Apa Maksud serta Perbedaan dari Surat Makkiyah dan Madaniyah ?

Maksud serta Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

Assalamualaikum warahmatullahi wabaarakatuh.

Pak, saya mau bertanya apa maksudnya surat atau ayat makkiyah dan madaniyah? Perbedaannya dari keduanya apa? Adakah kriteria dalam pengelompokkannya? Pertanyaan ini muncul setelah saya mengikuti kegiatan sebuah pengajian di masjid dekat rumah pada malam jumat. Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Al-Quran menjadi pedoman hidup manusia. Siapa yang hendak selamat dunia akhirat hendaknya membaca, mempelajari, selanjutnya mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaan tentang ayat makkiyah dan madaniyah menunjukkan perhatian Anda terhadap mukjizat Nabi Muhammad Saw. Bila kita menempuh jalan hidup yang sesuai dengan petunjuk Allah Swt. maka kita akan sukses. Surat atau ayat makkiyah adalah surat atau ayat Al-Quran yang turun sebelum Rasulullah Saw. berhijrah dari Makkah ke Madinah. Sedangkan surat atau ayat madaniyah adalah surat atau ayat Al-Quran yang turun sesudah Rasulullah Saw. berhijrah dari Makkah ke Madinah. Ada beberapa perbedaan dari surat yang termasuk makkiyah dan madaniyah, masing-masing ada karakteristiknya atau kriteria umumnya, yakni :
1. Surat surat makkiyah umumnya ayat-ayatnya pendek-pendek. Sedang surat madaniyah umumnya ayat-ayatnya panjang-panjang.
2. Surat makkiyah pada umumnya menggunakan kalimat yang tegas. Sedangkan surat madaniyah umumnya menggunakan kalimat yang lunak.
3. Surat makkiyah umumnya berisikan ayat tentang aqidah yang benar. Sedangkan surat madaniyah umumnya berisikan tentang ibadah serta muamalah.
4. Surat makkiyah umumnya di dalamnya ada lafaz " yaa ayyuhannas ...". Sedangkan surat madaniyah umumnya terdapat lafaz "yaa ayyuhalladzina aamanu.
5. Surat makkiyah banyak terdapat ayat yang di dalamnya ada lafaz " kalla ... .". Sedangkan pada surat madaniyah tidak terdapat lafaz tersebut.

Jumlah seluruh surat di dalam Al-Quran ada 114. Mengenai pengelompokkan surat makkiyah dan madaniyah, berikut ini contohnya :
1. Surat Makkiyah
Al-An’am, Al-A’raf, Yunus, Hud, Yusuf, Ibrahim, Al-Hijr, An-Nahl, Al-Israa,
Al-Kahfi, Maryam, Thaaha, Al-Anbiya’, Al-Haj, Al-Mu’minun, Al-Furqan, As-Syu’ara, An-Naml, Al-Qashash, Al-Ankabut, Ar-Ruum, Luqman, As-Sajadah, Saba’, Fathir, Yasin, Ash-Shaffat, Shad, Az-Zumar, Al-Waaqi’ah, Al-Mulk, Al-Qalam, Al-Haqqah, Al-Ma’arij, Nuh Al-Jin, Al-Muzammil, Al-Muddatsir, Al-Qiyamah, Al-Insan, Al-Mursalat, An-Naba, An-Nazi’at, Abasa, At-Takwir, Al-Infithar, Al-Insyiqaq, Al-Buruj, At-Thariq, Al-A’laa, Al-Ghasyiah, Al-Fajr, Al-Balad, Asy-Syams, Al-Lail, Adh-Dhuhaa, Al-Insyirah, At-Tin.

2. Surat Madaniyah
Al-Baqarah, Ali Imran, An Nisa, Al Maaidah, Al Anfal, At Taubah, An Nur,
Al-Ahzab, Muhammad, Al Fath, Al Hujurat, Al Hadid, Al Mujadilah, Al Hasyr, Al Mumtahanah, Al Jumu’ah, Al Munafiqun, Ath Thalaq, At Tahrim dan An Nasr.

3. Kelompok surat yang masih terjadi perbedaan antara para ulama tentang kategorinya.
Al Fatihah, Ar Ra’d, Ar Rahaman, Ash Shaff; At Taghabun, Al Muthafifin, Al Qadr, Al Bayyinah, Az Zalzalah, Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas.

Wallahu'alam.
Baca juga : Doa Turun Hujan Lengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Maksud serta Perbedaan dari Surat Makkiyah dan Madaniyah ?