Doa Bacaan Shalat Jenazah Sesuai Sunah Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Mengetahui doa bacaan shalat jenazah sesuai sunah lengkap baik untuk jenazah laki-laki, perempuan dan anak-anak merupakan ilmu yang amat berharga. Menjalankan sholat jenazah ini hukumnya fardhu kifayah. Kita semua sebagai manusia pada akhirnya juga akan meninggalkan dunia yang fana ini. Hanya Allah Subhanahu wa ta'ala saja yang mengetahui kapan tiba waktunya. Kita di dunia ini memiliki tugas untuk beriman dan melakukan amal keshalihan atau kebaikan. Dengan itulah kita akan bisa sukses dan bahagia sampai di alam akhirat kelak. Kita mesti melaksanakan segala ibadah yang diperintahkan-Nya. Terutama ibadah yang diwajibkan seperti shalat wajib lima waktu, puasa di bulan ramadhan, dan pergi haji bagi yang mampu. Ada pula ibadah sunah lainnya yang banyak sekali kalau kita menyebutkannya satu per satu.

Salah satu ibadah yang penting ialah shalat jenazah. Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas tentang rukun shalat jenazah dan juga tata cara shalat jenazah secara lengkap. Nah, kini saatnya kita bahas tentang bacaan dari shalat ini. Termasuk pula doa sholat jenazah. Pengetahuan tentang bacaan dalam sholat jenazah sangat penting untuk kita pelajari bersama. Untuk bisa menjalankan shalat jenazah maka perlu untuk mengetahui akan apa saja yang akan dibaca. Baiklah, kita simak saja berikut ini :

1. Takbir Pertama
Bacaan takbir pertama atau takbiratul ihram dalam shalat jenazah adalah :

Bacaan Tabiratul Ihram Shalat Jenazah Lengkap

Latinnya :
Allahu Akbar
Artinya :
" Allah Maha Besar."

Setelah takbir pertama ini maka kita selanjutnya membaca Surat Al-Fatihah. Diawali dengan membaca ta'awudz terlebih dahulu.

Bacaan Surat Al-Fatihah

Latinnya :
1. BISMILLAA HIRRAHMAA NIRRAHIIM.
2. ALHAMDU LILLAAHI RABBIL’AALAMIIN.
3. ARRAHMAA NIRRAHIIM.
4. MAALIKI YAUMIDDIIN.
5. IYYAAKA NA’BUDU WA IYYAAKA NASTA’IIN.
6. IHDINASHSHIRAA THALMUSTAQIIM.
7. SHIRAA THALLADZIINA AN ’AMTA ‘ALAIHIM GHAIRIL MAGHDHUUBI ‘ALAIHIM WA LADHDHAALLIIN.

Sedangkan untuk terjemah bahasa Indonesia atau arti dari surat Al-Fatihah ialah :
1. dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
2. segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
4. yang menguasai di hari Pembalasan.
5. hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan.
6. Tunjukilah Kami jalan yang lurus,
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca :

Bacaan Amiin

Latinnya :
Aamiin.
Artinya:
" Kabulkanlah ".

2. Takbir Kedua
Bacaan takbir kedua sama dengan takbir yang pertama. Demikian pula untuk bacaan takbir yang ketiga maupun yang keempat. Sesudah melakukan takbir yang kedua ini dilanjutkan dengan membaca shalawat atas Nabi Muhammad Saw., diantara bacaan shalawat Nabi, yakni :

Bacaan Shalawat Nabi Setelah Takbir Kedua

Latinnya :
ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMAD  WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHALLAITA ‘ALAA IBRAHIM WA ‘ALAA AALI IBRAHIM, INNAKA HAMIIDUM MAJIID. ALLAAHUMMA BAARIK ‘ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA BAARAKTA ‘ALAA IBRAHIM WA ‘ALA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUM MAJIID.
Artinya : 
" Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

2. Takbir Ketiga
Setelah membaca takbir lalu berdoa untuk jenazah. Ada beberapa macam doa untuk jenazah setelah takbir ketiga ini. Berikut silakan disimak.

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMAGFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU’ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASI’ MADKHALAHU WAGHSILHU BILMA’I WATSALJI WAL BARAD, WA NAQQIHI MINAL KHATHAYAA KAMA YUNAQQATS  TSAUBUL ABYADHU MINADDANAS, WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI WA QIHI FITNATAL QABRI WA ‘ADZABANNAAR.
Artinya:
"Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayit) dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga isteri yang lebih baik dari isterinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka".

atau membaca doa :

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMAGFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU’ANHU
Artinya:
" Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia dan selamatkan dan maafkanlah dia."

atau membaca :

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMAGFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHII WA‘FU’ANHU WA AKRIM NUZULAHUU WA WASI’ MADKHALAHUU WAGHSILHU BILMA’IN WATSALJIN, WA NAQQIHII MINAL KHATHAYAA KAMA YUNAQQATS  TSAUBUL ABYADHU MINADDANAS, WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHII, WA AHLAN KHAIIRAN MIN AHLIHII, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHII WA QIHII FITNATAL QABRI WA ‘ADZABAH.
Artinya:
“Ya Allah, berilah ampunan, rahmat dan kesejahteraan kepadanya. Berikanlah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya, mandikanlah dengan air dan salju. Bersihkanlah dari segala kesalahan sebagaimana pakaian putih dibersihkan dari kotoran. Gantikan baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, dan keluarga yang lebih baik dari keluarganya, dan jodoh yang lebih baik dari jodohnya, dan jauhkanlah dari fitnah kubur dan siksaanya.

atau bisa membaca :

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMAGFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU’ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASI’ MADKHALAHU WAGHSILHU BILMA’I WATSALJI WAL BARAD, WA NAQQIHI MINAL KHATHAYAA KAMA YUNAQQATS  TSAUBUL ABYADHU MINADDANAS, WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI WA ADKHILHUL JANNATA WA A’IDZHU MIN ‘ADZAABIL QABRI WA ‘ADZAABINNAAR.
Artinya:
"Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

atau membaca :

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMAGH FIRLI  HAYYINAA WA MAYYITINAA WA SYAAHIDINAA WA GHAA IBINAA WA SHAGHIIRINAA WA KABIRIINA WA DZAKIRIINA WA ANTSAANAA. ALLAHUMMA MAN AHYAITAHU MINNA FA AHYIHI ‘ALAL ISLAAMI, WA MAN TAWAFFAITAHU MINNAA FATAWAFFAHU ‘ALAL IIMAAN. ALLAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHU WA LAA TUDHILLANAA BA’DAHU.
Artinya:
" Ya Allah! Ampunilah kepada orang yang hidup di antara kami dan yang mati, orang yang hadir di antara kami dan yang tidak hadir, laki-laki maupun perempuan. Ya Allah! Orang yang Engkau hidupkan di antara kami, hidupkan dengan memegang ajaran Islam, dan orang yang Engkau matikan di antara kami, maka matikan dengan memegang keimanan. Ya Allah! Jangan menghalangi kami untuk tidak memperoleh pahalanya dan jangan sesatkan kami sepeninggalnya."

atau membaca doa :

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMA INNA FULAANABNA FULAANINFII DZIMMATIKA, WAHABLI JIWAARIKA, FAQIHI MIN FITNATIL QABRI WA ‘ADZAABINNAARI, WA ANTA AHLUL WAFAA I WAL HAQQI, FAGHFIRLAHU WARHAMHU INNAKA ANTAL GHAFUURURRAHIIM.
Artinya:
" Ya, Allah! Sesungguhnya Fulan bin Fulan dalam tanggunganMu dan tali perlindunganMu. Peliharalah dia dari fitnah kubur dan siksa Neraka. Engkau adalah Maha Setia dan Maha Benar. Ampunilah dan belas kasihanilah dia. Sesungguhnya Engkau, Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Penyayang."

atau membaca :

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMA ‘ABDUKA  WABNU AMTIKAHTAAJA ILA RAHMATIKA, WA ANTA GHANIYYUN ‘AN ‘ADZAABIHI, INKANA MUHSINAN FAZID FII HASANAATIHI, WA INKAANA MUSIIAN FATAJAAWAZ ‘ANHU.
Artinya:
" Ya, Allah, ini hambaMu, anak hambaMu perempuan (Hawa), membutuhkan rahmatMu, sedang Engkau tidak membutuhkan untuk menyiksanya, jika ia berbuat baik tambahkanlah dalam amalan baiknya, dan jika dia orang yang salah, lewatkanlah dari kesalahan-nya. "

Apabila yang meninggal anak kecil maka bacaannya :

Bacaan Doa Setelah Takbir Ketiga Bila Jenazahnya Anak-anak

Latinnya :
ALLAHUMMAJ ‘ALHU LANAA FARATHAN WA SALAFAN WA AJRAN.
Artinya:
" Ya Allah! Jadikan kematian anak ini sebagai simpanan pahala dan amal baik serta pahala buat kami."

Diantara para ulama ada dua pendapat tentang doa shalat jenazah bagi wanita dan laki-laki. Pertama, bahwa  tidaklah perlu merubahnya. Sehingga bunyi doanya sama saja antara laki-laki maupun wanita.  Sedang, pendapat yang kedua bahwa ketika jenazah perempuan maka kata ganti hu dan hi menjadi ha. Berikut ini contoh untuk doanya :

Bacaan Doa Setelah Takbir Ketiga Bila Jenazahnya Perempuan

Latinnya :
ALLAHUMMAGHFIRLAHAA WARHAMHAA WA’AAFIHAA WA’FU ‘ANHA.
Artinya:
"Ya Allah, ampunilah ia dan rahmatilah ia dan selamatkan dan maafkanlah dia."

4. Takbir keempat
Setelah itu takbir yang keempat ini, ada dua pendapat. Pertama, tidak membaca lafazh apa pun. Tetapi langsung salam. Yang kedua, membaca doa sebagaimana berikut ini.

Doa Shalat Jenazah Setelah Takbir Keempat

Latinnya :
ALLAHUMMA  LAA TAHRIMNAA  AJRAHU WA  LAA TAFTINNAA  BA’DAHU  WAGHFIRLANAA WALAHU.
Artinya: 
" Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan cobai kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia".

Dalam doa bacaan shalat jenazah setelah takbir keempat ini, bila jenazahnya perempuan ada yang berpendapat untuk merubah kata ganti hu menjadi ha.

5. Salam
Bacaan salam secara lengkap adalah :

Bacaan Salam Dala Shalat Jenazah

Latinnya :
"ASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH".
Artinya : 
“Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah juga kepadamu".

Selesailah kita membahasa bacaan shalat jenazah ini. Ada beberapa macam doa di dalam shalat jenazah. Kita bisa memilihnya. Teman-teman semua saya yakin tidak kesulitan dalam hal bacaan maupun doanya. Bila mana kita sering mengamalkan shalat jenazah ini ketika kita bertakziyah maka lama kelamaan akan hafal. Namun, bila kita sudah hafal sekarang. Akan tetapi, dalam waktu lama tidak dipraktekkan maka akan sangat mudah untuk menjadi lupa. Semoga materi doa bacaan shalat jenazah ini bermanfaat untuk seluruh pembaca semua. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa menjenguk orang sakit lengkap arab latin dan artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Bacaan Shalat Jenazah Sesuai Sunah Lengkap