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf dal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap ujung lidah hampir menyentuh pangkal dua buah gigi atas sesuai posisi makhraj dal.
21. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah dal berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
22. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23. Ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
24. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah nun berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
25. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. Idzhar sebab huruf mim berharakat dhamah tanwin bertemu huruf kha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
27. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Baca juga : Doa Naik Kendaraan Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

Kemudian untuk latin dari Surat Al-Hujurat Ayat 13 yakni :
YAA AYYUHANNAASU INNAA KHALAQNAAKUMMIN DZAKARIWWA UNTSAA WA JA'ALNAAKUM SYU'UU BAWWAQABAA-ILA LI TA'AARAFUU. INNA AKRAMAKUM 'INDALLAAHI ATQAAKUM INNALLAAHA 'ALIIMUN KHABIIR.

Selanjutnya, mengenai terjemah bahasa Indonesia atau arti dari Surat Al-Hujurat Ayat 13 ialah :
" Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal."

Isi kandungan dari Surat Al-Hujurat ayat 13 diantaranya :
1. Allah Swt. menciptakan manusia terdiri dari laki-laki dan perempuan.
2. Allah Swt. juga menjadikan manusia dalam berbagai bangsa dan suku supaya saling mengenal. Juga agar saling tolong menolong dan memberi kemaslahatan.
3. Orang yang paling mulia adalah yang paling bertaqwa kepada Allah Swt.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman dan para pembaca sekalian. Mohon maaf sekali bila mungkin kurang sempurna. Sampai bertemu lagi dalam pembahasan lainnya. Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Bacaan Doa Shalat Istikharah Jodoh Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 13 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya