Doa Bepergian Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Mempelajari doa bepergian lengkap latin dan artinya perlu sekali untuk dilakukan oleh siapa saja. Termasuk teman-teman pembaca setia blog poskajian ini pun kami yakin ingin mengetahuinya juga. Kita semua yang hidup di dunia ini tidak lepas dari kegiatan bepergian. Baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa atau pun mereka yang telah berusia lanjut sering melakukan bepergian. Yang dimaksud bepergian dalam hal ini ialah yang jarak lokasi yang dituju dari rumah tidaklah dekat sekali. Kalau hanya pergi ke warung dekat rumah atau ke tetangga sebelah tentu tidak disebut sebagai orang yang bepergian. 

Di zaman sekarang sudah berkembang berbagai alat transportasi yang modern. Kita bisa memilih jenis apa saja yang diinginkan. Setiap alat transportasi memiliki kemampuan untuk berjalan dengan kecepatan tertentu. Maka kini kisaran waktu yang dihabiskan dalam perjalanan pun bisa diperkirakan. Tergantung juga dengan kendaraan apa yang dia naiki. Bila dengan pesawat terbang tentu akan lebih cepat dibandingkan dengan naik kapal laut atau kereta api. Menggunakan kendaraan darat seperti bus dan mobil pribadi biasanya akan memakan waktu perjalanan yang lebih lama. Apalagi bila sudah terjebak dengan kemacetan di jalan raya. Susah dirasakan oleh pengemudi sekaligus penumpangnya. Maka akhirnya kita akan semakin panjang waktunya di dalam perjalanan menuju lokasi tujuan. Kalau pun memilih dengan melewati jalan tol memang akan lebih cepat sampai ke tujuan karena resiko kemacetan lebih kecil terjadinya. Tetapi memang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar biaya masuk jalan tol. Menggunakan kendaraan apa saja sangat tergantung dengan kita. Pertimbangan biaya, waktu perjalanan, dan kenyamanan biasanya menjadi hal yang dijadikan dasar untuk memutuskan dalam memakai alat transportasi yang hendak akan dipilih.

Banyak hal yang menjadikan setiap muslim harus keluar dari rumah untuk bepergian. Sebabnya beraneka macam. Semua mengharuskan seseorang untuk bepergian. Tempat yang dituju pun jelas. Beberapa hal yang menjadi sebab seseorang harus bepergian itu antara lain:
1. Mungkin berkaitan dengan bidang pekerjaan atau profesi yang kita geluti. Di dunia ini kita bisa temui banyak sekali jenis pekerjaan. Dari yang ada di sekitar rumah kita saja ada banyak. Apalagi kalau kita mau melihat ke tempat yang lebih luas lagi. Seseorang yang berprofesi sebagai pengemudi atau sopir bus tentu sering melakukan kegiatan bepergian. Sering kita lihat bus yang dicarter untuk mengantar rombongan warga masyarakat, kantor, anak sekolah, dan lain-lain. Tujuannya pun beraneka macam. Kemana saja tempat yang akan dituju oleh para pelanggan, sopir tetap akan mengantarkannya. Jadilah ia orang yang banyak melakukan bepergian dengan tempat tujuan yang berbeda-beda. Profesi seorang fotografer juga menuntut untuk banyak bepergian. Pemandangan alam yang indah di dunia ini tidaklah hanya berada pada satu tempat saja. Ada di dalam satu kota, pulau, dan negara atau bahkan di luar negeri. Seseorang fotografer yang ingin mendapatkan foto suatu tempat yang diinginkan maka mau tidak mau dia harus menuju ke tempat tersebut. Seorang pengusaha pun terkadang harus sering melakukan bepergian. Urusan bisnis mengharuskan ia harus bepergian. Kala ia ingin menemui koleganya di luar kota maka ia pun mesti pergi ke luar kota. Bisa juga misalnya kalau ada undangan pertemuan-pertemuan komunitas pengusaha yang diadakan di tempat yang jauh. Atau karena sang pengusaha tersebut ingin melakukan survei lokasi untuk perluasan usaha. Tentu saja masih banyak lagi jenis profesi yang mengharuskan orang untuk bepergian jauh.
2. Melakukan silaturahim kepada kerabat juga menjadi salah satu sebab kita bepergian. Tidak bisa disangkal bahwa keluarga kita berada di dalam satu tempat. Terkadang ada yang rumah orang tua berada di luar kota. Demikian juga rumah kakak, adik, paman, bibi, dan kakek juga sering jauh dari rumah kita. Kondisi yang demikian menjadikan kita mesti bepergian jauh demi bertemu dengan anggota keluarga yang lain atau karib kerabat. Tradisi mudik setiap hari raya idul fitri atau lebaran menjadi contoh nyata bepergian yang rutin diadakan setiap tahun. Jumlah yang melakukan mudik ini tiap tahun bahkan ada jutaan. Bersilaturahim ke tempat keluarga yang di luar kota meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit tetap menyenangkan dan membahagiakan. Hikmahnya pun banyak, seperti akan mempererat rasa persaudaraan antar keluarga, menambah rezeki, dan lain sebagainya.
3. Orang bepergian yang jauh karena ingin menuntut ilmu. Tentu saja dalam hal ini adalah ilmu yang bermanfaat. Tidak sedikit seorang mahasiswa harus kuliah ke tempat luar kota, luar propinsi, luar pulau, bahkan ada yang sampai ke luar negeri. Demi meraih cita-citanya, jarak yang jauh tidaklah menjadi penghalang yang berarti. Adanya cuaca dingin dan turun hujan tidak masalah. Tidak hanya untuk kuliah saja yang dimaksud menuntut ilmu ini. Ada tempat-tempat tertentu yang menjadi pusatnya suatu ilmu dan ketrampilan. Sebagai contoh, seorang yang ingin bisa membudidayakan buah alpukat terkadang ia harus pergi ke tempat yang jauh dimana tempat tersebut terdapat orang yang ahli dalam bidang itu. Ketika telah sampai di tempat tersebut ia akan lebih leluasa bertanya dan mengambil ilmu tentang budidaya buah alpukat secara baik. Demikian pula dalam bidang peternakan dan lain sebagainya.
4. Melakukan wisata ke suatu tempat juga menjadi sebab seseorang mesti bepergian. Di zaman yang sangat pesat perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini, orang bisa begitu mudah mencari info tentang berbagai tempat wisata yang disenangi. Tinggal mencari di internet saja sudah banyak sekali tempat wisata yang ditawarkan untuk dikunjungi. Tidak sedikit dari tempat wisata itu lokasinya jauh dari rumahnya. Maka ia pun mesti bepergian untuk menuju ke tempat yang dituju itu.
5. Melakukan takziah pun terkadang juga harus bepergian yang jauh. Terkadang orang yang meninggal dunia itu rumahnya ada di luar kota. Maka kita pun yang akan bertakziah mesti pergi ke sana. Dengan pergi ke rumah duka maka kita bisa melaksanakan sholat jenazah
6. Tatkala kita mendapat kabar bahwa ada saudara atau teman yang sakit maka kita pun akan bergegas menjenguknya. Meski pun tempat orang tersebut jauh dari rumah. Kita akan tetap pergi menjenguknya. Di sanalah kita bisa memanjatkan doa untuk orang sakit. Kehadiran dan ucapan doa kita sangat membahagiakan orang yang sedang diuji dengan sakit tersebut.

Mungkin masih banyak lagi sebab-sebab yang menjadikan kita harus bepergian. Yang terpenting dalam bepergian itu tidak boleh ada niat untuk melakukan dosa atau maksiat. Penting juga untuk memperhatikan adab saat bepergian. Mempelajari doa bepergian lengkap latin dan artinya ialah salah satu yang penting untuk kita lakukan. Dengan mengetahui doanya kita nanti akan bisa mengamalkannya di kala bepergian. Mengenai lafazhnya yakni

Doa Bepergian Lengkap

Latinnya :
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR {SUBHANALLADZII SAKH KHARALAHAA HADZAA WA MAAKUNNAA LAHU MUQRINIIN WA INNAA ILA RABBINAA LAMUNQALIBUUN}. ALLAHUMMA INNAANAS ALUKA FII SAFARINAA HADZAL BIRRA WAT TAQWA WA MINAL 'AMALI MAA TARDHA. ALLAHUMMA HAWWIN 'ALAINAA SAFARANAA HADZAA WATH WI 'ANNAA BU'DAHU. ALLAHUMMA ANTASH SHAAHIBU FIS SAFARI WAL KHALIIFATU FIL AHLI, ALLAHUMMA INNII A'UDZUBIKA MIN WA'TSA ISSAFARI WA KAABATIL MANZHARI WA SUU IL MUNWALABI FIL MAALI WAL AHLI.
Artinya : 
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar . Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedang sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Ya Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang meridhakanMu. Ya Allah! Permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah! Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga(ku). Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga.

Doa ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Muslim. Memang doanya tidaklah pendek. Agak panjang lafazhnya. Namun, bila kita berkeinginan kuat untuk bisa menghafalkannya maka kita akan hafal juga. Namun, bila saat ini belum hafal maka kita bisa membacanya berulang kali. Saat ada waktu senggang kita bisa membacanya. Terutama ketika akan bepergian kita boleh membaca doa bepergian lengkap latin dan artinya tanpa harus menghafalnya dahulu. Ketika kita sudah terbiasa dengan bacaan tersebut maka akan semakin mudah untuk bisa hafal. 
Di samping membaca doa ini, ada adab yang lainnya yang juga tidak boleh dilupakan yakni membaca doa keluar rumah dengan khusyuk. Usahakan kaki kiri terlebih dahulu saat melangkah keluar dari rumah kita. Di dalam doa saat bepergian ini terdapat makna yang sangat mendalam. Kita mengakui kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala di dalam lafazh doa tersebut. Kita pun memohon ketaqwaan, kebaikan saat kita bepergian, kemudahan dalam perjalanan yang ditempuh, dan dilindungi dari hal-hal yang menyedihkan. Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada teman-teman pembaca semua. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Ziarah Kubur Lengkap Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Bepergian Lengkap Latin dan Artinya