Macam-macam Bacaan Doa I'tidal Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Macam-macam bacaan doa i'tidal lengkap arab latin dan artinya sangat penting untuk kita pelajari. Gerakan ini dilakukan setelah kita ruku' dan sebelum sujud. Posisi badan berdiri tegap sempurna. Setiap hari kita melaksanakan shalat wajib lima waktu. Kewajiban ini sudah mulai dijalankan ketika anak-anak sudah masuk usia baligh. Paling cepat memasuki pada sekitar umur 9 tahun bila menurut kalender Islam hijriyah atau tahun qamariyah. Namun demikian, di usia 7 (tujuh tahun) seorang anak harus sudah mulai dibiasakan untuk menjalankannya secara tertib. Dalam tiap rakaat pasti ada satu gerakan i'tidal ini. Tatkala dalam sehari semalam jumlah rakaat dari seluruh shalat wajib ada 17 (tujuh belas) maka jumlah gerakan ini juga ada 17 kali. Alangkah banyaknya ternyata. Sama dengan frekuensi jumlah gerakan ruku'. Itu belum termasuk bila kita menambah dengan amalan ibadah shalat sunah. Misal : melaksanakan shalat dhuha , shalat tahajud , shalat witir,  dan sebagainya. Akan menjadi banyak lagi gerakan tersebut kita lakukan dalam sehari. 
Memang bacaan itidal tidak hanya satu macam saja. Ada beberapa bacaannya. Semua boleh dipakai. Tentu saja memilih salah satunya. Baiklah teman-teman, langsung saja kita bahas macam-macam bacaan i'tidal berikut ini :
BACAAN I'TIDAL YANG PERTAMA

Bacaan I'tidal

Latinnya :
RABBANAA LAKAL HAMDU
Artinya :
"Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji."

BACAAN I'TIDAL YANG KEDUA

Bacaan I'tidal

Latinnya :
RABBANAA WA LAKAL HAMDU
Artinya :
“Wahai Tuhan kami, dan bagi-Mu lah segala pujian"

BACAAN I'TIDAL YANG KETIGA

Bacaan I'tidal

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU
Artinya :
" Ya Allah, Tuhan kami, bagi-Mu segala puji."

BACAAN I'TIDAL YANG KEEMPAT

Bacaan I'tidal

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA WA LAKAL HAMDU
Artinya :
"Ya Allah, ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji."

Baca juga : Bacaan Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya.

BACAAN I'TIDAL YANG KELIMA

Bacaan I'tidal

Latinnya :
RABBANAA WA LAKAL HAMDU HAMDAN KATSIIRAN TAYYIBAN MUBAARAKAN FIIH
Artinya :
" Ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji, dengan pujian yang banyak, yang baik, yang ada barakah di dalamnya."

BACAAN I'TIDAL YANG KEENAM

Bacaan I'tidal

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-US SAMAAWAATI, WA MIL-UL ARDHI, WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAI-IM BA’DU.
Artinya :
" Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu."

BACAAN I'TIDAL YANG KETUJUH

Bacaan I'tidal

Latinnya :
RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’AS SAMAAWATI WA MIL'AL ARDHI WA MIL A MAA SYI'TA MIN SYAI'IN BA'DU.
Artinya :
" Wahai tuhan kami, hanya untuk-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudahnya."

BACAAN I'TIDAL YANG KEDELAPAN

Bacaan I'tidal

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-AS SAMAAWAATI, WA MIL-AL ARDLI, WA MIL-A MAA BAINAHUMAA, WA MIL-A MAA SYI’TA MIN SYAI-IN BA’DU.
Artinya :
" Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, sepenuh apa yang ada di antara keduanya, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu."

Baca pula : Doa keselamatan dunia akhirat lengkap arab latin dan artinya.

BACAAN I'TIDAL YANG KESEMBILAN

Bacaan I'tidal

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU, MIL-US SAMAAWAATI, WA MIL-UL ARDHI, WA MAA BAINAHUMAA, WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAI-IN BA’DU, AHLATS TSANAA-I WAL MAJDI, LAA MAANI’A LIMAA A’THAITA, WA LAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA, WA LAA YANFA’U DZAL JADDI MINKAL JADDU.
Artinya :
"Ya Allah, ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit, sepenuh bumi, dan apa yang ada di antara keduanya, sepenuh apapun yang Engkau kehendaki setelah itu. Yang berhak disanjung dan dimuliakan. Tidak ada yang dapat menghalangi apa yang akan Engkau berikan, tidak ada yang dapat memberikan apa yang Engkau tahan, dan tidak bermanfaat suatu kekayaan, terhadap orang yang memiliki kekayaan, dari keputusan-Mu."

BACAAN I'TIDAL YANG KESEPULUH

Bacaan I'tidal

Latinnya :
MIL AS-SAMAAWAATI WA MIL AL-ARDH WA MAA BAIHAHUMAA WA MIL AMAA SYI’TA MIN SYAI INBA’DU. AHLATS TSANAA-I WAL MAJDI, AHAQQU MAA QAALAL BA’DU, WA KULLUNAA LAKA ABDUN. ALLAAHUMMA LAA MAANI’A LIMAA A’THAITA, WA LAA MU’THIYA LIMAA MANA’TA, WA LAA YANFA’U DZAL JADDI MINKAL JADDU.
Artinya :
"(Aku memuji-Mu dengan) pujian sepenuh langit dan sepenuh bumi, sepenuh apa yang di antara keduanya, sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu. Wahai Tuhan yang layak dipuji dan diagungkan, Yang paling berhak dikatakan oleh seorang hamba dan kami seluruhnya adalah hamba-Mu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan dan tidak ada pula yang dapat memberi apa yang Engkau halangi, tidak bermanfaat kekayaan bagi orang yang memilikinya (kecuali iman dan amal shalihnya), hanya dari-Mu kekayaan itu."
Dari berbagai macam bacaan i'tidal tersebut, kita bisa memilih salah satu. Boleh juga memakai semuanya. Kita bisa memakai yang terpendek atau pula yang paling panjang. Bila mana sekarang sudah hafal yang pendek bacaanya, maka tinggal memahami artinya. Cara seperti ini akan menjadikan kita paham arti dan tentu saja menambah kekhusyuan dalam ibadah shalat yang didirikan. Untuk menghafalkan doa bacaan i'tidal lengkap arab latin dan artinya yang agak panjang, cukup kita baca berulang-ulang. Insya Allah akan bisa hafal dengan sendirinya. 
Perlu juga untuk diketahui setelah kita ruku dengan sempurna maka kemudian bangun berdiri tegak menuju posisi i'tidal dengan seraya kita membaca bacaan khusus. Tidak lupa tatkala bangun dari posisi ruku' itu disertai juga dengan mengangkat tangan sebagaimana takbiratul ihram. Lafaz yang dibaca ialah.

bacaan doa bangun dari ruku

Latinnya :
SAMI'ALLAAHU LIMAN HAMIDAH
Artinya :
"Allah Maha Mendengar terhadap orang yang memuji-Nya."

Hal ini sebagaimana hadits riwayat Bukhari dan Muslim, yang artinya : 
"Dahulu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bila berdiri hendak menegakkan shalat, beliau mengucapkan takbir, kemudian bertakbir lagi ketika ruku’, kemudian mengucapkan doa : sami’allahu liman hamidah ketika beliau mengangkat punggung beliau dari ruku , kemudian membaca -yaitu di saat beliau telah berdiri tegak- rabbanaa wa lakal hamdu."
Baiklah, sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan teman-teman yang berbahagia. Kita akan lanjutkan di pembahasan lainnya di kesempatan mendatang. 
Baca juga : Doa sebelum tidur lengkap arab latin dan artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Macam-macam Bacaan Doa I'tidal Lengkap Arab Latin dan Artinya