Doa Mohon Dijadikan Hamba Yang Bersyukur Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita perlu sekali membaca doa mohon dijadikan hamba yang bersyukur lengkap arab latin dan artinya. Doa ini bisa disebut pula sebagai doa agar pandai bersyukur. Teman-teman tentu saja sudah sering mendengar ajakan untuk mensyukuri segala sesuatu. Mungkin nasihat atau ajakan kebaikan tersebut sudah kita dengar pertama kali semenjak kita masih kecil. Di kala kita masih imut-imut. Masih balita dan kemana-mana selalu dituntun tangannya oleh sang ibu, ayah, kakak atau saudara dekat lainnya. Suatu nasihat yang amat baik dan menumbuhkan semangat kemuliaan hidup. Apalagi, kita saat itu sangat memerlukan pendidikan dari keluarga tercinta.

Syukur merupakan perkara penting dalam kehidupan ini. Orang bersyukur adalah ia berterima kasih kepada Allah Suhanahu wa ta'ala atas limpahan nikmat yang tiada mampu manusia menghitungnya. Memang di dunia ini kita tidak bisa menghitung seluruh nikmat yang diberikan kepada kita. Bukannya kita tidak bisa ilmu berhitung atau tidak bisa menguasai ilmu matematika. Namun, karena kita memahami bahwa jumlah nikmat yang kita terima itu amatlah besar dan banyak sekali. Sehingga bila kita hendak menghitungnya maka kita akan kesulitan sendiri. Kita hanya bisa meneteskan air mata bila melihat kemurahan yang diberikan Allah Swt. Sangat sombong bila ada orang yang menyepelekan nikmat-nikmat Allah Swt. itu. 

Bayangkan saja semenjak kita lahir sampai usia kita saat ini. Mungkin para pembaca saat ini ada yang usianya sudah 15 tahun, 17 tahun, 20 tahun, 25 tahun, 30 tahun, 40 tahun, 50 tahun, atau 60 tahun. Atau bahkan lebih dari itu. Memang usia manusia umat Nabi Muhammad Saw. itu umumnya sekitar enam puluh tahun maksimal. Tetapi tidak sedikit yang lebih dari itu. Bahkan di Indonesia ini di setiap propinsi ada yang namanya rata-rata usia harapan hidup. Atau sering pula disebut angka harapan hidup. Namun, berapa pun usia kita saat ini, yang terpenting kembali bagaimana kita mensyukuri atas nikmat umur ini. Sampai pada umur kita sekarang, berapa banyak udara atau oksigen yang telah kita hirup? Umumnya bagi tiap manusia bila ia sekali nafas maka ia menghirup setengah liter udara. Bila dalam satu menit saja kita menghirup udara selama dua puluh kali maka sudah sepuluh liter jumlah yang kita hirup semuanya. Maka dalam sehari atau selama dua puluh empat jam kita menghirup udara sekitar 14.400 liter. Itu baru satu hari. Bayangkan bila satu pekan, satu bulan, dan satu tahun. Padahal, kita tidak pernah istirahat atau berhenti sejenak bernapas. Bagaimana kalau misalkan kita disuruh membayar atas udara yang kita hirup itu? Mampukah gaji atau penghasilan kita untuk membayarnya? Saya yakin kita tak akan mampu. Saat setelah kita membaca doa menjenguk orang sakit di rumah sakit, kita bisa bertanya kepada perawat atau dokter tentang berapa harga oksigen yang harus dibayar pasien. 

Di dalam tubuh manusia pun terdiri dari banyak organ penting. Ada jantung, hati, paru-paru, ginjal, lambung, usus, dan lain-lain. Seluruh organ tubuh itu tidak berhenti beraktivitas selama manusia masih hidup di dunia ini. Bahkan meski manusia itu sedang tidur nyenyak sekali pun. Jantung misalnya. Organ ini bertugas memompa darah untuk dapat mengalir ke seluruh tubuh. Orang yang hidup ditandai ada denyut nadi yang berarti darahnya mengalir ke seluruh tubuh dari kepala sampai kaki. Lambung juga memiliki fungsi yang amat penting. Lambung mencerna makanan yang masuk melalui mulut kita. Tidak lupa kita pun membaca doa sebelum dan sesudah makan juga, kan? Kita tidak pernah mengkoordinasikan tugas untuk seluruh organ tubuh kita. Tetapi semuanya berjalan seolah-olah otomatis. Padahal, Allah Swt. yang Maha Kuasa sajalah yang menggerakkan dan mengatur semuanya itu. Semuanya gratis. Tidak pernah kita disuruh untuk membayar barang sedikit pun. Demikian pula dengan tangan, kaki, mata, telinga, mulut, dan hidung kita. Semuanya juga termasuk karunia Allah yang mesti disyukuri. 

Banyak orang lupa tentang pentingnya kesehatan. Tetapi, tatkala orang tersebut sedang sakit biasanya akan ingat betapa pentingnya nikmat sehat itu. Bahkan, saat sembuh dari sakitnya. Ada pula yang lupa bersyukur atas kesembuhan yang diperoleh. Memang manusia itu lemah dan mudah lupa. Kita sangat perlu dengan pertolongan Allah Swt. Maka penting sekali untuk kita selalu membaca doa mohon dijadikan hamba yang bersyukur. Mengenai lafazh doanya ialah sebagai berikut.

DOA BERSYUKUR PERTAMA

Doa Mohon Dijadikan Hamba Yang Bersyukur

Latinnya:
ALLAHUMMA A’INNII ‘ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBAADATIKA
Artinya:
" Ya Allah, tolonglah aku untuk menjadi hamba yang selalu ingat kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu”. 

DOA BERSYUKUR KEDUA

Doa Agar Pandai Bersyukur

Latinnya:
ALLAHUMMAJ’ALNII  A’ZHAMA SYUKRIKA WA AKTSARA DZIKRIKA WATTABA’A NASHII HATIKA WA AHFAZHA WA SHIYYATIKA.
Artinya:
" Ya Allah, jadikanlah kami hamba yang banyak bersyukur, banyak berdzikir, mengikuti nasehatmu dan menjaga wasiyatmu."

DOA BERSYUKUR KETIGA

Doa Bersyukur Lengkap Arab Latin dan Artinya

Latinnya:
RABBI AUZI’NII AN ASYKURA NI'MATAKALLATII AN 'AMTA 'ALAYYA WA 'ALAA WAALIDAYYA WA AN A'MALA SHAALIHAN TARDHAAHU WA ADKHILNII BIRAHMATIKA FII 'IBAA DIKASHSHALIHIIN
Artinya:
"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku, dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhai  dan masukkanlah aku dengan rahmat Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh". 
Doa ini diambil dari Al-Quran Surat An-Naml ayat 19. Doa tersebut sebagaimana yang dilafazhkan oleh Nabi Sulaiman alaihi salam.

DOA BERSYUKUR KEEMPAT

Doa Mohon Dijadikan Hamba Yang Bersyukur

Latinnya:
RABBI AUZI'NII AN ASYKURA NI'MATAKALLATII AN 'AMTA 'ALAYYA WA 'ALAA WAALIDAYYA WA AN A'MALA SHAALIHAN TARDHAAHU WA ASHLIH LII FII DZURRIYATII INNI TUBTU ILAIKA WA INNI MINAL MUSLIMIIN.
Artinya:
" Ya Tuhanku, tunjukkilah aku untuk mensyukuri nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada ibu bapakku, dan  supaya aku dapat mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhai, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri."
Doa ini diambil dari Al-Quran Surat Al-Ahqaf ayat 15.

Di dalam momen-momen penting kita bisa membaca doa mohon dijadikan hamba yang bersyukur di atas. Misalnya sesudah mengerjakan shalat wajib lima waktu. Juga tatkala kita diminta membacakan doa dalam suatu acara tertentu. Misalnya: perpisahan anak sekolah, pernikahan, syukuran atas keberhasilan, dan lain sebagainya. Semakin banyak berdoa akan semakin baik.  Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Mohon Dijadikan Hamba Yang Bersyukur Lengkap Arab Latin dan Artinya