Macam-Macam Bacaan Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di dalam shalat kita mengenal bacaan tasyahud yang sering pula disebut tahiyat. Saya yakin teman-teman tidak pernah meninggalkan shalat wajib. Ada tahiyat awal untuk sholat wajib yang lebih dari dua rakaat misalnya saja sholat dhuhur, asar, maghrib, dan isya'. Selanjutnya khusus untuk shalat subuh karena hanya 2 rakaat maka tidak ada tahiyat awal. Untuk tahiyat akhir selalu ada diseluruh sholat wajib yang lima waktu itu. Kemudian bacaan tasyahud juga dibaca dalam sholat-sholat sunah. Misal : shalat dhuha, shalat tahajud, shalat, witir, shalat rawatib, shalat idul fitri dan 'adha, shalat gerhana, dan lain sebagainya. Ada beberapa macam bacaan doa tentang tahiyat ini. Kita bisa memakai salah satunya atau bahkan kedua-duanya. Diantara doa atau bacaannya adalah : 

PERTAMA

Bacaan Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin


ATTAHIYYATUL MUBAARAKAATUS SHALAWAATUT THAYYIBAATU LILLAAH, ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WA RAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA IBAADILLAAHIS SHAALIHIIN. ASY-HADU AL-LAA ILAAHA ILLALLAAH WA ASY-HADU ANNA MUHAMMADAR-RASUULULLAAH

Artinya :
"Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan-Nya”.
Bacaan ini berdasar dari Ibnu 'Abbas ra. yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.
Baca juga : Bedanya Muhrim dan Mahram


KEDUA 

Macam-Macam  Bacaan Tasyahud Dalam Shalat Arab Latin dan Artinya


ATTAHIYYATU LILLAH, WAS SHALAWAATU WAT THAYYIBAAT, ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WA RAHMATULLAHI WA BARAKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA IBAADILLAAHIS SHAALIHIIN. ASY-HADU AL-LAA ILAAHA ILLALLAAH WA ASY-HADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUH.

Artinya :
"Segala ucapan selamat, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya".
Bacaan ini berdasar dari sahabat Ibnu Mas’ud ra. yang telah diriwayatkan Muslim.

Makna dalam bacaan tasyahud atau tahiyat ialah :
Sebagai salah satu bacaan di dalam sholat tentu maknanya penuh hikmah dan luar biasa bila kita resapi. Seperti di sana ada kalimat syahadat. Sebuah kalimah yang menjadi rukun Islam pertama. Ucapan tersebut juga dapat memasukkan setiap manusia ke dalam surga yang penuh kenikmatan. Juga ada salam atau ucapan keselamatan kepada Nabi dan juga seluruh hamba Allah Swt. yang termasuk golongan orang shalih. Baiklah teman-teman, saya akhiri dulu. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan serta amal sholih kita. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Baca juga artikel : Perbedaan Nabi dan Rasul .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Macam-Macam Bacaan Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya