Doa Melepas Pakaian Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa melepas pakaian lengkap arab latin dan artinya  penting sekali kita baca di dalam kehiupan sehari-hari. Sebelumnya, di blog ini telah dibahas doa memakai pakaian biasa atau lama dan doa memakai pakaian baru. Menarik sekali pembahasannya. Pakaian sesuatu yang sangat akrab dalam kehidupan manusia. Orang sering menyebut pakaian dalam tiap pembicaraan mereka. Baik secara offline maupun melalui media online. Kata pakaian sering dikenal dengan kata busana. Kata tersebut asalnya dari bahasa sansekerta yakni bhusana. Hanya saja, kalau busana itu identik dengan pakaian yang indah, serasi, selaras, harmonis, enak dipandang serta sesuai dengan momen tertentu. 
Istilah lain dari pakaian antara lain fashion, kostum, dan clothing. Fashion berkaitan dengan pakaian yang sesuai dengan mode kekinian. Mode yang sedang disukai pada zaman sekarang. Kostum lebih kepada jenis pakaian yang menunjukkan kekhasan. Misalnya kedaerahan, keagamaan, tradisional, dan lain-lain. Sedangkan clothing menunjukkan pakaian yang dikenakan pada suatu musim atau cuaca tertentu. Misalnya saja musim dingin, musim panas, musim kemarau, dan musim hujan.
Pakaian memiliki berbagai fungsi. Bagi seorang muslim, pakaian memiliki fungsi utama yakni untuk menutup auratnya. Sebab menutup aurat ini adalah perintah Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka menjadi sebuah kewajiban yang harus ditunaikan dengan baik. Membuka aurat menjadikan seseorang mendapat dosa. Bahkan, menutup aurat  ini adalah bagian dari syarat sah sebuah ibadah. Misalnya saja dalam shalat wajib, shalat dhuha, shalat tahajud , shalat istikharah, shalat gerhana, haji dan umrah. 
Di samping itu, ternyata banyak pula manfaat lainnya. Diantaranya :
1. Melindungi tubuh dari gangguan.
Menutup aurat sendiri sebetulnya akan melindungi seseorang dari gangguan manusia lain. Orang-orang jahat selalu mengincar aurat seorang wanita. Maka pentingnya menutup aurat secara sempurna tatkala bepergian keluar rumah. Di samping itu, panasnya matahari menjadikan kulit serasa tersengat. Panas sekali rasanya. Apalagi di saat tengah hari. Dengan berpakaian maka kulit akan terlindungi. Begitu pula kala udara sangat dingin. Pakaian bisa menjadi solusi sederhana untuk menjadikan badan hangat dan terlindungi dari kedinginan. Di daerah yang  sedang musim dingin bahkan penduduknya mengenakan pakaian amat tebal yang khusus bahannya. Demi terhindar dari kedinginan. Pakaian pun berguna dalam perlindungan dari gangguan hewan. Misalnya saja nyamuk. Tatkala sebelum tidur, biasa orang menggunakan baju tidur untuk mencegah dari gigitan nyamuk. Demikian pula jika seseorang petani atau pekebun yang sedang bekerja di ladang atau sawahnya. 
2. Mengurangi atau menutupi kekurangan.
Mereka yang, mohon maaf, tubuhnya terlalu kurus maka mengenakan baju yang krahnya sempit. Untuk mereka yang berbadan agak gemuk, biasanya mereka memilih warna gelap. Misalnya saja warna hitam , biru tua dan coklat tua. 
3. Menjadikan lebih percaya diri.
Terutama mereka yang berprofesi yang mengharuskan untuk berhadapan dengan banyak orang. Mengenakan pakaian yang rapi dan sopan sangat ditekankan. Kebersihan pakaian juga menjadi hal yang sangat utama. Pemilihan warna dan corak pun penting untuk diperhatikan. 
4. Menjadi sarana media informasi dan pengenalan.
Apabila kita melihat di suatu kantor atau instansi ada seorang yang mengenakan pakaian seragam lengkap tentu kita akan mendapat informasi bahwa di tempat tersebut ada satpamnya. Tatkala kita menjenguk orang sakit di sebuah klinik rawat inap, kita dapat mengenal atau memiliki informasi bahwa orang yang berseragam perawat itu adalah sang petugas medis. Demikian juga di sekolah, adanya seragam guru dan murid menjadikan orang lain paham tentang orang yang menjadi guru dan muridnya.
5. Menjadi identitas daerah tertentu.
Pakaian adat Yogyakarta memiki kekhasan tersendiri. Berbeda dengan daerah lain seperti Betawi, Batak, Sulawesi, Bali, dan Maluku. 
Baca juga : Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Memiliki pakaian adalah bagian dari nikmat pemberian Allah Swt. Mengenakan pakaian juga termasuk nikmat yang perlu sekali kita untuk mensyukurinya. Cara besyukur dalam hal ini ada berbagai macam. Misalnya saja kita menyebut dan memuji Allah Swt. Kemudian kita membaca doa. Termasuk pula membaca doa melepas pakaian. Bacaan doa tersebut sudah diajarkan di TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran), TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), MI (Madrasah Ibtidaiyah). Melepas pakaian merupakan rutinitas sehari-hari. Bisa berkali kali kita melakukannya dalam 24 jam. Misalnya saja saat kita mau mandi. Atau pula mau ganti pakaian yang lebih baik karena hendak pergi shalat berjamaah di masjid. Bisa juga pada saat sebelum tidur. Mengenai lafazhnya ialah :

Doa Melepas Pakaian

Latinnya :
BISMILLAHILLADZII LAA ILAHA ILLA HUWA.
Artinya:
"Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya."

Cukup pendek doanya. Anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang sudah tua, insya Allah, tidak akan merasa kesulitan untuk menghafalnya. Dengan kita membiasakan untuk membaca doa ini, maka lama kelamaan akan bisa hafal dengan sendirinya. Saya rasa tidak perlu untuk meluangkan waktu khusus untuk menghafal doa tersebut. Tetapi, kalau misalnya teman-teman ada waktu yang luang atau malah berkenan meluangkan waktunya untuk menghafalnya itu akan lebih baik. Tentu saja akan lebih cepat hafal. Setelah sudah hafal, tinggal kita mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang paling penting. Banyak yang lupa ketika membaca doa melepas pakaian. Perlunya pembiasaan untuk bisa disiplin mengamalkannya. Akan lebih baik bila pembiasaan itu dilakukan semenjak anak-anak. Dilakukan sedini mungkin akan semakin baik. Semoga bermanfaat artikel ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Macam-macam Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Melepas Pakaian Lengkap Arab Latin dan Artinya