Tasamuh Adalah?

Tasamuh Artinya


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Pak, saya minta penjelasan apa sih tasamuh itu? Sering saya mendengar ada ajakn untk melakukan tasamuh. Mohon saya dijelaskan ya Pak.


Jawab:


Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Memang amat sering kita mendengar kata tasamuh. Sering disampaikan dalam khutbah maupun pengajian. Tidak jarang juga tertulis kata tasamuh ini dalam berbagai artikel penting. Boleh dikatakan bahwasannya kata tasamuh ini sering diperbincangkan di banyak tempat dan kesempatan.


Maka sangat patut bila Anda pun sering mendengar kata tasamuh itu sendiri. Berkaitan mengenai apa arti tasamuh maka bisa kami jelaskan dalam kesempatan. Tasamuh merupakan sebuah sikap akhlak terpuji dalam melakukan pergaulan antar manusia yang di dalamnya terdapat rasa saling menghargai antara sesama manusia dengan tetap memiliki batas-batas yang digariskan oleh ajaran agama Islam.


Di dalam Al-Quran, terdapat dua ayat yang berkaitan dengan masalah tasamuh ini. Dua ayat tersebut yakni:

1. Surat Al-Maidah ayat 8

yang artinya, Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.


2. Surat Al-Hujurat ayat 10

yang artinya, Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.


Sikap tasamuh amat penting untuk dipraktekkan guna terwujudnya ukhuwah Islamiyah. Kehidupan akan serasi dan selaras bila mana ukhuwah dipraktekkan dalam kehidupan. Demikian penjelasan kami. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Tasamuh Adalah?