Siapakah Sahabat Nabi Yang Mengusulkan Pembukuan Al-Quran ?

Siapakah Sahabat Yang Mengusulkan Pembukuan Al-Quran

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, saya penasaran dengan sejarah pembukuan Al Quran ini. Yang saya tanyakan siapakah sahabat Nabi yang mengusulkan pembukuan Al-Quran. Saya menganggap ide tersebut sangat cerdas dan brilian. Apa jadinya bila seandainya hal itu tidak terjadi. Saya ingin meningkatkan pengetahuan tentang agama Islam. Terima kasih atas jawabannya

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Keinginan Anda untuk memperdalam ilmu agama Islam sangatlah bagus. Insya Allah, niat tersebut sudah tercatat sebagai sebuah amal kebaikan di sisi-Nya. Tidak sekedar hanya niat saja. Langkah selanjutnya perlu direalisasikan dalam sebuah amal atau tindakan. Ada ilmu faraidh , ilmu tajwid , ilmu fikih , ilmu akidah, dan lain-lain. Berkaitan dengan pertanyaan Anda tentang siapa sahabat nabi Muhammad Saw. yang mengusulkan untuk melakukan pembukuan Al-Quran, sebaiknya kita lihat sejarahnya terlebih dahulu. Meskipun kita singkat saja. 
Pada era zaman Rasulullah Saw., tulisan al-Quran masih belum terhimpun menjadi satu. Tulisannya terserak serak dimana-mana. Tulisan Al-Quran ada yang tercatat di pelepah kurma, bebatuan, kulit hewan, tulang belulang, dan juga terekam dalam ingatan para sahabat yang menghafalnya. Kala itu memang belum dikenal istilah pembukuan. Kertas saja masih belum ada.
Tatkala Rasulullah Saw. wafat, selanjutnya Sahabat Abu Bakar Ash-shidiq ra. menjadi khalifah pertama. Pada zaman pemerintahan Abu Bakar ra. ini muncullah nabi palsu Musailamah al kadzab yang membuat keonaran dan membangkang. Maka Abu Bakar ra. segera mengambil tindakan tegas terhadap nabi palsu dan pengikutnya tersebut. Terjadilah perang Yamamah antara kaum muslimin dengan pengikut nabi palsu tersebut. Ahirnya mereka dapat ditaklukkan oleh kaum muslimin. Peristiwa tersebut mengakibatkan banyak sahabat penghafal Al-Quran yang gugur. Mengetahui hal itu, sahabat Umar bin Khattab ra. mengusulkan kepada Abu Bakar ra. untuk melakukan pembukuan Al-Quran.
Nah, dari sini kita tahu bahwa sahabat Umar ra. lah yang mengusulkannya. Memang beliau orang yang cerdas lagi brilian. Meneruskan sejarah pembukuan Al-Quran, Abu Bakar ra. lalu memerintahkan Zaid bin Tsabit ra. untuk menelusuri dan mengumpulkan al-Quran dari pelepah korma, lembaran kulit. Tentu saja termasuk dari hafalan para sahabat. Untuk mensukseskan pekerjaan tersebut, dibentuklah semacam panitia yang terdiri dari : Zaid bin Tsabit, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dan Ubay bin Ka’ab. Hingga selesailah tugas tersebut. Wallahu 'alam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Siapakah Sahabat Nabi Yang Mengusulkan Pembukuan Al-Quran ?