Hukum Tajwid Surat An-Nisa Ayat 8 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Belajar mengenai hukum tajwid surat An-Nisa ayat 8 memanga amat penting. Sebab dengan kita mengetahui hukum tajwid dari ayat tersebut maka menjadi mudahlah kita membacanya. Untuk itu, meluangkan sebagian  waktu kita untuk mempelajari analisis tajwid adalah sesuatu yang amat baik. Langkah yang tepat untuk dilakukan oleh setiap muslim. Nah, untuk itu kita simak saja langsung penjelasan tajwid dari Surat An-Nisa ayat 8.

Hukum Bacaan Surat An-Nisa Ayat 8 Lengkap

Keterangan lengkap dari hukum tajwid di atas yaitu:

1. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.

3. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.

4. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ba berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ya. Dibaca secara jelas.

6. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ta berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

9. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf sin berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

10. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf kaf berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

11. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

12. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

13. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

14. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

16. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf qaf. Cara membacanya dengan jelas.

Silakan baca juga : Doa setelah adzan lengkapi dengan artinya.

17. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

18. Idgham bighunnah karena huruf lam berharakat fathah tanwin bertemu huruf mim tasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

19. Mad asli atau mad thabi'i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

20. Mad 'iwadh karena huruf fa berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 


Amat jelas sekali. Dengan begitu jelasnya penjelasan dalam hal hukum bacaan pada ayat ini kita akan merasakan kemudahan tatkala membacanya. Sampai di sini dulu teman-teman. Semoga artikel ini memberikan manfaat. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat An-Nisa Ayat 8 Lengkap