Hukum Tajwid Al Quran Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Menganalisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Isra ayat 32 lengkap dengan latin penjelasan dan arti serta isi kandungannya sangatlah penting. Mengapa demikian? Al-Quran bisa dibaca dengan tartil bila mana kita paham benar tentang tajwidnya. Khususnya para pelajar dan santri, kajian mengenai masalah ini sangatlah penting. Dalam pelajaran agama Islam memuat materi tentang hal itu. Orang yang sudah dewasa pun sebetulnya tidak boleh ketinggalan dalam membaca Al-Quran. Mereka pun mesti mempelajarinya. Selanjutnya bisa rutin membacanya karena hal itu adalah ibadah yang berpahala. Baiklah kita langsung membahasnya.

Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap

Penjelasan dari nomor di bawah tulisan surat Al-Isra ayat 32 di atas ialah :
1. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah qaf' disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
3. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah zai. Dibaca idgham (masuk ke huruf zai).
4. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
5. Ghunnah karena nun bertasydid. Cara membacanya dengung dengan ditahan sampai 3 harakat. 
6. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti)  bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Perbedaan haji dan umrah lengkap.
7. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf fa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Idgham bighunnah karena huruf ta berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
10. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
11. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ba berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad ‘iwadh karena lam alif berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat.

Kemudian untuk, latin dari Surat Al-Isra ayat 32 adalah 
"WALAA TAQRA BUUZZINAA INNAHUU KAANA FAA HISHATAWWA SAA A SABIILAA

Selanjutnya, untuk terjemah bahasa Indonesia atau arti dari Surat Al-Isra ayat 32 yaitu :
"dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk."

Dari sini bisa kita mengetahui makna atau isi kandungan dari surat al-Isra ayat 32. Dalam ayat tersebut Allah Swt. melarang untuk mendekati perbuatan zina. Mendekat saja tidak boleh apalagi menjadi pelakunya. Dengan belajar menganalisis tajwidnya, insya Allah bacaan Al Quran kita akan semakin baik. Bacaan Al-Quran kita ini menjadi pahala yang bisa mengantarkan kita ke surga yang penuh dengan kenikmatan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al Quran Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya