Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 83

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Surat Al-Baqarah adalah surat kedua setelah Surat Al-Fatihah. Ketika kita membuka kitab suci Al-Quran maka setelah membaca Surat Al-Fatihah sampai selesai selanjutnya akan bertemu dengan surat Al-Baqarah. Pada hari ini kami bermaksud untuk membahas isi kandungan dari Surat Al-Baqarah ayat 83 dengan lengkap. Membaca Al-Quran memang sangatlah penting untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sudah semestinya sebagai seorang muslim memiliki kebiasaan seperti itu. Tetapi, tidak hanya sebatas membacanya saja sebetulnya. Kita pun perlu mengetahui isi kandungan dari ayat-ayat Al-Quran yang kita baca. Sebelumnya, alangkah baiknya kita menyimak bacaan Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 83 berikut ini.

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 83

terjemah atau artinya adalah Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertuturkatalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat.” Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari), kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang.

Pada ayat 83 Surat Al-Baqarah ini sangat banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Untuk itu, mari kita simak bersama isi kandungan Al-Baqarah ayat 83 berikut ini.

1. Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta'ala telah mengambil perjanjian dengan Bani Israil. Isi perjanjian tersebut mengenai pokok-pokok ajaran agama yang harus dijalankan oleh Bani Israil. Akan tetapi, kemudian Bani Israil melanggarnya.

2. Adanya kewajiban untuk menyembah hanya kepada Allah subhanahu wa ta'ala saja. Dilarang keras untuk berbuat syirik atau menyekutukan Allah.

3. Adanya kewajiban untuk berbuat ihsan. Arti ihsan sendiri ialah berbuat baik.

4. Perintah untuk berbuat baik kepada orang tua baik itu ayah maupun ibu. Orang tua merupakah sosok manusia yang berjasa besar bagi anak-anaknya. Maka sangatlah penting untuk setiap anak berbuat baik kepada kedua orang tua.

5. Adanya perintah untuk berbuat baik kepada kerabat. Maksud kerabat ini ialah keluarga yang dekat dengan kita. 

6. Perintah untuk berbuat baik kepada anak-anak yatim. Anak yatim sangatlah memerlukan bantuan dan pertolongan dari orang lain. Kebaikan yang diberikan kepada mereka sangatlah bermanfaat sekali.

7. Perintah untuk berbuat kebaikan kepada orang-orang miskin. 

8. Perintah untuk berkata yang baik kepada sesama manusia. Perkataan yang baik ini sangatlah penting diucapkan. 

9. Adanya perintah untuk menjalankan shalat.

10. Adanya perintah untuk menunaikan zakat.

11. Perintah di dalam ayat ini tidak hanya untuk Bani Israil saja tetapi juga berlaku untuk seluruh kaum muslimin. Kita kaum muslimin juga diperintahkan untuk melaksankan perintah seperti di atas.

12. Sedikit dari kalangan Bani Israil yang menepati janjinya.

13. Di dalam ayat 83 Surat Al-Baqarah ini telah diungkap bahwa salah satu sifat Bani Israil itu adalah suka melanggar perjanjian.

Pembahasan mengenai isi kandungan dari Surat Al-Baqarah ayat 83 ini sangatlah bermanfaat tentunya. Semoga bisa menjadi kebaikan dan amal shaleh kita yang mau mengajarkannya kepada orang lain. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 83

0 comments:

Posting Komentar