Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 148 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada momen yang bagus ini kita akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-Baqarah ayat 148 lengkap dengan penjelasannya. Teman-teman tentunya sudah mengetahui bahwa membaca Al-Quran itu sangat penting. Dalam tiap huruf yang kita baca akan diberikan pahala. Semestinya kita bisa merutinkan membaca Al-Quran. Supaya bacaan Al-Quran kita bisa benar atau tartil maka perlu untuk belajar tentang ilmu tajwid. Baiklah, mari kita langsung menyimak hukum-hukum tajwidnya di bawah ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 148

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni :
1. Idgham bighunnah karena huruf lam berharakat kasrah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
2. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
3. Idzhar sebab huruf ta berharakat dhamah tanwin bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Melepas Pakaian Lengkap Arab Latin dan Artinya.
5. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf kha. Dibaca secara jelas.
7. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
8. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
9. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
10. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah mim berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
14. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Mad 'iwadh karena 'ain berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
Baca pula : Bacaan Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
16. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
17. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah nun berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
18. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
20. Ikhfa karena huruf hamzah berharakat kasrah tanwin bertemu huruf qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".
21. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Sebetulnya, belajar membaca Al-Quran merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Tinggal kemasannya saja yang perlu diperbaiki bila ada seorang anak yang kurang berminat untuk belajar. Kita bisa saksikan dimana mana ada yang namanya Taman Pendidikan Al-Quran. Biasanya bertempat di masjid. Anak-anak suka mengikutinya karena memang di sana pengajarnya menggunakan metode yang menarik. Sebagai orang tua pun hendaknya memberikan motivasi untuk putra putrinya agar selalu membaca Al-Quran. Sampai di sini dulu, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca pula : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 148 Lengkap Dengan Penjelasannya