Doa Memejamkan Mata Mayat Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa memejamkan mata mayat lengkap latin dan artinya sesuai sunah memang sangat penting untuk kita ketahui. Bagaimana tidak? Saat ada jenazah yang baru saja meninggal dunia maka kita yang berada di tempat tersebut diperintahkan untuk segera menutup matanya. Hal ini sesuai sunah yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam. Hal ini dilakukan jika pada saat jenazah meninggal dunia matanya masih terbuka atau belum terpejam. Baik mayat atau jenazah itu laki-laki maupun wanita. Kondisi orang yang meninggal dunia memang bermacam-macam. Bagi orang yang masih hidup yang melakukan tugas menutup mata mayat atau jenazah yang masih terbuka ini sungguh dia telah beramal kebaikan.

Masalah kematian penting untuk kita bahas. Setiap manusia yang hidup di alam dunia suatu saat pasti mengalaminya. Kita semua pada saatnya nanti akan menjadi jenazah atau mayat. Siapa pun kita saat ini. Allah subhanahu wa ta'aa telah berfirman di Surat Ali-Imran ayat 185, yang artinya adalah Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.

Sangat jelas sekali bahwa masalah mati ini sangat penting. Kita sebagai seorang muslim yang masih hidup pun memiliki tugas atau kewajiban terhadap jenazah atau mayat dari seorang muslim. Kewajiban itu antara lain salah satunya memejamkan mata si mayat bila masih dalam keadaan terbuka. Kemudian juga memandikan, mengkafani, menyolatkannya serta menguburkannya. Khusus yang mengenai menyolatkan ini ada tata cara shalat jenazah dalam hal ini. Caranya agak berbeda dengan ketika kita menjalankan shalat wajib lima waktu. Khusus untuk kali ini kita akan membicarakan mengenai memejamkan mata mayit atau jenazah. Memang di sebagian masyarakat kita ada yang takut akan kematian. Mereka takut bila kematian menghampirinya. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal ini. Salah satunya karena masih banyak dosa yang dilakukan orang tersebut. Amalan kebaikannya masih sangat sedikit. Bila mana pada ajal sudah menjemput terus bagaimana nanti nasibnya di alam akhirat yang kekal dan abadi itu. Sangat menjadikan takut tentu akan kondisi ini.
Baca juga : Doa Melunasi Hutang Lengkap Latin dan Artinya.
Hal yang sangat lumrah alasan di atas. Tetapi ada pula sebagian orang yang takut mengenai masalah kematian itu tidak hanya mengenai kekhawatiran akan kondisinya di alam kubur dan akhirat nanti. Sekedar mendatangi jenazah atau mayit saja tidak berani karena takut. Apalagi melihat wajah si mayit atau jenazah. Alasan kenapa takut terhadap jenazah ini memang tidaklah jelas. Kalau mereka ditanya mengapa takut terhadap jenazah maka jawabannya pun tidak akan jelas. Barangkali saja karena orang-orang tersebut terpengaruh kepada cerita-cerita yang tidak jelas sumbernya mengenai jenazah. Untuk bisa melakukan berbagai kewajiban terhadap mayit atau mayat ini memang harus membuang rasa takut yang tidak berasalan tersebut. Kalau misalnya suatu kampung pada takut semua terhadap jenazah atau mayat. Maka apa yang akan terjadi terhadap jenazah tersebut? Tentu saja tidak akan ada yang mengurusinya. Termasuk tidak ada yang berani memejamkan mata si mayit. Ketakutan yang tidak jelas ini berakibat menghalangi seseorang untuk beramal kebaikan.

Kita semua sudah semestinya tidak membiarkan rasa takut terhadap mayit itu berkepanjangan. Sudah saatnya rasa takut tersebut dibuang jauh-jauh. Kini saatnya untuk berusaha membuangnya. Selanjutnya, kita akan menjadi orang yang berani dalam hal kebaikan ini. Tatkala sudah jelas-jelas seseorang wafat atau meninggal dunia, maka kita sekali lagi diperintahkan untuk segera memejamkan matanya. Hal itu jika matanya belum terpejam. Tidak lupa mengamalkan adab yang lainnya yakni untuk membaca doa memejamkan mata mayat lengkap latin dan artinya. Mengenai lafazhnya yakni :

doa menutup mata ketika mayat baru meninggal

Latinnya :
ALLAHUMMAGH FIRLI FULAANIN (BISMIHI) WAR FA’ DARAJATAHU FIL MAHDIYYINA, WAKH LUFHU FII ‘AQIBIHI FIL GHAABIRIINA, WAGH FIRLANAA WALAHU YAA RABBAL ‘AALAMIINA, WAF SAHLAHU FII QABRIHI WA NAWWIR LAHU FIIH.
Artinya :
Ya Allah! Ampunilah si Fulan (hendaklah menyebut namanya), angkatlah derajatnya bersama orang-orang yang mendapat petunjuk, berilah penggantinya bagi orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Dan ampunilah kami dan dia, wahai Tuhan, seru sekalian alam. Lebarkan kuburannya dan berilah penerangan di dalamnya.

Doa tersebut bersumber dari Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Doa tersebut tidaklah terlalu panjang. Meskipun juga tidaklah pendek. Perlu kita sediakan sebagian waktu kita untuk menghafalkannya. Kita membacanya berkali-kali maka insya Allah akan segera bisa hafal. Di dalam makna doa di atas sangatlah luar biasa. Seorang muslim yang memejamkan mata si mayat atau jenazah telah mendoakan banyak kebaikan bagi jenazah tersebut. Si mayit didoakan agar diangkat derajatnya, diampuni segala dosa serta kesalahannya, dan juga didoakan agar diluaskan dan diterangi kuburnya. Doa dari seorang muslim yang masih hidup sangatlah bermanfaat bagi si mayit. Doa yang dilafahzkan saat memejamkan mata si mayit atau jenazah ini akan sangat membahagiakannya. Harta benda, pangkat jabatan, dan ketenaran sudah tidak bermanfaat lagi bagi orang yang meninggal dunia. Tetapi, doa seperti di atas akan sangat bermanfaat. Semoga kita dimudahkan selalu dalam melakukan amal-amal kebaikan. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Ziarah Kubur Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Memejamkan Mata Mayat Lengkap Latin dan Artinya