Doa Sujud Tilawah Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bacaan doa sujud tilawah lengkap latin dan artinya amatlah penting untuk kita ketahui. Ada tata caranya dalam melakukan sujud ini. Bisa dilakukan di dalam shalat maupun di luar shalat. Hukum melakukannya ialah sunat. Sujud ini amat berkaitan dengan bacaan Al-Quran. Kita ketahui bahwa Al-Quran merupakan kitab suci kaum muslimin. Al-Quran juga termasuk mukjizat Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah Nabi dan Rasul yang paling akhir. Setelahnya sudah tidak ada lagi Nabi dan Rasul yang diturunkan ke bumi ini. Di dalam Al-Quran terdapat 30 juz dan 114 surat. Dari Surat Al-Fatihah hingga terakhir Surat An-Naas. Sudah seharusnya sebagai seorang muslim kita membacanya setiap hari. Inilah gaya hidup yang baik dan sebagai salah satu ciri seorang yang shaleh dalam kehidupannya. Para ulama salaf pun telah mencotohkan bagaimana mencintai Al-Quran.

Namun, sebelum seseorang membaca Al-Quran maka terlebih dahulu ia mesti bisa membacanya. Al-Quran tertulis dalam bahasa Arab. Meskipun mungkin banyak dari kita yang belum bisa berbahasa Arab. Tetapi kita bisa dengan mudah mempelajari cara membaca Al-Quran. Langkah pertama tentu kita kenali dahulu huruf-huruf hijaiyah, misalnya kita mengenali huruf alif, ba, tsa, jim, ha, kha, dal dan seterusnya. Kemudian tatkala huruf-huruf tersebut diberi harakat maka bunyinya akan berubah. Ada beberapa harakat. Ada fathah, kasrah, dhamah, sukun, fathah tanwin, kasrah tanwin, dhamah tanwin. Kemudian ketika sudah menguasai betul pengucapan huruf yang diharakati. Selanjutnya mempelajari panjang pendeknya suatu huruf dalam bacaan. Ada mad asli atau mad thabii. Lalu ada mas 'iwadh, mad wajib muttashil, mad jaiz munfasil, mad badal, mad shilah qashirah, mad shilah thawilah, dan lain sebagainya. Ilmu tentang cara membaca Al-Quran yang benar dan baik ini disebut ilmu tajwid. Di era sekarang ini, sudah banyak muncul berbagai metode yang dirancang supaya seseorang bisa dengan mudah membaca Al-Quran dengan benar. Dengan sejumlah kelebihan dan kekurangan tiap metode yang ada, hal ini sudah sangat membantu kita yang ingin bisa membaca Al-Quran. Tinggal kita hendak memilih jenis metode yang dirasa cocok dan lebih mudah. Perkembangan teknologi pun menjadikan semakin mudahnya belajar membaca Al-Quran.

Tatkala sudah punya ilmu cara membaca Al-Quran yang benar maka perlu sekali untuk mempraktekkannya. Perlu mengamalkannya dalam kehidupan. Ilmu yang tidak diamalkan diibaratkan sepertihalnya sebuah pohon yang tidak menghasilkan buah. Dengan kita membaca Al-Quran maka kita akan diberi pahala oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Membaca Al-Quran termasuk bagian dari ibadah. Dalam setiap huruf yang dibaca ada pahala untuk siapa yang membacanya. Pada bacaan alif lam mim maka sudah terdapat tiga huruf. Lalu bagaimana kalau kita membaca satu ayat? Tentu saja kita akan membaca puluhan atau bahkan bisa ratusan huruf. Bila membaca sebuah surat maka bisa jadi sudah ribuan huruf yang dibaca. Begitu mudahnya kita meraih pahala itu. Tinggal kita tekadkan saja dalam diri masing-masing untuk gemar dalam membaca Al-Quran yang mulia itu.

Kembali kepada pembahasan doa sujud tilawah lengkap latin dan artinya. Doa ini dilafazhkan tatkala kita mendengar ayat-ayat sajdah yang ada di dalam Al-Quran. Bila mana kita telah membaca Al-Quran sampai selesai atau seluruhnya yang seratus empat belas surat itu maka pasti kita akan menemui ayat yang termasuk ayat sajdah. Ada lima belas ayat di dalam Al-Quran, yakni :
1. Surat Al-'Araf ayat 206.
2. Surat Ar-Ra'd Ayat 15.
3. Surat An-Nahl Ayat 50.
4. Surat Al-Isra' Ayat 109.
5. Surat Maryam Ayat 58.
6. Surat Al-Hajj Ayat 18.
7. Surat Al-Hajj Ayat 77.
8. Surat Al-Furqan Ayat 60.
9. Surat An-Naml Ayat 26.
10. Surat As-Sajdah ayat 15.
11. Surat Fussilat Ayat 38.
12. Surat An-Najm Ayat 62.
13. Surat Al-Insyiqaq Ayat 21.
14. Surat Al-'Alaq Ayat 19.
15. Surat Shad Ayat 24.

Tatkala kita membaca dan atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah di atas maka kita disunahkan untuk melakukan sujud tilawah. Untuk tata cara melakukan sujud tilawah tidaklah sulit dilakukan. Caranya dengan sekali sujud saja. Model atau bentuk sujudnya sama seperti saat kita sujud di dalam shalat. Tidak perlu diakhiri dengan salam. Kembali kami tekankan bahwa sujud ini bisa dilakukan di dalam shalat ataupun di luar shalat. Hanya saja, khusus untuk sujud tilawah yang dilakukan di dalam shalat maka makmum tergantung kepada imamnya. Jika imam melakukan sujud tilawah maka makmum pun hendaknya melakukannya. Tetapi, bila mana imam tidak melakukan sujud tilawah maka makmum pun hendaknya tidak melakukannya. Ada salah satu keutamaan dari melakukan sujud tilawah ini sebagaima sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yang artinya, apabila anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: "Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka".

Ada beberapa bacaan doa sujud tilawah yang bisa dibaca. Kita bisa memilih salah satunya. Beberapa lafazh doanya yakni:
PERTAMA

Doa Sujud Tilawah

Latinnya :
SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SYAQQA SAM’AHU WA BASHARAHU BI HAULIHI WA QUWWATIH.
Artinya :
Bersujud wajahku kepada Dzat yang menciptakannya, yang membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya.

KEDUA

Bacaan Doa Sujud Tilawah

Latinnya :
SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SYAQQA SAM’AHU WA BASHARAHU BI HAULIHI WA QUWWATIH. FA TABAARAKALLAAHU AHSANUL KHAALIQIIN.
Artinya :
Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya dengan Daya dan Kekuatan-Nya, Maha suci Allah sebaik-baik Pencipta.

KETIGA

Doa Sujud Tilawah

Latinnya :
ALLAHUMMAK TUB LII BIHAA ‘INDAKA AJRAN, WA DHA’ ANNII BIHAA WIZRAN, WAJ’ALHAA LII ‘INDAKA DZUKHRAN, WA TAQBBALHAA MINNII KAMAA TAQABBALTAHAA MIN ‘ABDIKA DAAWUD.
Artinya :
Ya Allah, tulislah untukku dengan sujudku pahala di sisi-Mu dan ampunilah dengannya akan dosaku, serta jadikanlah simpanan untukku di sisi-Mu dan terimalah sujudku sebagaimana Engkau telah menerimanya dari hamba-Mu Dawud.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Latin dan Artinya.

KEEMPAT

Doa Sujud Tilawah

Latinnya :
ALLAHUMMA LAKA SAJADTU WA BIKA AAMANTU WA LAKA ASLAMTU ANTA RABBII SAJADA WAJHIYA LILLADZII SAYAQQA SAM’AHU WA BASHARAHU TABAARAKALLAAHU AHSANUL KHAALIQIIN.
Artinya :
Ya Allah, aku bersujud kepada-Mu, beriman kepada-Mu, dan berserah diri kepada-Mu. Engkaulah Tuhanku. Wajahku bersujud pada Dzat Yang membuka pendengaran dan penglihatannya. Maha suci Allah, sebaik-baik Pencipta.

KELIMA

Doa Sujud Tilawah

Latinnya :
SUBHAANA RABBIYAL A’LA.
Artinya :
Maha Suci Tuhanku, Yang Maha Tinggi.

KEENAM

Doa Sujud Tilawah

Latinnya : 
SUBHAANAKALLAHUMMA RABBANAA WA BIHAMDIKA ALLAHUMMAGH FIRLII.
Artinya :
Maha suci Engkau wahai Tuhan dan dengan memuji-Mu ampunilah aku.

Itulah beberapa bacaan doa sujud tilawah lengkap latin dan artinya. Untuk doa yang kelima dan keenam sama dengan bacaan doa sujud saat kita shalat. Teman-teman semua bisa membaca salah satu dari seluruh doa di atas. Atau bisa pula membaca semuanya. Membaca doa demikian termasuk bagian dari ibadah pula. Kita akan mendapatkan pahala dari bacaan tersebut. Semoga tulisan ini memberikan manfaat kepada para pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Sujud Tilawah Lengkap Latin dan Artinya