Bagaimana Jawaban Jazaakallah Khairan Katsiiraa ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya hendak bertanya tentang bagaimana jawaban jazaakallah khairan katsiiraa itu. Dalam pergaulan saya sehari-hari saya sering mendapatkan ucapan tersebut dari orang lain. Saat saya di kampus misalnya. Tatkala saya membantu membawakan buku milik teman sekelas, setelah meletakkan bukunya, teman saya itu mengucapkan lafazh tersebut. Demikian pula ketika saya di masjid. Saat pulang dari masjid, sepeda motor salah satu jamaah bannya bocor. Padahal, ia seorang yang sudah berusia senja. Untuk menuntun motornya ke bengkel sepeda motor terdekat rasanya terlalu berat. Maka saya berinisiatif untuk menolong membawakan sepeda motor orang tersebut. Setelah sampai di bengkel bapat tua tersebut menyampaikan terima kasih dan mengucapkan lafazh jazaakallah khairan katsiraa. Beberapa kesempatan lainnya juga pernah juga saya mendengar ucapan seperti itu. Sebab saya tidak tahu bagaimana menjawabnya maka saya hanya diam dan senyum saja. Terima kasih atas jawabannya. Mohon diberi penjelasan juga tentang artinya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saudara termasuk orang yang baik. Suka menolong kepada saudaranya yang memerlukan. Tidak sedikit orang di zaman modern ini hanya memikirkan kepentingan pribadinya saja. Namun, anda bersikap sebaliknya. Anda senang menolong dan berbuat kebaikan kepada orang lain. Tentu saja kebaikan yang anda lakukan itu akan berbuah kebaikan pula. Insya Allah , anda akan mendapatkan kebaikan lebih banyak lagi dan pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala. 
Mengenai pertanyaan anda tentang bagaimana jawaban jazaakallah khairan katsiiraa sangatlah bagus. Memang lafazh tersebut amat sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Anda sangatlah peka. Sehingga hal ini ditanyakan. Memang salah satu obat dari ketidak tahuan ialah dengan berani bertanya.  Ada beberapa kalimat yang semakna dengan jazaakallah khairan katsiiraa, yakni :
1. Jazaakumullahu khairan katsiiraa artinya semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak ( mu = kamu sekalian/ banyak orang).
2. Jazaakallahu khairan katsiiraa artinya semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak ( mu = laki-laki).
3. Jazaakillahu khairan katsiiraa artinya semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak ( mu = perempuan).

Nah, untuk jawaban dari lafazh tersebut adalah :
untuk yang pertama :

Jawaban Jazaakallah Khairan Katsiiraa

Latinnya : wa iyyakum
Artinya : dan kepadamu juga.

untuk yang kedua dijawab dengan,

wa iyyaka

Latinnya : wa iyyaka
Artinya : dan kepadamu juga.

untuk yang ketiga dijawab dengan,

wa iyyaki

Latinnya : wa iyyaki
Artinya : dan kepadamu juga.

Namun demikian, ada yang menjawab dengan amiin yang artinya kabulkanlah. Ada pula yang menjawab dengan lafazh sebagai berikut :
Pertama,

wa jazaakumullahu khairan katsiiraa

Latinnya : wa jazaakumullahu khairan katsiiraa.
artinya : dan semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak.

Kedua,

wa jazaakallahu khairan katsiiraa

Latinnya : wa jazaakallahu khairan katsiiraa.
Artinya : dan semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak.

Ketiga,

Wa Jazaakillah Khairan Katsiiraa

Latinnya : wa jazaakillahu khairan katsiiraa.
Artinya : dan semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak.

Kita bisa mengambil pilihan cara menjawabnya dari yang ada. Demikian semoga bermanfaat jawaban kami. Wallahu a'lam.
Baca juga : Tata Cara Shalat Jenazah dan Keutamaanya Lengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bagaimana Jawaban Jazaakallah Khairan Katsiiraa ?