Posisi Imam Dan Makmum Wanita Laki-laki Serta Anak-anak

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di hari yang berbahagia ini kami akan membahas tentang posisi imam dan makmum wanita laki-laki serta anak-anak di dalam shalat berjamaah. Banyak teman-teman yang amat memerlukan pengertian dan pemahaman dalam hal ini. Misalnya saja seorang suami istri mau menjalankan shalat berjamaah. Mereka tentunya meski paham bagaimana posisi sang suami sebagai imam dan istri sebagai makmum. Muncul juga permasalahan yang ditanyakan kepada kami. Terkait bagaimana cara mengisi shaf dalam shalat berjamaah. Ini terjadi tatkala sudah terlaksana shalat berjamaah. Namun, saat pelaksanaan sholat berjamaah tersebut di pertengahannya ada seorang makmum masbuk yang datang. Baik itu seorang atau beberapa orang makmum laki-laki maupun wanita.
Posisi antara imam dan makmum amat ditentukan oleh tiga hal, yaitu : jenis kelamin, jumlah, dan umur dari jamaah yang mengikuti shalat tersebut. Insya Allah, kita akan semuanya bahas di sini. Untuk lebih memahamkan para pembaca, berikut kami sajikan gambarnya. 

1. Posisi Imam dan Makmum Laki-laki

Posisi Imam dan Makmum Laki-laki

Penjelasan dari gambar di atas adalah
A. Posisi imam laki-laki dan satu orang makmum laki-laki.
Dari gambar tersebut dijelaskan untuk makmum satu orang laki-laki maka posisinya berada di samping kanan dari imam. Jadi, sebelah kiri adalah imam dan sebelah kanannya adalah makmum. Posisi imam agak maju sedikit. Hal ini untuk menghilangkan resiko jangan sampai makmum melewati batas posisi imam.
B. Posisi imam laki-laki dan dua orang makmum laki-laki.
Letak dua orang makmum laki-laki tepat di belakang imam. 
C. Posisi imam laki-laki dan tiga orang makmum laki-laki.
Imam letaknya di tengah. Apabila sebelumnya hanya ada dua orang makmum, maka cara mengisi shaf shalat berjamaah untuk makmum masbuk yang terlambat ada di bagian kanan. Supaya posisi imam pas berada di tengah-tengah ketiga makmum.
D. Posisi imam laki-laki dan empat makmum laki-laki.
Imam letaknya di tengah. Karena jumlah makmum genap maka bagian yang lebih banyak ada di samping kanan.
Baca juga : doa setelah adzan lengkap arab latin serta artinya.
E. Posisi imam laki-laki dan lima makmum laki-laki.
Posisi imam terletak di tengah-tengah para makmum. Jelas terlihat di sini bahwa sisi kanan dan kiri terlihat sama. Antara kiri dan kanan seimbang. Apabila ada makmum masbuk yang datang maka cara pengisian shafnya dari yang bagian kanan terlebih dahulu. Kemudian bagian kiri. Lalu bagian kanan kemudian kiri. Begitu seterusnya.

2. Posisi Imam Laki-laki dan Makmum Wanita.

Posisi Imam Laki-laki dan Makmum Wanita

Keterangan dari gambar di atas adalah :
F. Posisi imam laki-laki dan satu orang makmum wanita.
Makmum wanita berdiri tepat di belakang imam laki-laki.
G. Posisi imam laki-laki dan dua orang makmum wanita.
Posisi dua orang makmum wanita tepat di belakang imam laki-laki.
H. Posisi imam laki-laki dan tiga orang makmum wanita.
Imam tepat berada di tengah-tengah makmum. Kanan dan kiri seimbang.
I. Posisi imam laki-laki dan empat orang makmum wanita.
Letak empat orang makmum wanita berada di belakang imam. Karena jumlah makmum genap maka jumlah sisi kanan imam lebih banyak dari sisi kiri imam.
Baca juga : Hukum Tajwid Surat Al-Fatihah Lengkap.
J. Posisi imam laki-laki dan lima orang makmum wanita.
Posisi imam terletak tepat di tengah-tengah para makmum. Apabila ada makmum masbuk yang datang maka cara mengisi shafnya di bagian kanan terlebih dahulu. Kemudian mengisi di sebelah kiri. Lantas di bagian kanan lalu kiri. Dan seterusnya sampai penuh shafnya.

3. Posisi Imam Laki-laki Dengan Makmum Laki-Laki dan Wanita.

Posisi Imam Laki-laki Dengan Makmum Laki-Laki dan Wanita

Lanjutannya :

Imam Laki-laki Dengan Makmum Laki-Laki dan Wanita

Keterangan lengkap dari gambar di atas adalah :
K. Posisi imam laki-laki dengan makmum satu orang laki-laki dan satu orang wanita.
Posisi makmum laki-laki berada di samping kanan imam. Sedangkan makmum satu orang wanita berada persis di belakang imam.
L. Posisi imam laki-laki dengan makmum dua orang laki-laki dan satu orang wanita.
Posisi dua orang makmum laki-laki berada di belakang imam. Demikian juga untuk seorang makmum wanita berada di belakang makmum laki-laki dengan posisinya tepat lurus dengan posisi imam.
M. Posisi imam laki-laki dengan makmum tiga orang laki-laki dan satu orang wanita.
Posisi tiga orang makmum laki-laki tepat di belakang imam. Imam terletak persis berada di depan makmum laki-laki yang berdiri di tengah. Sedangkan seorang makmum wanita tepat berada di belakang makmum laki-laki. Posisinya lurus dengan imam.
Baca juga : Perbedaan Iblis Setan dan Jin Lengkap.
N. Posisi imam laki-laki dengan makmum empat orang laki-laki dan satu orang wanita.
Makmum laki-laki berada di belakang imam. Dikarenakan jumlahnya genap maka bagian sisi kanan imam lebih banyak dari pada yang kiri. Makmum wanita berdiri di belakang makmum laki-laki.
O. Posisi imam laki-laki dengan makmum lima orang laki-laki dan satu orang wanita.
Tepat dibelakang imam adalah lima orang makmum laki-laki tersebut. Antara bagian kanan dan kiri imam jumlahnya makmumnya seimbang atau sama. Apabila ada jamaah yang datang terlambat atau sebagai masbuk maka mengisi dulu di bagian yang kanan. Kemudian di bagian sisi kiri. Demikian seterusnya sampai satu shaf penuh. Sedang untuk makmum wanita yang berjumlah satu orang berdiri tepat di belakang makmum laki-laki. Posisinya tetap lurus dengan sang imam.
P. Posisi imam laki-laki dengan makmum lima orang laki-laki dan dua orang wanita.
Makmum laki-laki berada di belakang imam dengan sisi kanan dan kiri seimbang jumlah makmumnya. Sedang dua orang makmum wanita berada di belakang makmum laki-laki. 
Q. Posisi imam laki-laki dengan makmum lima orang laki-laki dan tiga orang wanita.
Makmum laki-laki berada di belakang imam. Sedang makmum wanita yang berjumlah tiga orang berada di belakang makmum laki-laki. Untuk shaf makmum wanita, antara sisi kanan dan kiri hendaknya seimbang. 
R. Posisi imam laki-laki dengan makmum lima orang laki-laki dan empat orang wanita.
Makmum laki-laki ada di belakang imam dan makmum wanita ada di belakang makmum laki-laki. Karena makmum wanita berjumlah genap maka jumlah jamaah sisi kanan lebih banyak dari sisi kiri. Dengan sebagai patokan adalah makmum wanita yang berdiri lurus dengan imam.
Baca juga : Bacaan takbiran hari raya lengkap arab latin serta artinya.
S. Posisi imam laki-laki dengan makmum lima orang laki-laki dan lima orang wanita.
Posisi makmum laki-laki berada di belakang imam dan makmum wanita di belakang makmum laki-laki. Antara sisi kanan dan kiri jumlah jamaahnya sama. Jika terdapat jamaah yang datang terlambat atau sebagai masbuk maka mengisi dulu di bagian yang kanan. Kemudian di bagian sisi kiri. Demikian seterusnya sampai satu shaf penuh. Baik ini jamaah laki-laki maupun wanita.

4. Posisi Imam Laki-laki Dengan Makmum Laki-Laki Dewasa, Anak Laki-laki, Wanita Dewasa, dan Anak-anak Wanita.

Posisi Imam Laki-laki Dengan Makmum Laki-Laki Dewasa, Anak Laki-laki, Wanita Dewasa, dan Anak-anak Wanita

Keterangan dari gambar tersebut ialah :
T. Posisi dari depan, pertama imam yang terletak di tengah. Kemudian di belakangnya makmum laki-laki. Selanjutnya, makmum anak-anak laki-laki. Berikutnya makmum anak-anak wanita. Yang paling belakang ialah makmum wanita dewasa. 

5. Posisi Imam Wanita Dengan Makmum Wanita.
Wanita hanya boleh menjadi imam bila jamaahnya wanita semua. Tidak diperbolehkan laki-laki diimami oleh wanita. Untuk lebih jelasnya silakan para pembaca memperhatikan gambar berikut.

Posisi Imam Wanita Dengan Makmum Wanita

Penjelasan lengkap dari gambar tersebut yakni :
U. Posisi imam wanita dan satu orang makmum wanita.
Makmum berada di sebelah kanan imam atau bersebelahan. Posisi imam hendaknya sedikit agak ke depan supaya jangan sampai makmum melewati batas imamnya.
V. Posisi imam wanita dan dua orang makmum wanita.
Imam wanita berada tepat di tengah-tengah barisan. Karena makmumnya berjumlah dua orang maka sisi kanan imam ada satu makmum wanita dan di sisi kiri imam ada satu makmum wanita juga. Posisi imam agak ke depan sedikit guna menghindari makmum melewati batas imam. Ini berlaku untuk jumlah makmum yang banyak sekalipun dalam satu shaf.
Baca juga : Doa lailatul qadr lengkap arab latin serta artinya.
W. Posisi imam wanita dan tiga orang makmum wanita.
Imam berada di tengah-tengah barisan atau shaf. Karena jumlah makmumnya ganjil yakni ada tiga orang maka yang berada di sebelah kanan imam dua orang sedang yang berada di kiri imam satu orang makmum saja.
X. Posisi imam wanita dan empat orang makmum wanita.
Imam berada di tengah-tengah barisan shalat. Disebabkan jumlah makmumnya genap maka sisi kiri dan kanan imam harus sama yakni masing-masing dua orang. 
Y. Posisi imam wanita dan lima orang makmum wanita.
Imam berada di tengah-tengah shaf. Jumlah sisi kanan lebih banyak dari sisi kiri karena jumlah makmumnya ganjil yakni lima orang. Sisi kanan tiga orang dan sisi kiri dua orang makmum. 
Z. Posisi imam wanita dengan makmum wanita dua shaf.
Imam wanita tetap di tengah-tengah shaf pertama. Kemudian makmum yang tidak cukup tempatnya di shaf pertama membentuk shaf yang kedua. Posisinya di belakang imam atau shaf pertama.

Nah, itulah pembahasan mengenai posisi imam dan makmum wanita laki-laki serta anak-anak di dalam shalat berjamaah. Semoga dengan hadirnya penjelasan ini akan memudahkan kaum muslimin memahami tata cara beribadah shalat berjamaah. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : doa shalat dhuha lengkap arab latin serta artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Posisi Imam Dan Makmum Wanita Laki-laki Serta Anak-anak